Pesta Pernikah di Usia Tua, Asalkan Satu Motivasi dapat menuju Kebahagian.

in #culture6 years ago

Pada hari Minggu kemarin, saya menghadiri undangan pesta pernikahan tetangga waktu saya tinggal di Kuta Blang, tetangga saya ini adalah pengantin perempuannya yang sudah berumur 60 tahun, awal sampai undangan saya terkejut apa ini benar mbak Nani yang pesta, kan beliau sudah berumur 60 tahun, dan istri saya meyakinkan saya, benar yah, tadi beliau sendiri yang datang kemari mengundang kita.
image
Tepat pada hari Minggu tersebut kami sekeluarga menghadirinya, ternyata sampai ketempat pesta benar adanya, ini suatu hal yang baru bagi saya menghadiri pesta perkawinan dimana pengantinnya sudah berumur di atas 60 tahun, pengantin perempuan sudah 61 tahun dan pengantin lelaki sudah berumur 70… hehehe

Pesta Pernikahan kedua pasangan tersebut lumayan meriahnya, walaupun di usia tua, menikah di usia tua juga membawa banyak manfaat, asalkan punya motivasi menikah yang sama, bukan sekadar hubungan fisik tapi teman hidup.
image
"Sebenarnya menikah di usia lanjut 60-an tahun tidak masalah, kalau kondisi yang diharapkan dari kondisi pernikahan tersebut bisa dilewati dengan baik, jadi ada teman hidup," Apalagi kalau pasangan itu beda usianya tidak terlalu jauh, jadi tidak ada masalah," usia setara akan bisa saling mengisi satu sama lain. Pertimbangan lainnya, pasangan itu lebih baik menikah bukan semata karena seks, tetapi lebih kepada mencoba mengisi di hari tua.

Jika merunut perkembangan psikologi, di usia 60 tahun fasenya sudah settle, artinya orang di fase ini tidak lagi mencari jati dirinya, tetapi sudah di fase tenang, orang itu lebih banyak berupaya memberi pada dunia di luarnya.

"Masalah itu, biasanya terjadi kalau pasangannya terlalu muda, misal pasangan usia 20 an tahun, di mana mereka masih mencari jati diri, sedangkan ini sudah tua, kadang perbedaan ini jadi bermasalah," ujarnya.
image
Saya pernah mendapatkan kasus seorang pria usia 65 tahun yang menikah dengan pasangannya 25 tahun. Suaminya yang sudah berumur 65 tahun ini pernah curhat kepada karena depresi, ternyata masalahnya performa seksual yang tidak baik, dan malah membuatnya pusing punya istri relatif lebih muda. Ujung-ujungnya, kata dia, malah bikin masalah karena tak sanggup melayani.. hehehe

Dalam hal ini dikarenakan pasangan yang menikah dan mengadakan pesta perkawinan ini tua, tentunya sudah bisa saling mendukung satu sama lain.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64303.16
ETH 3137.29
USDT 1.00
SBD 3.97