Steemit dan Duit : Perbaharui Niat...

in #edukasi7 years ago

Screenshot_4.png
Kemarin sepulang kuliah saya dan dua teman lain duduk sebentar disalah salah satu warung kopi di kota Lhokseumawe.. awalnya kami membicarakan hal-hal seputar kuliah dan akhirnya membahas Steemit dengan sedikit serius. Salah satu teman saya @abdulhalim menceritakan pengalamannya menulis di steemit dan menjelaskannya secara rinci hingga bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari menulis di steemit dan apa yang harus kita lakukan agar bisa mencairkan uang tersebut.. Dari penjelasannya yang cukup detail itu dan harapan-harapan yang diberikan tentang penghasilan yang akan kita peroleh dari menulis di steemit membuat saya cukup tergiur. Bahkan Ia menceritakan kalau beberapa temannya sudah mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang lumayan dari aktivitas menulis di steemit ini.. cerita-cerita itu terdengar sangat masuk akal dan begitu menggiurkan, terlebih @Novi juga mempertegas bahwa sepupunya sudah menarik rupiah yang lumayan dari steemit ini... akhirnya dari keduanya saya memutuskan untuk mengikuti jejak mereka menulis dan bercerita di steemit dengan akun saya ini....

Tetapi,,, saya adalah manusia sebagaimana yang lainnya dan manusia pasti memiliki akan dan akan selalu melakukan kontemplasi dan refleksi berdasarkan pengalaman dan bacaan-bacaanya dimasa lalu... dalam perjalan pulang ke banda aceh saya kemudian berpikir dan mencoba mencerna ulang pengalaman saya mencari rupiah dari dunia maya... saya sudah melakukan banyak cara, dari memposting tulisan-tulisan di blog, mencoba jadi youtuber (sekarang sudah dibanned oleh youtube karena terlalu banyak melanggar hak cipta,, hehehe) hingga membuat web streaming sudah saya lakukan... dari semua aktifitas saya di ruang maya untuk mendapatkan dollar dan selalu gagal akhirnya saya mencoba memahami bahwa semua kegagalan itu mengerucut pada satu faktor utama, yaitu niat... semua yang saya lakukan pada masa lalu itu hanya berujung pada satu keinginan yaitu menapatkan uang... dan ternyata yang saya alami hanya kegagalan... akhirnya saya mencoba memperbaharui niat itu... karena steemit adalah medium untuk menulis, berkreasi dan menyampaikan pendapat... maka dengan akun ini saya berniat untuk menulis saja bukan semata-mata untuk uang... karena pengalaman sebelumnya mengajarkan kepada saya bahwa ketika saya menulis untuk tujuan uang, maka saya tidak lagi bebas menulis karena tulisan yang saya buat pada akhirnya harus mengikuti trend agar tulisan saya dibaca. akhirnya ide yang saya miliki dalam tulisan itu "terpenjara" oleh trend yang berkembang...

Saya berpikir... kalau menulis untuk uang, maka uang yang akan saya dapatkan, tapi kalau saya menulis untuk pengetahuan maka saya akan mendapatkan pengetahuan dan bisa jadi bonus pengetahuan itu adalah uang...!

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 54681.92
ETH 2286.50
USDT 1.00
SBD 2.29