Pengenalan Terumbu Karang di SD Negeri 1 Tangse

in #coral6 years ago

Selamat pagi sahabat steemians yang terhormat semoga di pagi hari ini dalam keadaan sehat semuanya

Jika berbicara tentang masalah Laut maka tidak akan habis nya, kali ini saya ingin berbagi tentang program utama saya selama KKN tentang Terumbu Karang yang saya laksanakan di SD Negeri 1 Tangse.

image

image

image

Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat, semacam batu kapur. Ekosistem ini menjadi habitat hidup berbagai satwa laut.

Ekosistem terumbu karang merupakan habitat hidup sejumlah spesies bintang laut, tempat pemijahan, peneluran dan pembesaran anak- anak ikan. Dalam ekosistem ini terdapat banyak makanan bagi ikan-ikan kecil dan ikan-ikan kecil tersebut merupakan mangsa bagi ikan predator yang lebih besar.

Program utama saya saat KKN yaitu tentang pengenalan terumbu karang pada siswa-siswi di SD Negeri 1 Tangse, serta pembagian hadiah bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari saya. Anak-anak di sini banyak yang tidak tau apa itu terumbu karang dikarenakan Kecamatan Tangse berada di daratan tinggi ( pengunungan ) dan jauh dari lautan,

image

image

Terumbu karang yang saya perkenalkan yaitu terumbu karang jenis acropora, kenapa saya memperkenalkan jenis ini?, karena acropora merupakan jenis ( spesies) terumbu karang yang banyak dibandingkan genus lainnya dan cepat untuk pertumbuhan bila dilakukan penanaman terumbu karang yang baru.

image

image

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan pada kali ini, semoga bermanfaat, bila ada kata atau tulisan yang salah, mohon di koreksi.
Terimakasih.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61143.97
ETH 3363.47
USDT 1.00
SBD 2.51