Cara mengolah kerang rebus dan ceritanya

in #food6 years ago

Halo...
Sahabat steemit Kerang rebus termasuk makanan favorit saya. Tapi jarang banget saya makan. Soalnya suami saya kurang suka seafood. Yaaa.. Jadi saya sendiri jarang beli apalagi masaknya. Makan kerang rebus kalo cuma dikit kayaknya nggak nampol. Baru berasa puas kalo makan sekilo 2 kilo. Hahaha maruuuk..

Ini cara saya memasak kerang rebus, hasil meniru resep mama saya.
Bahan :
Kerang kulit segar
Jeruk nipis
Laos / lengkuas
Serai
Daun salam
Daun jeruk purut
Garam

image

Cara membuat.
Cuci bersih kerang. Saya kadang sampe menyikat kulit kerang yang kotor dengan sikat gigi bekas. Bilas bersih.
Supaya menghilangkan bau amis (karena suami pasti merengut nyium baunya seantero rumah), saya kasi perasan jeruk nipis.

Didihkan air di panci bersama lengkuas dan serai yang digeprek, daun jeruk dan daun salam. Banyaknya sih cuma dikira-kira aja.
Masukkan kerang di panci dengan air mendidih. Aduk-aduk lalu tambahkan garam sesuai selera.
Biarkan matang kurleb 10 menit atau sampe keliatan kulit cangkangnya sebagian terbuka.
Tiriskan. Siap dimakan anget-anget

Biasanya mama saya rajin bikin cocolan makan kerang kulit ini.
Bahan cocolannya dari :
Saus kacang
Parutan nanas
Cabe rawit giling
Campur jadi satu diaduk rata. Heeemmm asyeeeek....
Berhubung saya makan berdua sama Micca, dan ga ada bahannya, yauda dicocolin sambel botolan aje. Wkwkwk...

Mama saya suka masak kerang rebus dari kerang bulu (kalo di Medan namanya gitu, dan banyak dijual disana). Sementara disini saya nemunya kerang batu (itu juga sebutan istilah dari mama). Nggak banyak bulu-bulunya. Buat saya mah enak aja. Dulu banget pernah makan juga scallop yang masih dalam cangkangnya.

Dagingnya kenyal dan padat, tebel gitu. Enak bener iih.. Pas hamil saya suka juga makan kerang rebus. 3 kg bisa dilalap sendirian. Hahaha.. Belakangan saya tau nama kerang batu aslinya adalah kerang Dara.

Dan scallop yang saya sebut itu disini namanya kerang Simping atau Serimping. Beda tipis sama kerang kampak / scallop beneran.
Btw, kita bahas kerangnya yuk..
Saya kumpulin referensi dari hasil googling saya di internet.

Kerang adalah hewan air yang termasuk bertubuh lunak (moluska). Banyak macamnya mulai dari abalon, remis, kerang, periwinkel, kupang, tiram dan simping.

Ciri-ciri umumnya : Semua kerang-kerangan memiliki sepasang cangkang (disebut juga cangkok atau katup) yang biasanya simetri cermin yang terhubung dengan suatu ligamen (jaringan ikat). Pada kebanyakan kerang terdapat dua otot adduktor yang mengatur buka-tutupnya cangkang.

Kerang tidak memiliki kepala (juga otak) dan hanya simping yang memiliki mata. Organ yang dimiliki adalah ginjal, jantung, mulut, dan anus. Kerang dapat bergerak dengan "kaki" berupa semacam organ pipih yang dikeluarkan dari cangkang sewaktu-waktu atau dengan membuka-tutup cangkang secara mengejut.

Sistem sirkulasinya terbuka, berarti tidak memiliki pembuluh darah. Pasokan oksigen berasal dari darah yang sangat cair yang kaya nutrisi dan oksigen yang menyelubungi organ-organnya.
Makanan kerang adalah plankton, dengan cara menyaring.

Kerang sendiri merupakan mangsa bagi cumi-cumi dan hiu. Semua kerang adalah jantan ketika muda. Beberapa akan menjadi betina seiring dengan kedewasaan. Kerang memiliki gonad, kelenjar genital yang memproduksi sperma atau sel telur tergantung pada jenis kelamin kerang.

Fertilisasi telur terjadi secara eksternal di mana sperma dan sel telur akan bertemu di dalam air. Telur yang terbuahi berkembang menjadi larva yang disebut trochophore, yang nantinya akan berenang mengikuti arus dan menempel di suatu tempat sebelum mulai membentuk cangkang.

terimakasih telah mengunjungi blong saya jangan lupa like dan coment.

Follow me @hitachi00

Sort:  

Kami sudah upvote yah.. :c)

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 64564.26
ETH 3223.41
USDT 1.00
SBD 2.65