Kontes Menulis - Apa yang Membuat Kamu Bertahan di Steemit

in #contest6 years ago (edited)

Hai apa kabar steemians semua semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, bagi yang menjalankan ibadah puasa tetap semangat ya. Sebelumnya terimakasih kepada bunda @rayfa yang telah mengadakan kontes ini, Karena dengan kontes - kontes menulis seperti ini akan menambah mengasah otak kita, dan juga semangat untuk menulis karena bagi pemenang akan mendapatkan reward.

Steemit adalah sebuah platform media sosial yang berbasis blockchain yang apabila pengguna memposting akan mendapatkan reward sesuai dengan kemampuan masing - masing kita dalam hal membuat postingan, apabila postingan kita berkualitas pasti akan banyak reward yang kita dapatkan, namun bagi steemian baru seperti Saya tentunya tidak mudah untuk membuat postingan. Ya sedikit demi sedikit dan tentunya harus punya semangat untuk tetap membuat postingan.


Source

Postingan di steemit itu bebas, dia bisa berbentuk apa saja. Sesuka hati kita, tapi jangan sampai demi mendapatkan reward kita malah tidak memperhatikan kualitas dari postingan kita tentunya ya Sahabat steemians. Dan yang menariknya kita tidak boleh plagiat atau copy paste postingan orang lain, karena di steemit ada robot pendeteksi yaitu @cheetah. Yang pastinya akan langsung ketahuan bagi siapa yang plagiat.

Berbicara maslahat apa yang membuat seseorang masih bertahan di steemit, pastinya sangat beragam alasan dari teman - teman steemians semua. Apalagi seperti Saya ini yang baru bergabung dengan platform ini tentu sangat sulit untuk bertahan. Apalagi jika kita terus - terusan membandingkan reward kita dengan reward orang lain yang sudah lama berkecimpung dalam platform ini, tentunya kita akan berpikir bisakah kita seperti mereka. Setiap orang pasti ada motivasi kenapa sampai saat ini masih bertahan di steemit. Di steemit kita tidak hanya bisa membuat postingan dalam bentuk tulisan, tapi ada juga yang lain seperti membuat video - video, dan disini kita bisa fokus terhadap hal - hal apa saja yang kita sukai. Misalnya kalau kita suk ngegame, maka pastinya kita akan fokus pada game - game, yang suka memasak pastinya akan semangat membuat postingan tentang resep , resep masakan dan kuliner - kuliner.

Ada banyak alasan mengapa Saya masih bertahan di platform yang luar biasa ini :

Yang Pertama
Di sini kita bisa mengasah kemampuan otak kita untuk berpikir kreatif sehingga kemampuan kita akan semakin meningkat, seperti Saya ini Saya merasa memulai itu sungguh - sungguh sangatlah sulit, apalagi hari - harinya bingung mau posting apa ya. disini Saya bisa bebas mengekpresikan diri Saya dengan hal - hal yang Saya sukai dan hal - hal yang Saya minati. Tidak akan ada orang yang melarang Anda melakukan hal - hal yang Anda sukai kecuali jika kita plagiat itu yang sangat dilarang. Karena Saya masih pemula, baru join 25 hari. Tapi Saya tidak mau menyerah begitu saja, orang lain bisa kenapa Saya tidak. Yang jelas disini semua butuh proses, tidak ada yang akan didapatkan secara instan di dunia ini. Pastinya orang lain juga seperti Saya ada banyak rintangan dalam melewati masa - masa sulit, intinya jangan pernah berhenti untuk belajar.

"Siapa yang bersungguh - sungguh pasti akan dapat ."

Yang Kedua


Source

Saya sangat yakin setiap steemian bergabung ke platform ini alasannya juga adalah karena reward yang diberikan oleh steemit itu sendiri, dan itu termasuk diri Saya sendiri. Di sini ada tiga macam reward yaitu, steem, Steem Power, dan steem dollar. Tapi Saya tidak terlalu memikirkan hal ini, karena kalau ini yang terus - terus dipikirkan bisa pusing jadinya, semua pasti akan mendapatkan hasil seperti yang di usahakan.

Yang Ketiga
Disini Saya bisa mempererat tali silaturahmi, walaupun tidak bertatap muka secara langsung tapi kita bisa berkunjung ke blog teman - teman steemian dengan cara kita upvote postingan nyan, atau kita tinggalkan sebuah komentar agar kita bisa membangun komunikasi dengan teman - teman steemians lainnya. Pastinya kita akan punya banyak teman - teman steemian lainnya yang dari berbagai daerah, atau dari negara - negara di dunia. Dengan hal ini kita akan mendapatkan banyak pengalaman - pengalaman serta pengetahuan dari para steemians lainnya. Karena steemit adalah platform yang saling mendukung antara steemins yang satu dengan steemian yang lain, jadi kita harus membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Yang Keempat
Banyak hal yang akan kita ketahui di dalam steemit ini, karena banyak teman - teman steemians yang syka berbagi pengalaman mereka di postingannya. Baik itu melalui foto - foto, konten dalam bentuk tulisan, maupun dalam bentuk video. Dengan hal baru ini akan menambah wawasan ilmu dan wawasan Saya. Ada 3 tingkatan orang berilmu :

  • Bila ia memasuki tingkatan pertama maka dia akan sombong.
    Seseorang yang baru memasuki tingkatan pertama biasa akan banyak bicara ini itu, membenarkan ini itu, yang belum tentu benar apa yang dikatakannya.
  • bila seseorang memasuki tingkatan kedua maka ia akan tawadhu'.
    Apabila seseorang yang memasuki tingkatan kedua dia akan merendahkan diri, walaupun banyak ilmu yang ada dalam dirinya.
  • Bila ia memasuki tingkatan terakhir maka ia akan menyadari bahwa ia tidak tahu apa - apa.

Nah maka dari itu kita sebaiknya kita menyadari bahwa diri kita tidak tahu apa - apa, jangan merasa diri paling benar.

Sekian dari Saya semoga bermanfaat.
Salam Semangat
@niniandini

Sort:  

Terima kasih atas partisipasinya @niniandini :)

Congratulations @niniandini! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes received

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Good luck bebeb 😍

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 54451.29
ETH 2281.47
USDT 1.00
SBD 2.33