Temulawak Is The Best Herbal Drink! (Bilingual)

in #culture6 years ago

Have you ever heard about temulawak? Have you ever drink it? You should try it! It is will not make you got drunk, but it will help to increase your fitness. It is one type of herbal drink which already made from a long time ago from generation to generation. It tastes good and I like it!

Pernah dengan temulawak? Pernah coba meminumnya? Harus cobalah! Minuman ini tidak memabukkan, malah membantu kesehatan tubuh. Temulawak adalah salah satu jenis minuman herbal alias jamu yang sudah dibuat dari masa lalu dan diturunkan dari generasi ke generasi. Rasanya enak dan saya suka!

IMG_20171219_231841.jpg

I used to buy temulawak from herbalist or if I have enough time, I make it myself. This time I found it in at Lontong Medan Restaurant in Bandung, and interestingly, the producer bottled this temulawak with beer bottle. It really looks like beers from far away, but when you read the bottle, you will realize it is not, though the color of water is the same, yellow.

Saya biasanya beli temulawak dari tukang jamu atau kalau ada cukup waktu, saya buat sendiri. Kali ini saya menemukannya di kedai Lontong Medan di Bandung, dan menariknya, produsen temulawak ini menaruhnya di dalam botol bir. Kelihatannya jadi seperti bir dari kejauhan, tapi begitu dibaca tulisannya, baru sadar itu bukan, meskipun warna airnya sama, kuning.

Temulawak is actually is a plant from ginger family, which also known as Javanese Ginger or Curcuma zanthorrhiza. In my area, Bandung, people call it Koneng Gede (Big Yellow). People use temulawak not only for herbal drinks but also as spices for cooking and for other purposes such as for natural pesticides. It is easy to grow, just put it in the soil, temulawak will grow and spread easily.

Temulawak sebenarnya adalah sejenis tanaman dari keluarga jahe-jahean, yang juga dikenal dengan nama Jahe Jawa atau Curuma zanthorriza. Kalau di Bandung disebut dengan nama Koneng Gede atau Kuning Besar. Masyarakat biasa menggunakan temulawak bukan hanya sebagai minuman herbal tetapi juga sebagai bumbu untuk memasak dan kebutuhan lain seperti untuk pestisida alami. Sangat mudah ditanam, hanya taruh saja di tanah, temulawak dapat cepat besar dan berkembang.


Source: https://sites.google.com/site/vnaturaltemulawak/cream-temulawak-original

I learned from my grandmother that temulawak is very good to prevent any kind of stomach problems and to increase eating appetite, especially for children. It is also good to kill bacteria and increase stamina. I started to drink this temulawak when I was about 6 years old, when I got typhus fever and lost so much weight. My grandmother forced me to drink temulawak everyday in the morning. I need to open my mouth and she would squeeze grated temulawak directly on top of my mouth, so the water will directly flows into my throat. No way out to escape, but it helped me a lot.

Saya belajar dari nenek kalau temulawak itu bagus mencegah segala macam masalah perut dan untuk meningkatkan selera makan, terutama bagi anak-anak. Temulawak ini juga bagus untuk membunuh bakteri dan meningkatkan stamina. Saya mulai meminum temulawak ketika berusia 6 tahun, waktu itu saya baru terkena typhus dan kehilangan berat badan banyak. Nenek memaksa saya meminum temulawak setiap pagi, setiap hari. Saya harus buka mulut dan dia langsung memeras temulawak yang sudah diparut di atas mulut saya, jadi seluruh airnya langsung masuk ke tenggorokan. Tidak ada jalan keluar, tapi sangat membantu.

My grandmother did not believe in modern drugs, she thought all modern drugs are actually poison, full of chemicals. She always tried to make her own medicines, herbal and traditional medicines. All her knowledge were come from her mom and grandmother, so this is kind of important heritage for me. I don't like modern drugs as well, I prefer to make my own herbal and medicine, at least I feel much better not to have too much chemicals on my body. I even try to always make my own cosmetics and beauty products myself, and now it become one of my business as well.

Nenek saya tidak percaya dengan obat-obatan modern, dia pikir semua obat modern itu adalah racun, kimia semua. Dia selalu mencoba membuat obat sendiri, herbal dan obat tradisional. Semua ilmu pengetahuan yang dimilikinya didapat dari ibu dan neneknya juga, jadi ini seperti warisan penting bagi saya. Saya juga tidak suka obat modern, saya lebih memilih membuat sendiri, paling tidak saya merasa lebih nyaman karena tidak terlalu banyak bahan kimia di tubuh saya. Saya bahkan mencoba membuat kosmetik dan produk kecantikan sendiri, dan sekarang menjadi salah satu usaha saya juga.

Temulawak recipee is so popular that a lot of people like it and used to drink it. There are a lot of industries as well who produce temulawak and sell in the market with different kind of types; mostly brewed powder and drinks. The good thing is that it is easy to get, cheap, and do not turn my fingers into yellow. I have yellow hands and fingers if I make it myself, unless I use glove, but I don't really comfortable wearing glove, so you know what happened. I need at least two days to erase all the yellow from my hand.

Resep temulawak ini sangat populer dan banyak orang yang menyukai serta biasa meminumnya. Ada banyak pabrik juga yang sudah membuat temulawak dan menjualnya di pasar dengan berbagai tipe, kebanyaka serbuk yang tinggal diseduh atau sudah berbentuk minuman. Bagusnya, sangat mudah didapat, murah, dan tidak membuat seluruh jari saya kuning. Kalau buat sendiri, jari dan tangan saya jadi kuning, kecuali pakai sarung tangan, tetapi saya tidak nyaman pakai sarung tangan, jadi begitulah. Butuh dua hari paling tidak untuk menghilangkan warna kuning itu dari tangan saya.


Source: http://bibitbunga.com/temu-lawak/

We can drink temulawak in several ways as well. You can directly drink it from grated temulawak, just like me, but the taste is not good at all. But if you buy brewed powder, or drink it from the bottle, it will taste good. Some "adjustment already added to the recipe. There is no rules that we should it it hot or warm, we can even have it cold and add some rock ice. It taste good though. Try it!

Kita bisa minum temlawak dengan berbagai cara. Bisa langsung diminum dari temulawak parut yang diperas seperti saya, tetapi rasanya tidak enak. Tapi kalau beli dari serbuk yang diseduh atau yang sudah di botol rasanya enak. Sudah ada penyesuaian rasa yang ditambahkan dalam resep. Tidak ada aturan harus diminum panas atau hangat, kita bisa meminumnya dingin-dingin atau ditambahkan es batu. Enak juga. loh! Cobain, ya!

Bandung, 18 April 2018

Warm Regards- Salam hangat selalu,

Mariska Lubis

Sort:  

Sangat bermanfaat terutama utk wanita yang sedang program diet. Mungkin kak @mariska.lubis lg diet ya? Hehehehe

Hahaha... iya nih kayaknya harus program diet... wkwkwk...

Klo kakak berhasil program diet....kyknya semua perusahaan produk pelangsing akan meminta kakak utk meng-endorse produk mereka. Aseeekkkk

Betul mba @mariskalubis temulawak bagus untuk penyakit liver suami saya kena pembengkakan hati disuruh minum temulawak, temulawak juga untuk menambah nafsu makan

iya memang sangat bagus untuk membunuh kuman...

If Temulawak is a plant of the ginger family it must be very good for health, because the ginger is. It's good that they take it there regularly, people should be very healthy. The plant in the picture is Temulawak? is beautiful!

Yes, temulawak is very good for our stamina and to solve anykind of stomach problems. It is good that temulawak is easy to grow everywhere, we an have it easily. Anda the flower is nice as well, I agree with you.

Tanaman herbal yang banyak mamfaatnya
selain bisa dijadikan minuman obat,dan juga untuk kecantikan.Sehingga temulawak sangat terkenal khasiatnya. Terima kasih kak @mariska.lubis atas infonya salam santun.

Banyak banget khasiatnya dan beruntungla kita di Indonesia, temulawak bisa tumbuh di mana-mana.

benar kak @mariska.lubis,
semoga tanaman ini akan terus terjaga.

Temulawak
Temulawak

Ayoo mas
Ayoo mbak

Beli-beli, biar badan jenengan sehat dan sampeyan kuat. Semangat terus pantang mundur. Percayalah kami kuat karena minum temulawak.

ojo lali yo mas, temulawak is the best! ;)

Hahahahaha

Kebayang iklan jamu kak

enak banget kalau menurut saya... apalagi sesudah meminumnya...

setelah membaca khasiatnya jadi pingin rasa :)
saya suka yang alami :)

harus dicobain apalagi kalau punya masalah lambung dan sering masuk angin...

hehehe iya bener mba @mariska.lubis ini juga sangat cocok dengan penyakit saya :D

Saya biasa meminumnya dari tukang jamu. Karena saya suka minum jamu. Sepertinya kalau saya berkunjung ke rumah Teh @mariska.lubis minta dibuatkan temulawak dingin deh...hahaha

Boleh nanti tak bikinin yang special deh hehehe...

Dicobain dong apalagi buat perempuan di masa menstruasi, bagus banget!

Pengen mencoba temulawak ah, siapa tau tambah lawak!

droneuh sit ka lawak sejak lahir bg @rastaufik10

Subhanallah, jangan vujivuji saya! Hahaha

hehehe
maafkan saya ini bg :D

Hahahaha bereh2

Tambah lawas kayaknya yang pas, jadi carilah temulawas hahaha...

Itu tamunya kok melawak?

Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66791.24
ETH 3239.69
USDT 1.00
SBD 4.22