Tradisi Aqiqah di kampung

in #culture6 years ago

image
Sahabat stemian sekalian malam ini saya mencoba untuk menceritakan tentang tradisi Aqiqah di Aceh.
image
Kebiasaan di dalam kampung yang ada di aceh, apabila sebuah keluarga sudah memiliki momongan atau memiliki anak laki-laki maupun perempuan dalam artian dirumah tersebut telah lahir seorang anak, maka didalam Islam itu sunat melakukan aqiqah bagi anak laki-laki dua ekor kambing dan bagi anak perempuan satu ekor kambing.
Kambing tersebut akan dipotong dimasak, setelah masak maka akan diberikan kepada anak yatim, fakir dan miskin, mereka datang beramai-ramai ke mesjid untuk makan bersama.
Nah yang ingin saya ceritakan kepada teman sekalian sebelum kambing tersebut di potong dimandiin dulu kemudian dikasih wangi wangian, disisir dan diberikan sorban dari kain putih.
image
Sahabat sekalian untuk apa maksudnya saya kurang tau, saya mencoba untuk bertanya kenapa diperlukan seperti itu, kata mareka itu merupakan kendaraan bagi anak itu di akhirat, layaknya seperti di dunia kita memiliki kendaraan, kendaraan kita harus bagus dan merawat nya, maka seyogianya kendaraan akhirat kita juga harus seperti itu.
image
Nah mungkin sedikit cerita yang bisa saya bagikan dengan sahabat stemian sekalian semoga bermanfaat.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58728.31
ETH 3185.59
USDT 1.00
SBD 2.43