Haruskah Menggunakan PC Mahal Untuk Electroneum Mining?

in #electroneum7 years ago

Apabila kita bercerita bahwa kita akan memulai electroneum mining ke orang-orang yang sudah melakukan cryptocurrency mining lama, biasanya mereka akan mewanti-wanti bahwa kita harus menyiapkan modal yang cukup tinggi untuk membuat mining rig seperti di bawah ini:

Saya bisa katakan bahwa tidak harus seperti itu.

Saya melakukan electroneum mining di sebuah laptop yang saya beli tahun 2011. Harga bekasnya sekarang mungkin sekitar 2-3 juta. Saya mendapatkan hasrate sekitar 150 h/s, yang bisa menghasilkan sekitar 5 ETN per hari dan mempergunakan sekitar 90 watt, sudah saya lakukan hampir sebulan dan laptop masih baik-baik saja.

Saya juga pernah mempergunakan smartphone Oppo F1s untuk melakukan cryptocurrency mining, dan berjalan baik, meski pada akhirnya saya hentikan karena handphone terasa panas sekali.

Minimal memang, tapi ini mematahkan anggapan bahwa cryptocurrency mining harus mempergunakan peralatan mahal.

Cara paling gampang untuk memulai electroneum mining adalah membeli PC rakitan murah. Spesifikasi PC berikut, yang saya capture dari enterkomputer.com, dengan harga sekitar 6-7 juta bisa menghasilkan sekitar 300-450 h/s, yang berarti sekitar 15 ETN per hari.

Spesifikasi termahal yang ada di sana adalah

bisa menghasilkan sekitar 1200 h/s, berarti sekitar 60 ETN per hari.

Atau kalau mau, bisa mempergunakan laptop ASUS ROG Strix GL702ZC

hashrate nya sekitar 1200 h/s. Lebih mahal, tapi convenient dan portable. Bahkan mungkin bisa gratis listrik dan internet kalau mining di kantor yang memperbolehkan akses WIFI.

Semua PC rumahan dan gaming di atas bisa menjadi langkah pertama kita untuk electroneum mining. Setelah ingin lebih dalam lagi, tinggal mempelajari cara merakit PC dan menambah GPU baru dan mengganti dengan PSU yang mempunyai kapasitas daya yang lebih tinggi dan lebih terjamin.

Apabila benar-benar ingin terjun ke mining, baru disarankan menyiapkan ruangan khusus dan merakit mining rig seperti gambar pertama di atas.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 61023.73
ETH 2948.98
USDT 1.00
SBD 2.51