[Review Buku #1] Manajemen Gadget, Petualangan Para Ibu Menaklukkan Gadget

in #esteem6 years ago

[Review Buku #1] Manajemen Gadget, Petualangan Para Ibu Menaklukkan Gadget

Ini adalah artikel pertama saya di Steemit yang me-review sebuah buku. Jika sejak sebulan lalu bergabung, saya lebih banyak menulis random. Bukan karena tak tahu apa yang harus ditulis, tetapi justru kebingungan karena saking banyaknya hal yang hendak ditulis.

Back to the point...

Data Buku Manajemen Gadget

JudulManajemen Gadget
PenerbitKIPublishing
PenulisTim Kontibutor Panitia Leader Camp 2018 Komunitas Ibu Profesional
LayouterSusi Susindra/Indar Susindra
Desain CoverSusi Susindra

Review Buku Manajemen Gadget

Kehadiran buku ini seperti oase di tengah kebingungan saya mengatasi masalah manajemen gadget ini. Ya, memang pekerjaan saya setiap hari hampir tidak bisa lepas dengan gadget. Namun permakluman itu lantas harus saya kontrol karena posisi saat ini sedang mengasuh anak balita usia 4 tahun.

Gadget ibarat pisau bermata dua. Ketika tidak memanfaatkannya dengan bijak, maka toh yang akan merasakan dampaknya adalah diri sendiri. Namun apakah kita akan tinggal diam dengan kondisi seperti itu?

Kehadiran buku Manajemen Gadget semakin menambah wawasan bagaimana mengelola gadget dengan benar. Di dalam buku ini ada 23 kisah ibu-ibu profesional yang menceritakan bagaimana perjuangan mereka dalam:

  • Memaknai
  • Menggunakan
  • Mengelola

gadget agar tidak kebablasan. Bahkan ada tips yang bisa dicoba, apalagi bagi saya pribadi yang sempat mengalami masa dimana anak berada di titik kecanduan gadget. Bahasa yang digunakan pun ringan sehingga mudah dipahami.

Jadi baik offline atau online, sebenarnya di dalam waktu kita ada HAK orang lain yang harus diutamakan. Untuk diri, anak, suami, keluarga, komunitas bahkan hingga lingkup yang lebih luas perkara umat, negara dan peradaban. (Hal. 87)

Dari penggalan kalimat di atas, ada makna dalam yang perlu kembali untuk direnungkan. Terutama bagi saya yang masih punya anak balita. Masa dimana usia anak seperti ini masih sangat membutuhkan sosok saya yang lebih banyak bermain dan belajar bersamanya.

Jika habis waktu saya di depan gadget, akan jadi apa kelak anak ini?
Dan jawaban apa yang harus saya berikan pada Allah yang notabene telah memberikan amanah besarnya ini kepada saya di dunia?

Tentang Kelebihan dan Kekurangan Buku

Sebagai penikmat buku, pastinya seringkali memperhatikan hal-hal yang ada pada sebuah buku. Kalau saya pribadi, lebih sering melihat soal typo, pemakaian EBI/EYD yang benar hingga pada layout sebuah buku.

Untuk buku Manajemen Gadget ini dari sisi pemakaian EYD/EBI masih perlu diperhatikan dengan baik. Sebab ada beberapa kata di sejumlah halaman yang masih belum bisa membedakan kapan menggunakan "di" sebagai kata depan dan "di" sebagai kata sambung.

Overall... buku ini bagus untuk dijadikan pegangan ibu atau orang tua yang saat ini mengasuh anak generasi Z, anak yang sejak lahir sudah dekat dengan perkembangan teknologi yang sudah canggih.

Sort:  

Wah, jadi penasaran, ih, dengan buku ini. Dan layouter dan designer cover-nya saya kenal, tuh! 😊

Thanks for the review, Mba.

Hehe saya juga awalnya kaget dengan namanya.
Ternyata bukan orang asing di dunia blogger.

Informasi yang sangat bermanfaat @ammachemist

Terima kasih, Mbak
Semoga ada hikmah yang bisa dipetik.

Alhamdulillah dapat sesuatu

Dapat apa nih? Hehe...

Dapat manfaat tentunya

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63501.83
ETH 2650.23
USDT 1.00
SBD 2.81