Terubuk Makanan Langka yang Rasanya Lezat

in #food7 years ago (edited)

IMG-20180101-WA0008.jpg

Steemian, beberapa waktu lalu saya mendatangi rumah kerabat yang ada di daerah Banjarsari Ciamis. Tempatnya lebih dekat ke Pantai Pangandaran. Kami disuguhi makan sebagai hidangan makan siang. Kala itu saya menemukan makanan yang saya kira itu cumi-cumi. Karena bentuknya sangat mirip dengan tubuh cumi-cumi. Belum lagi bumbunya adalah bumbu merah, mirip seperti masakan-cumi-cumi. Karena senang dengan cumi-cumi, saya mengambil dua ke dalam piring saya. Ketika dimakan rasanya kok aneh, empuk lembut dan sama sekali tidak berbau amis. Melihat ekspresi saya yang kebingungan, kerabat yang merupakan tuan rumah segera merespon reaksi saya. Lalu bertanya, "Aneh ya Teh, belum pernah nyoba? Itu namanya turubuk." Mendengar namanya saja saya heran, baru pertamakali mendengar. Mahluk semacam apa itu turubuk?

Selesai makan, saya masih bertanya-tanya dan jujur merasa ketagihan. Sampai kerabat saya mengambilkan beberapa di piring kecil untuk saya nikmati layaknya makanan penutup. Sambil saya menikmati makanan tersebut, kerabat saya menjelaskan bahwa turubuk / terubuk adalah bangsa tumbuhan, dengan daun seperti tebu. Mendengar bahwa tterubuk adalah ternyata tumbuhan saya bertambah penasaran. mencoba membayangkan sebuah pohon mirip tebu, tetapi ada telurnya. Ha ha ha, pikiran saya kacau, tidak berhasil membayangkan bagaimana bentuknya.

Hari itu juga saya langsung googling mencari bagaimana bentuk tumbukan itu sebenarnya. Dan setelah saya melihat beberpa gambar, saya sedikina tahu, akan tetapai masih belum terpuaskan jika belum pernah melihat langsung. Mungkin beberapa Steemian ada yang sudah mengenal bahkan telah mencicipi dan memasaknya langsung. Namun untuk yang belum tahu, mungkin tulisan ini bisa menjadi tambahan informasi tentang keunikan makanan Indonesia.

Terubuk atau dalam bahasa Sunda turubuk ternyata merupakan makanan khas daerah Sidamulih kabupaten Pangandaran lho. Setelah tahu ini ingin rasanya jika kebetulan main ke daerah Pangandaran menyengaja mencari makanan ini. Karena selain unik makanan ini begitu lezat. Bayangkan rasanya, teksturnya seperti telur ikan, empuk, lembut tapi tidak berbau amis karena berasal dari tumbuhan.

Inilah pohon tumbuhan terubuk.

download (9).jpg
image source google, sidamulih.desa.id

Hari ini, saya mendapatkan kiriman dari kerabat saya yang di Banjarsari. Ia bilang agar saya tidak lagi penasaran.

IMG-20180101-WA0007.jpg

Dengan senang hati, saya pun segera googling kembali cara memasaknya. Begitu banyak cara memasak yang bisa dilakukan. Mulai dari ditumis, digule, bumbu asam manis, sampai dibuat kue. Karena saya tidak begitu pandai memasak, jadi dimasak dengan cara yang mudah saja. Dan alhasil turubuk yang saya dapat saya masak dengan cara diopor. Rasanya sangatlah lezat.

Capture.PNG

Sekarang tidak penasaran lagi karena saya bisa memegang, mengupas, dan bisa mencicipi terubuk hasil masakan saya sendiri. Semoga suatu saat bisa melihat tumbuhannya langsung dan memetiknya sendiri. Kalau yang ini sudah dipotong-potong dan tinggal dikupas saja. Semoga mendapat kiriman lagi. Aamiin.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam santun dari @diantikaie KSI Bandung.

image

Sort:  

He he he. Nanti kalau ada lagi Teh :-D

Mau dong besok bawa teh hehe :)

Ha ha ha ... Penasaran ya... :-p

Iya penasaran banget hehe

sngat bermanfaat...

Syukurlah jika begitu :-)

Pasti... He he . Semoga segera bisa menemukan. Karena sampai ada yang jual juga di tokpdia :-)

Aduh bawa dong biar bisa cobain...

Aduuuh... Ingin deh bawain... :-) Kalau ada lagi tak kirim deh... he he

Halo Teh Dian. Salam kenal dari Serang. Saya baru pertama kali juga nih melihat makanan Terubuk. Saya kirain tadi sereh. Rupanya lebih mirip ke tebu ya. Melihat foto gulainya saya jadi ngiler. Haha...

Hai... Salam... Dari Banten ya... Iya terubuk memang tergolong langka. Saya saja baru tahu akhir-akhir ini. Sebelumnya hanya mendengar dari cerita kakek nenek. Seperti tebu. Saya ingin memetik langsung. Entah kapan. He he

Saya belum pernah mencoba Teh..
jadi penginn

He he . Ada di tokop*dia teteh... Emang langka di sini juga. Heu

Manawi teh tebu hehe

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 58039.01
ETH 2460.08
USDT 1.00
SBD 2.32