Keindahan Daun Puring dan Khasiatnya

in #flower6 years ago (edited)

Selamat malam sahabat steemian dimanapun berada, apa kabarnya malam ini? Semoga semuanya sehat selalu. Malam ini, saya akan menulis tentang tanaman puring yang biasanya banyak dijadikan sebagai tanaman hias saja di rumah-rumah, tanpa diketahui manfaat dan khasiat yang tersembunyi di balik keindahan daunnya itu. Meskipun blog saya ini masih sepi dari pengunjung, apalagi mendapatkan upvote, tapi saya tetap optimis untuk terus menulis dengan harapan ada sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dari apa yang saya tulis. Mungkin tidak untuk saat ini, tapi suatu saat nanti semua artikel di blog ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

image

Sahabat steemian, tanaman puring merupakan salah satu tanaman yang dapat kita temui di tepi jalan, pekarangan rumah dan dikuburan. Nama latin puring adalah Codiaeum variegatum Bi , tanaman ini biasanya di jadikan sebagai tanaman hias karena bentuk dan warna daunnya yang indah.

image

Tanam puring banyak memiliki kultivar jenis dari daunnya, seperti puring kuning, merah, orange, jingga dan lain-lain. Daun tanaman puring ini berdaun tunggal dengan bentuk daun ada yang bulat telur, lonjong, bergerigi, dan ada yang berbentuk linier seperti pita dengan ujung yang meruncing.

image

Sahabat steemian, di atas tadi saya menyinggung tentang manfaat dan khasiat tanaman puring, yang jarang diketahui orang. Menurut referensi yang saya baca bagian tanaman puring yang digunakan untuk obat herbal adalah daunnya, karena mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan polifenol. Adapun beberapa manfaatnya untuk kesehatan antara lain, sebagai obat sakit perut, menyembuhkan sakit sembelit, obat cacingan, dan obat penyakit sipilis.

image

Namun meskipun bisa menjadi obat herbal, dalam mengkonsumsinya harus hati-hati karena tanaman puring juga mengandung racun yang dapat menyebabkan eksim pada kulit jika dikomsumsi secara berlebihan.

Jadi Bagi sahabat steemian yang ingin menanam tanaman ini sangat mudah lho.. Tanaman puring berkembangbiak dengan stek ataupun cangkok batang. Selamat menanam ya, semoga tumbuh subur, indah menghiasi pekarangan rumah dan mendapatkan khasiatnya.

image

Terimakasih saya kepada bos #esteem, @good-karma yang telah mendukung saya pada beberapa postingan yang sudah saya tulis. Dan terimakasih juga pada siapapun yang telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.

Salam #steemit dan #esteem
By @nande

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 55758.52
ETH 2348.78
USDT 1.00
SBD 2.31