Berguru jangan Bertiru ( Maugure bek Meutire)

in #esteem6 years ago (edited)


Petuah Aceh lama mengatakan supaya "meugure bek meutire" (berguru jangan meniru), berguru disini maksudnya agar belajar kepada seorang yang ahli dibidangnya, jangan meniru, karena biasanya meniru itu tidak akan sempurna, walau sekarang sudah ada istilah baru yaitu belajar secara otodidak.

Pada kesempatan ini saya ingin mengupas adakah korelasi kata bijak diatas jika dikompelasi kedalam steemit ?. apakah disteemit perlu berguru ? Atau cukup hanya meniru saja ?, kira-kira anda berada diposisi mana, sebagai orang yang berguru atau orang yang meniru !.

Kalau berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, saya lebih tepat dikatakan meugure dan meutire (berguru dan meniru). Berguru sedikit-sedikit dan meniru sedikit-sedikit, contohnya, saat mendaftarkan akun @saifuddin73 ke steemit saya dituntun oleh @munawir91, artinya saya berguru, saat postingan pertama saya berguru, tapi selanjutnya saya lebih banyak menuru, pemilihan tagging juga lebih sering meniru, memilih aplikasi postingan juga meniru, saat sudah bingung baru kemudian berguru lagi.



Satu lagi petuah tua yang dulu sering saya dengar adalah "ilme hana peunutoh" ini kira-kira maksudnya adalah menuntut ilmu tapi tidak selesai, kemudian mengaplikasikan ilmu yang belum selesai dipelajari, istilah jaman sekarang mungkin cocok kita katakan kuliah tapi tidak selesai, sehingga ilmunya tidak sempurna.

Menurut saya memang sebaiknya berguru tapi jangan manja, harus ada upaya diri sendiri untuk berkembang, jika ada kendala baru tanya pada ahlinya, menurut saya disteemit jangan sok pinter juga nanti nyesal, misalnya salah sedikit huruf saja saat transfer uang bisa hilang. Atau akun bisa dihack karena salah memilih pasword di aplikasi pihak ketiga dan lain sebagainya.

Kesimpulannya : berguru harus, upaya sendiri juga harus, selamat semoga kita sukses semua.

Salam steemian.

Sort:  

Amiin. Semoga kita bisa sama-sama sukses.

tak berani bantah...
buet teumiree hanjeut keubeut..

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 57452.21
ETH 3016.39
USDT 1.00
SBD 2.36