Kuliner Aceh, Nasi Putih Kuah Pliek dan Kuah Kari

in #food7 years ago

Dear steemit friends :
image


Kuah Pliek dan Kuah Kari menjadi menu makan malam saya pada malam ini. Barusan saya beli kuah tersebut di salah satu warung terdekat di Lampaseh Kota Banda Aceh. Kuah Pliek dan Kuah Kari adalah menu favorit saya. Stamina dan selera makan jadi beda kalau saya berhadapan dengan Kuah itu.

Nasi satu porsi piring duralet berukuran 3/4 habis saya makan. Biasanya saya jarang makan banyak seperti malam ini. Akan tetapi karena ada Kuah ini, maka selera makan saya naik 100%. Satu porsi nasi tak terasa dalam waktu tidak lama ludes semuanya.

Kuah Pliek merupakan masakan khas Aceh, terbuat dari komposisi yang sangat parsial. Resep dan cara membuatnya :

  1. Pertama harus ada Pliek (saripati kelapa yang sudah dibusukkan lalu dijemur).

2.Kedua harus ada saripati kelapa tua yang sudah diblender.

  1. Ketiga harus ada kunyit diblender

  2. Keempat asam belimbing diblender.

  3. Selada diblender

  4. Cabe hijau dibelah dua dan cabe merah

  5. Cabe kecil diblender

  6. Tarok garam secukupnya ketika sudah mendidih.

Setelah ada semua baha-bahan ini, barulah dibawa ke tempat masak. Kalau mau sedap taruk daun serai, dan daun semeh-meh.

Sementara resep kuah Kari itu berbeda dengan resep Kuah Pliek. Resep Kuah Kari akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat.
By. @abiismail

image

Sort:  

duah, kuah pliek, jadi lapar lagi saya melihat kuah ini

wah enak sangat kayaknya @abiismail ya kepingin saya ketika saya lihat menunya karna kue Pliek kueh kesukaan saya, kadek sang nyo wate lon kalen hehehe..

Kuah pliek kuahnya orang Aceh

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 64344.88
ETH 2629.39
USDT 1.00
SBD 2.83