Kolak Biji Salak

in #food6 years ago

Hai steemian karena ini bulan puasa,jadi saya sering membuat kolak untuk keluarga tercinta. Hari ini saya membuat kolak biji salak untuk pengganan berbuka puasa. Kebetulan di pasar lagi banyak ketela, saya pun membeli 2 macam jenis ketela, yaitu yang berwarna oranye dan kuning. Yuuukkk guys kepoin resep dan cara membuatnya.

image



Bahan-bahannya sebagai berikut ; Bahan adonan ; - 1 kg ketela (oranye dan kuning) - Tepung sagu/tapioka (saya tidak memakai takaran karena sesuai dengan ketela, campur aja sampai bisa dibulatin) - Garam secukupnya
Bahan kolak ; - Santan dari satu butir kelapa - Gula pasir sesuai selera - 100gr gula merah - 1 bungkus vanili - Garam secukupnya - daun pandan

Cara membuatnya : - Rebus atau kukus ketela sampai matang, setelah itu kupas kulitnya, lalu lumatkan sampai halus. - Setelah itu masukkan tepung sagu dan garam aduk dengan tangan sampai rata dan adonan tidak lembek ![image]() - Lalu bulat-bulatin sampai habis adonan. ![image]() - Panaskan air sampai mendidih lalu rebus adonan biji salak, sewaktu mengapung langsung diangkat, kalau terlalu lama di rebus bisa hancur. Sisihkan terlebih dahulu.

image
Cara membuat kolaknya ;
image

  • Masak santan sampai mendidih,lalu tambahkan gula merah, gula pasir, daun pandan dan sedikit larutan maizena serta sedikit garam.
  • Masak lagi sampai matang. Setelah santan matang masukkan biji salak lalu aduk-aduk sebentar dan Matikan kompor.
    image
    Siap dihidangkan sewaktu berbuka.
    image
    Dan karena saya membuatnya terlalu banyak,maka saya pun menyedekahkan ke tetangga saya..😊😊

Begitulah steemian masakkan saya hari ini, semoga menjadi inspirasi untuk anda ya steemian, memasak sendiri sungguh menyenangkan.. Thank you and have a nice day 😉

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 59139.79
ETH 2511.97
USDT 1.00
SBD 2.41