Tutorial Excel | Membuat List Data Validation Bertingkat

in #excel7 years ago

List Data Validation Bertingkat Preview Hasil.gif

Hai Steemian semua,
Ini merupakan posting perdana @akhimaimun dan pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit trik microsoft excel mengenai "Cara Membuat List Data Validation Bertingkat".

Kalau teman-teman lihat judulnya mungkin sebagian kita masih bingung apa sih maksudnya. Sama seperti saya dulu pas baru belajar data validation pada excel.

Tapi saya yakin, setelaah melihat preview dari gambar di atas teman-teman semua pada ngerti apa maksud "List Data Validation Bertingkat", jadi saya rasa logika teman-teman bisa mendeteksi apa yang saya maksudkan. Mudah-mudahan sih begitu..hehehehe

Okey teman-teman, penjelasan singkat aja mengenai "List Data Validation Bertingkat" (walaupun udah basi bagi teman-teman yang udah expert), tapi gapa lah, saya jelasin aja sebisa saya untuk ngejelasin maksud List Data Validation Bertingkat.

Jadi teman-teman, di excel itu ada fitur Data Validasi. Untuk kasus yang saya bahas ini gunanya untuk memilih data dari suatu daftar tanpa perlu kita ketik ulang lagi. Jadi kita cukup hanya klik di cell yang sudah kita setting validasinya, kemudian tinggal kita pilih data yang tampil dari beberapa daftar yang diberikan.

Uniknya teman-teman, jika kita sudah memilih item data yang kita butuhkan, ternyata dari data tersebut kita bisa melakukan setting agar sub data tersebut memiliki turunannya tersendiri sesuai dengan data pokok. Berbeda halnya dengan List Data Validation yang bersifat statik.

Nah teman-teman mungkin masih ada yang kebingungan dengan apa yang saya maksudkan. Jadi untuk mempersingkat cerita yang semakin lama ini, baiknya teman-teman silahkan di lihat tutorial gambar dibawah ini untuk membuat List Data Validation Bertingkat.

List Data Validation Bertingkat.gif

Silahkan klik unduh file latihan yang telah saya buat : List Data Validation Bertingkat

Sort:  

Helo @akhimaimun! Kami sudah upvote ya.. 🙂

terima kasih untuk upvotenya :)

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 58493.60
ETH 2468.39
USDT 1.00
SBD 2.41