Jangan Sembarangan Beli Makanan Kalau Tidak Ingin Seperti Ini

in #en-us7 years ago (edited)

imageDear steemians Indonesia! Selamat malam, semoga kita semua dalam keadaan sehat-sehat saja. Saya sangat tertarik untuk berbagi cerita dan pengalaman di Steemit ini. Kali ini, artikel kedua saya adalah mengenai antisipasi makanan yang tidak terjamin kesehatannya.

Saya pribadi sangat tidak berminat membeli makanan ataupun minuman yang tidak sehat. Bahkan saya sering melarang keluarga saya, termasuk teman-teman saya agar tidak mudah mengonsumsi makanan dan minuman yang dijual bebas dan tidak sehat.

Saya sering melihat orang-orang suka membeli makanan ringan basah seperti kue, bakso bakar dan makanan-makanan ringan lainnya. Tanpa melihat bagaimana kualitasnya, mereka langsung memasukkan makanan itu ke mulut.

Yang paling saya prihatinkan, seperti di pekarangan sekolah. Hampir semua anak sekolah baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), membeli jajan makanan basah yang dijual pedagang di komplek sekolah. Ada bakso pakai saus, sate ayam, mie sop, cakar ayam goreng, minuman sirup murah dan lain-lain. Apakah ini terjamin kesehatannya?

Yang kedua, saya prihatin karena tidak ada larangan dari dinas terkait pemerintah kabupaten setempat menyangkut makanan dan minuman yang dijual bebas ini. Bahkan pihak sekolah pun tidak melarang siswanya.

Belum lama ini, saya sempat menerima kabar ada 18 bocah di Desa Simpang IIII, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia, setelah mengonsumsi bakso bakar. Kemudian para bocah itu dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

Setelah ditelusuri, medis menyebut para bocah itu keracunan karena mengonsumsi bakso bakar yang mengandung saus. Saya tidak ingat jenia sausnya apa, tetapi saus itu dibubuhi pada bakso bakar tersebut. Akhirnya penjual bakso bakar itu diamankan polisi, kemudian kedua belah pihak membuat perdamaian.

Menurut saya, pedagang kecil tidak salah. Mereka hanya mencari rezeki sesuap nasi untuk memenuhi kebutuhan hari-hari keluarganya. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah para orangtua si anak harus membatasi anaknya agar tidak begitu bebas membeli jajan makanan ringan. Sebaiknya, para orangtua menyarankan anaknya membawa makanan dari rumah untuk dimakan di sekolah.

Saya tidak bisa menulis begitu panjang artikelnya. Tetapi sedikit dari semua maksud saya tentu kalian sudah memahaminya. Saya harap walaupun ini artikel singkat, yang penting bermanfaat untuk kita semua dalam menjaga kesehatan.

Salam steemians Indonesia.

Sort:  

Ini benar sekali Steemian Aceh dan Indonesia, bagusnya jajanan anak - anak disipakan dirumah alias bontot ke sekolah. Pihak Dinas Kesehatan harus melakukan pengecekan terhadap layaknya makanan yang dijual di sekolah-sekolah. Selamat malam semuanya

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64542.61
ETH 3460.20
USDT 1.00
SBD 2.51