Menjemur padi # education

in #education6 years ago

Beberapa hari yang lalu saya mengajak putri saya yang baru masuk sekolah dasar ke kampung halaman neneknya. Dikampung ini mayoritas masyarakatnya menggantungkan hidupnaya dilahan pertanian,khususnya bersawah atau menanam padi.

Saya ingin memperkenalkan kepada dia bahwa nasi yang sering dimakannya berasal dari sawah ini yang ditanam oleh para petani dan bagaimana proses padi tersebut sampai menjadi beras.

image

image

Kebetulan sekali, paman saya masih menyimpan padi hasil panen sebelumnya untuk digiling. Disini saya bersama anak ikut membantu menjemur padi tersebut sebelum digiling.

Sangat senang rasanya bisa memberitahu secara langsung kepada anak bagaimana keseluruhan proses nasi yang sering dimakannya itu berasal dan diolah oleh para petani, walaupun dia tidak mengerti semuanya, tapi setidaknya dia bisa menghargai jasa para petani tersebut dengan memakan semua nasi dan tidak sembarangan lagi membuang-buangnya.

ajarlah anak kita sedari dini

image
image

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63342.09
ETH 2658.68
USDT 1.00
SBD 2.81