Steemit Tidak Ikhlas Memberikan Reward?

in #esteem6 years ago (edited)

Hampir delapan bulan aku coba amati dan pelajari cara mendapatkan reward di Steemit. Namun ada satu hal yang sampai sekarang aku belum temukan jawabannya, sehingga pada sebuah kesimpulan awal bahwa Steemit tidak ikhlas memberikan reward kepada penggunanya, benarkah demikian? Semoga ini kesimpulan pribadi atas ketidaktahuan ku terkait permasalahan ini.

Pernahkah anda perhatikan perbedaan atau perubahan jumlah reward sebelum dan sesudah anda klaim? Bagi yang belum silahkan ambil sampel salah satu postingan dan lihat apa yang terjadi. Bagi yang sering mengalami kondisi ini, pertanyaan ku kemana sejumlah reward itu pergi.

Akhirnya aku membuat postingan ini untuk mendapatkan jawaban dari para senior di Steemit. Berikut screenshot reward pada salah satu postingan ku.

Tujuh hari yang lalu aku membuat postingan dengan judul Steemit vs AdSense dan malam ini aku mendapatkan reward dari postingan itu.

image
Satu jam sebelum klaim jumlah reward pada postingan tersebut berjumlah 4.19 yang dibagi untuk SBD 2.09 dan 0.74 SP, artinya ada sisa sebesar 1.36. Sebagaimana pengetahuan awal Steemit, jumlah sisa itu diperuntukkan/dibagi kepada curators yang telah memberikan vote kepada kita.

Total reward tersebut terus aku perhatikan beberapa menit ke depan (lihat gambar screenshot di bawah)

image

image

image

Sampai pada posisi dua menit sebelum klaim, jumlah reward masih seperti kondisi awal, dengan total 4.19 yang dibagi untuk SBD 2.09 dan 0.74 untuk SP. Tidak ada penambahan vote, tetap 53 vote dan 1 komentar.

Menariknya dalam rentan waktu 2 menit sampai batas akhir klaim terjadi perubahan yang cukup drastis. Dimana total reward menjadi 3.85, artinya ada reward yang hilang sebesar 0.32 (lihat screenshot gambar di bawah)
image

Total reward 3.85 dibagi untuk Author 3.00 serta Curators 0.84 dengan total keseluruhan 3.85. menariknya lagi saat aku klaim, jumlah reward yang aku terima sebesar 2.32 dengan pembagian 1.502 SBD dan 0.530 SP. Tentunya total reward yang aku klaim berasal dari porsi Author (3.00). Nah jika 3.00 dikurangi 2.32 terdapat sisa 0.68. Pertanyaan kemudian sisa reward 0.68 kemana dan untuk siapa? (lihat screenshot gambar di bawah)

image

Sebagaimana aku uraikan dalam kalimat pembuka di atas, setidaknya ada dua pertanyaan yang belum aku temukan jawabannya sampai sejauh ini, yaitu:

  1. Kenapa terjadi perubahan jumlah reward secara drastis di menit-menit terakhir klaim reward?
  2. Sisa reward dalam porsi Author untuk siapa?

Semoga mendapatkan jawaban dan pencerahan dari para senior di Steemit. Dengan demikian kesimpulan aku bahwa Steemit tidak ikhlas memberikan reward kepada steemian tidak benar.

salam dari steemian yang sedang belajar memahami Steemit secara utuh.

image

Sort:  

Saya salut dgn ketelitian saudara @nasir83. Walaupun saya bukanlah senior, namun saya akan coba jawab nomor 1 soal adanya perubahan jumlah reward yang adakalanya bertambah bisa juga berkurang, ini karena adanya perubahan harga pasaran thd SBD / Steem. Nilai akan tetap setelah masa kurasi selesai (7 hari).

Posting yang bagus .
Ini memang harus kita pelajari,saya juga seperti anda selalu ada pemotongan saad rew

Apakah anda telah temukan jawabannya, kenapa dan kemana? Kalau belum kita tunggu aja jawabnya di postingan ini, he-he-he

Saya juga berpikiran yang sama bg @nasir83.
Dulu waktu saya posting lewat aplikasi pihak ke-3 seperti esteem, banyak sekali reward yang hilang karena dipotong untuk kurator dan untuk aplikasi tersebut. Karena banyak potongan reward sayapun memposting lewat steemit.com langsung dan lumayan lah tidak terlalu banyak potongan harga.

Bisa diterima dan masuk akal ada pembagian untuk aplikasi pihak ketiga, namun seharusnya terpublikasi juga porsi untuk itu, seperti porsi author dan Curators

Iya mungkin itulah masalahnya bg, pembagian reward yang hilang membuat kita bingung karena tidak lengkap pemberitahuannya.
Jika postingan yang anda klaim 7 hari yang lalu melalui esteem mungkin itulah jawabannya kemana reward yang hilang tersebut.

memang ini sebuah kejadian yang serupa yang terjadi pada akun saya sehari yang lalu.saya mepunyai nilai vote pertama 14.38 sehingga pas mau redward tinggal

saya masih bingung untuk berpikir kemana hasil vote saya yang lain dan padahal di transaksi tidak ada pembagian ke steem power.cobak anda lihat di foto yang saya kirim.aneh bukan.ini menjadi PR kita sebagai steemit untuk bertanyak pada senior.

Sama - sama kawan, saya juga sedang menunggu jawabannya

memang ini sebuah kejadian yang serupa yang terjadi pada akun saya sehari yang lalu.saya mepunyai nilai vote pertama 14.38 sehingga pas mau redward tinggal

Jumlah payout mengikuti tren naik dan turunnya harga SBD atau Steem. Saat nilai kedua koin itu naik, maka akan naik pula nilai yang ada di bagian kurasi, begitu juga sebaliknya. Hal itu akan terjadi dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh pihak Steemit sendiri.

Mengenai masalah pembagian kurasi, saya sendiri masih penasaran dengan pilihan saat akan melakukan pilihan rewards. Karena tidak terpaku pada pembagiannya tadi, melainkan ada algoritma yang di bentuk di blockchain steemit itu sendiri.

Sejauh ini, menurut saya Steemit "Sangat Ikhlas" dalam memberikan rewards. Kalau ga ikhlas, ga akan ada algoritma proof of brain tadi. Hehehe

Mungkin belum di cetuskannya oleh Steemit pada Whitepaper atau Bluepaper mengenai hitung-hitungan dalam algoritma yang dibentuk di blockchain Steemitnya. Karena kita semua yang awam hanya tau pembagian 50-50 itu harusnya setara, tapi ada hal lain dalam algoritmanya yg kita ndak tau. Dan sudah sewajarnya pihak Steemit mengambil beberapa persen untuknya.

Karena yang kita tau, saat pembagian hanya terdapat,

  • Author, &
  • Curators

Tapi tetap ada minus saat payout, barangkali fee itu untuk Steemitnya. Justru kita yang harus Ikhlas. Hehee

Yayayyaya, jadi paham ketua. Tapi kondisi di atas umumnya steemian masih gagal paham kenapa terjadi di menit-menit terakhir. Jadi mantong teukijot badan teuh hahahaha

Mari colek Steemit, agar lebih detail untuk membuat resume hahahah

masih dalam misteri bang kenapa ketika payout, dropnya itu lebih drastis dibandingan dari penurunan perhari sebelum payout. Misalkan, 2 menit sebelum payout 100$, kadang bisa turun ke 85$-90$ pas payout. Kzl juga sih, tapi mau gimana lagi yakan. Dibawa ngopi aja.

Hehehe, izin nyimak

Jangan hanya nyimak, share ilmu sedikit ketua, hehehehe

Saya tidak dapat mencerahkan dalam kasus ini karena saya sendiri belum paham tentang ini...Silakan terus mencari dan diungkap "misteri" ini...

Betul.. Bahkan kecurangan dilakukan secara sistematis...... Saya sring mengalaminya

Jatah @good-karma kali ya bang. Klw saya sih ikhlas saja, karena @good-karma yang telah membesarkan saya, bukan yang lain.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67958.74
ETH 3273.25
USDT 1.00
SBD 2.65