Kemarau Panjang Membuat Kebun Kecilku Kurang Air (Bilingual)

in #esteem6 years ago (edited)

Selamat malam steemian.
4 bulan terakhir ini adalah musim yang sangat panas, karen kita sedang di landa kemarau yang panjang.
Banyak sumur-sumur warga yang sudah terlihat mulai mengering dan juga dampaknya pada tanaman.

Good evening steemian.
The last 4 months is a very hot season, because we are in the long dry drought.
Many already visible citizens' wells began to dry out and also their impact on crops.

Seperti yang terjadi pada kebun kecil saya.
Saya mulai kesulitan dengan pasokan air yang sebelumnya saya ambil dari saluran irigasi di pinggir kebun kecil saya.

As it happened to my little garden.
I began to struggle with the water supply I had previously taken from the irrigation canal at the edge of my small garden.

image

Sehingga membuat beberapa tanaman saya seperti tomat, cabai dan pepaya mulai terlihat tidak normal lagi atau gagal panen, karena krisis air yang terjadi mengakibatkan buah-buah dari tanaman saya mulai busuk dan tidak mencapai target seperti hasil biasanya.

So making some of my plants like tomatoes, chilies and papayas started to look abnormal or failed to harvest, because the water crisis that occurred resulted in the fruits of my plants began to decay and not reach the target as usual results.

image

image

image

Karena kekeringan ini, saya terpaksa menampung sisa-sisa air yang tergenang di saluran irigasi untuk saya tampung di sebuah wadah penampungan.

Due to this drought, I was forced to accommodate the remains of stagnant water in the irrigation canal to accommodate me in a container shelter.

image

image

image

Karena kekeringan dan kemarau panjang yang sedang melanda beberapa daerah di aceh, sebagian warga mulai resah karena mengalami gagal panen dan kekurangan air bersih.

Kami hanya bisa berdo'a agar musim kemarau ini segera berakhir dan masyarakat bisa bertani lagi seperti biasa.

Due to the long drought and drought that hit several areas in Aceh, some residents began to fret due to crop failure and lack of clean water.

We can only pray that this drought will end soon and people can farm again as usual.

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

FOLLOW ME @jerii

image

image

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 63624.94
ETH 3481.95
USDT 1.00
SBD 2.54