Bagaimana Cara Kerja Transaksi Bitcoin?

Versi sederhana:

Jika saya ingin mengirim beberapa bitcoin saya kepada Anda, saya mempublikasikan maksud saya dan node memindai seluruh jaringan bitcoin untuk memvalidasi bahwa saya 1) memiliki bitcoin yang ingin saya kirim, dan 2) belum mengirimkannya ke seseorang lain. Setelah informasi itu dikonfirmasi, transaksi saya termasuk dalam "blok" yang dilampirkan pada blok sebelumnya - maka istilah "blockchain." Transaksi tidak dapat diurungkan atau dirusak, karena itu berarti melakukan kembali semua blok yang datang sesudahnya.

Menjadi lebih rumit:

Dompet bitcoin saya tidak benar-benar menahan bitcoin saya. Apa yang dilakukannya adalah memegang alamat bitcoin saya, yang menyimpan catatan semua transaksi saya, dan karena itu saldo saya. Alamat ini - string panjang berisi 34 huruf dan angka - juga dikenal sebagai "kunci publik" saya. Saya tidak keberatan seluruh dunia bisa melihat urutan ini. Setiap alamat / kunci publik memiliki "kunci pribadi" terkait dari 64 huruf dan angka. Ini bersifat pribadi, dan sangat penting bahwa saya merahasiakannya dan aman. Kedua kunci tersebut terkait, tetapi tidak ada cara bagi Anda untuk mengetahui kunci pribadi saya dari kunci publik saya.

Itu penting, karena setiap transaksi yang saya keluarkan dari alamat bitcoin saya harus "ditandatangani" dengan kunci pribadi saya. Untuk melakukan itu, saya memasukkan kunci pribadi saya dan rincian transaksi (berapa banyak bitcoin yang ingin saya kirim, dan kepada siapa) ke perangkat lunak bitcoin di komputer atau ponsel cerdas saya.

Dengan informasi ini, program ini mengeluarkan tanda tangan digital, yang dikirim ke jaringan untuk validasi.

Transaksi ini dapat divalidasi - yaitu, dapat dikonfirmasi bahwa saya memiliki bitcoin yang saya transfer kepada Anda, dan bahwa saya belum mengirimkannya kepada orang lain - dengan memasukkan tanda tangan dan kunci publik saya (yang semua orang tahu ) ke dalam program bitcoin. Ini adalah salah satu bagian genius dari bitcoin: jika tanda tangan dibuat dengan kunci pribadi yang sesuai dengan kunci publik itu, program akan memvalidasi transaksi, tanpa mengetahui apa kunci privatnya. Sangat pintar.

Jaringan kemudian menegaskan bahwa saya belum pernah menghabiskan bitcoin sebelumnya dengan menelusuri riwayat alamat saya, yang dapat dilakukan karena mengetahui alamat saya (= kunci publik saya), dan karena semua transaksi bersifat publik pada buku besar bitcoin.

Lebih rumit lagi:

Setelah transaksi saya divalidasi, transaksi itu dimasukkan ke dalam "blokir", bersama dengan sekelompok transaksi lainnya.

Sebuah jalan memutar singkat untuk mendiskusikan apa itu "hash", karena ini penting untuk paragraf berikutnya: sebuah hash dihasilkan oleh "fungsi hash," yang merupakan persamaan matematika kompleks yang mengurangi jumlah teks atau data ke string 64 karakter . Ini tidak acak - setiap kali Anda memasukkan kumpulan data tertentu melalui fungsi hash, Anda akan mendapatkan string 64 karakter yang sama. Tetapi jika Anda mengubah begitu banyak sebagai koma, Anda akan mendapatkan string 64-karakter yang benar-benar berbeda. Seluruh artikel ini dapat direduksi menjadi hash, dan kecuali saya mengubah, menghapus atau menambahkan sesuatu ke teks, hash yang sama dapat diproduksi lagi dan lagi. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengetahui apakah sesuatu telah diubah, dan bagaimana blockchain dapat mengonfirmasi bahwa transaksi belum dirusak.

Kembali ke blok kami: setiap blok termasuk, sebagai bagian dari datanya, hash dari blok sebelumnya. Itulah yang membuatnya menjadi bagian dari rantai, maka istilah "blockchain." Jadi, jika satu bagian kecil dari blok sebelumnya dirusak, hash blok saat ini harus berubah (ingat bahwa satu perubahan kecil dalam input fungsi hash mengubah output). Jadi jika Anda ingin mengubah sesuatu di blok sebelumnya, Anda juga harus mengubah sesuatu (= hash) di blok saat ini, karena yang saat ini dimasukkan tidak lagi benar. Itu sangat sulit dilakukan, terutama karena pada saat Anda mencapai setengah jalan, mungkin ada blok lain di atas yang sekarang. Anda kemudian juga harus mengubah yang satu itu. Dan seterusnya.

Inilah yang membuat Bitcoin benar-benar merusak. Saya katakan secara virtual karena itu tidak mustahil, hanya sangat sangat, sangat, sangat, sangat sulit dan karena itu tidak mungkin.

https://www.coindesk.com/information/how-do-bitcoin-transactions-work/

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62892.68
ETH 2581.23
USDT 1.00
SBD 2.73