SATE MATANG

in #culiniary7 years ago

Pagi tadi pukul 03.59 Wib saya menikmati sahur dengan makanan khas aceh umumnya dan makanan khas "matang geulumpang dua" khususnya , nama nya adalah sate matang, sate matang ini sudah terkenal seluruh aceh bahkan seluruh indonesia.

Sate matang ini sudah tersebar ke seluruh aceh, namanya "Sate matang'' yang di ambil dari nama tempat asal mulanya adanya sate matang , yaitu "Matang Geulumpang Dua" bukan di ambil dari makna yang di dapatkan dari bahasa indonesia yaitu sate nya yang sudah matang (masak) tetapi nama sate matang dinamai karena sate matang asalnya dari matang geulumpang dua kabupaten bireuen,aceh.

20170613_035148.jpg
" Gambar : Sate Matang siap Saji"


Di daerah lain selain Mtg.glp 2 (singkatan matang geulumpang 2) sate matang yang dijual di luar mtg.glp 2 tetap di namakan dengan sate matang, mungkin dinamakan sate matang karena asalnya sate ini awalnya berasal dari mtg.glp 2, namun di ambil dengan nama **matang** saja, sehingga menjadi lebel **"Sate Matang"** Sekali lagi saya tekankan sate matang bukan matang dalam bahasa indonesia tetapi matang itu adalah nama daerah. 😁

20170613_034617.jpg

20170613_034614.jpg
" Gambar : Proses pemanggangan sate"


Sate matang dibuat dari daging sapi atau ada juga daging kambing yang di potong bentuk petak, mungkin sama halnya dengan sate di daerah-daerah indonesia lainnya, daging nya di panggang dengan bumbu khas nya sendiri sehingga maunya pun menggugah selera siapa saja yang menciumnya, tak hanya sate ,sate matang memang di sajikan dengan nasi putih dan kuah khas nya sate matang yang di masak seperti kuah soto yang di taburi bunga bawang juga pembuatannya dengan rempah-rempah khas lagi terkhusus,hehe..sate nya juga dimakan dengan bumbu kacang dengan cara di campur atau di celup ke dalam bumbu kacang, atau di taburi di atas sate.

20170613_035159.jpg
" Gambar : kuah khas sate matang"

20170613_035156.jpg
" Gambar : Bumbu kacang untuk sate"


Pagi ini saya sahur dengan "Sate Matang" , rasa nya yang nikmat dan gurih. Saya sangat yakin siapa saja yang memakan sate matang ini bakalan ketagihan dan lagi dan lagi seperti lagu andra and the back bone. 😁

20170613_035213.jpg


Teman-teman jangan lupa ya, Apapun makanan nya , minumnya tetap teh botol sosro ya?

Apabila uang pun menipis minumnya tetap air putih

Apabila gengsi pun datang maka minum air ludah saja ya teman-teman

Saya tidak di bayar dengan mempromosikan "teh botol sosro" dan tadi pun saya cuma minum air putih saja

Sekian iklan garing dari saya


Jangan lupa

follow atau upvote @rizaldamti

Sort:  

Saya rindu dengan sate dan masakan Indonesia.. Hmm.. Sedap...

Oh kami di Amerika Rizaldamti...sorry baru reply.. sekarang pagi hari disini.. Sate memang lezat..

Iya sate memang enak
Orang indonesia ya?

Iya saya orang Indonesia.. Dari Klaten... Jawa Tengah.. Suamiku juga suka sate dan sambal kacang.. Itulah kami senang makanan Indonesia. Lezat lezat dan enak enak rasanya..

Bang aku baca postingan abng malah bikin lapar :D lain kali belikan lebih ya hahahah. Tapi menurutku ini cukup menarik @rizaldamti terima kasih telah berbagi

Abang juga makan ini lagi lapar
Lain kali ke sate apaleh geurugok kita rame-rame

Brat hawa teuh
Pu lom ata pree
Haha

BEutoi that nyan @rizaldamti.
Mangat loem memang atra pre

Sate matang mantapp!!! :-D
Salam komunitas steemit indonesia..

Mantap
Ini juga kamu yang bayar kan?
Haha
Jadi menurut saya sangat mantap memang

Hahaha ..
SteeMit yang bayar bang :-D
Mantap pokok jih👏

Apanya yang nikmat?
Macam gak pernah makan aja
Haha

Wah enak sekali
Kenapa gak ajak-ajak kami?

Kamu dimana? Saya dimana?

menggugah selera ketika melihatnya , postingan ini telah membuat saya laparrr :D

Hahaha....
Lain kali kita makan sate matang bersama

Tapi sate matang lhokseumawe
😂

:gak enak di lhok , enak di matangnya lah biar lebih gminaaa gtuu :D

Postingan yang bagus, Teruslah berkarya @rizaldamti
SALAM KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA 🇲🇨

Siaap !!!! Aiqrabo 😁
Salam komunitas steemit indonesia

That sure looks good! 😬💜

Oohh yeah

You wanna it?

That is delicious

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60526.80
ETH 2335.69
USDT 1.00
SBD 2.53