Kopi dan Caraku Menikmatinya #10: Kenalan Sama Barista Sosok Di Balik Kenikmatan Secangkir Kopi

in #coffee6 years ago

Halooo Steemians,hohohoho lama menghilang dari peradapan nih. Setelah beberapa lama nggak buat postingan kali ini aku datang kembali dengan postingan penggugah semangat. Apalagi kalo bukan tentang kopi.

Ngomongin soal kopi itu nggak ada habisnya. Tak hanya memberikan aroma dan kenikmatan dalam setiap cangkirnya. Selalu ada cerita di setiap kopi yang kita nikmati. Tentang postingan kali ini aku ingin review kembali salah satu tempat yang asik banget buat menikmati kopi.

Moment_1.jpg

Moment Coffee&Space

Sebenarnya ini bukan kali pertama aku ngopi di sini, letaknya yang kebetulan hanya berjarak beberapa meter dari rumah membuatku selalu terpanggil untuk menikmati kopi di sini. Terletak di Jl. Rajabasa Semarang, tempat ini berhasil mencuri perhatian kalangan pecinta kopi. Hal ini dibuktikan dengan ramainya pengunjung yang datang silih berganti tiap harinya.

Moment coffee buka dari pukul sebelas siang hingga dua belas malam, sedangkan untuk last order hanya sampai pukul sebelas malam saja. Malam minggu kemarin kebetulan aku datang ke sana sudah terlalu malam sekitar pukul sepuluh. Meski begitu masih saja tempat ini ramai, untung saja masih ada tempat yang kosong.

moment_3.jpg

Sebelum duduk di bangku yang sudah di pilihkan , aku memesan kopi terlebih dahulu. Malam itu aku ingin pesan kopi gayo setelah melihat daftar menu tapi sayang kopi gayo sold out karena memang banyak peminatnya. Ya mungkin karena aku datang juga terlalu malam sih.

moment_2.jpg

Aku akhirnya pesan black coffee, untuk biji kopi aku memilih kopi kerinci yang rasanya agak asam. Jika biasanya aku memilih ada tambahan gula atau creamer, kali ini aku memilih single origin tanpa tambahan gula atau pemanis lain supaya bisa benar-benar merasakan sensasi kopinya.

moment_10.jpg

Tak langsung menuju kembali ke mejaku, aku sengaja ingin melihat proses penyajian kopi yang aku pesan. Karena kebetulan sudah terlalu malam, suasana bar juga tak terlalu ramai lalu lalang yang memesan kopi sehingga aku lebih leluasa.

moment_6.jpg

Sebelumnya aku meminta ijin pada barista di sana untuk mengambil gambar. Dan beruntungnya aku bertemu barista super kece yang ramah, namanya Kang Ukix. Beliau mempersilahkan aku untuk masuk dan melihat langsung proses penyajian kopi yang aku pesan. (FYI, barista di sini keren-keren lho) hihihi.

moment_4.jpg

Kang Ukix adalah salah seorang barista di moment coffee, pekerjaan sehari-harinya meracik kopi yang di pesan pelanggan. Aku menyaksikan sendiri kepiawaian Kang Ukix mulai dari meracik biji kopi hingga memberikan takaran yang pas sampai akhirnya tersaji menjadi seangkir kopi yang nikmat.

moment_5.jpg

Saat kopi siap,Kang Ukix mengantarkan pesananku ke meja yang sudah aku pilih. Di sana aku ngobrol juga dengan Kang Ukix tentang kopi. Pria yang memiliki ciri khas memakai topi koboy ini menanyakan juga perihal kopi yang aku pesan tadi, apakah ada yang kurang atau barangkali ada masukan.

moment_7.jpg

Tanpa pikir panjang aku segera nyruput kopi yang sudah aku pesan. Perfecto, begitu jawabku kepada Kang Ukik yang langsung menyambutnya dengan senyuman sembari mengucapkan terima kasih lalu pamit menuju meja lain untuk mengajukan pertanyaan serupa kepada pemesan kopi lain.

moment_8.jpg

Sekarang aku mengerti kenapa Moment Coffee ini selalu ramai tiap harinya. Pertama tentu karena cita rasa kopi yang disajikan, kedua karena tempatnya memang mendukung sekali untuk menikmati kopi. Fasilitas wifi juga tersedia sehingga membuat orang betah berlama-lama di sini.

Menurut informasi dari Kang Ukix, secara berkala Moment Coffee juga mengadakan kelas atau workshop yang bertajuk Moment belajar ngopi. Materinya juga berbeda setiap sesinya, ada tentang Cupping coffee day,atau tentang bagaimana belajar merasakan kopi yang enak.

Workshop_2.JPG

Foto diambil dari Instagram Moment.coffeesmg

Nah faktor ketiga inilah salah satu faktor penting, adalah tentang keramahan barista dan pelayan yang ada di sini. Hal ini aku rasakan sejak pertama masuk ke Moment Coffee. Jika di tempat lain jarang sekali kita menemui barista yang berkeliling kepada pemesan untuk sekedar menanyakan tentang rasa kopi yang disajikan, di Moment Coffee ini unik Kang Ukik salah satunya.

Dari sini aku dapat sebuah pelajaran berharga tentang sebuah teknik marketing. Selama ini kita mungkin terpaku kepada cara marketing yang itu-itu saja dan terlalu mainstream. Tapi di sinilah aku mengerti, jika memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli merupakan salah satu trik marketing yang jitu, sehingga nantinya pembeli akan kembali lagi ke sini bahkan kebaikan ini akan menyebar dari mulut ke mulut.

Malam kian larut, gelas yang tadinya berisi kopi kini sudah kosong tak bersisa. Jarum jam menunjukkan pukul sebelas malam. Dari kaca aku lihat suasana di luar masih ramai anak-anak muda yang nongkrong menikmati kopi dan menghabiskan malam minggunya di sini.

Aku memutuskan untuk pulang meski sejujurnya betah dengan suasana ala cafe seperti ini. Sebelum pulang aku berpamitan dengan Kang Ukix dan tak lupa kami foto bersama sebagai kenang-kenangan.

moment_9.jpg

Sesuai dengan namanya Moment Coffee, tempat ini memberikan ruang kepada pengunjung di sini untuk bisa mendapatkan moment ngopi paling asik. Dan aku mendapatkan itu di sini.

Sekian dulu ya potingan kali ini, sebagai penutup ijinkan aku mengutip kata-kata andalan dari Moment Coffee

Take your moment and drink your coffee

Terima kasih kepada Kurator Indonesia @aiqabrago dan @levycore, juga kepada teman-teman Komunitas Steemit Indonesia, terlebih kepada para penikmat kopi di manapun berada. Mari saling berbagi, mari saling meguatkan.

Sampai jumpa postingan selanjutnya yaa...

PP Steemit_1.jpeg

Sort:  

peramunya kece, sekece yang menulis postingan ini Mba @patriciadian😄

Ah Mbak Etty bisa ajah, tapi bener mbak Mas-mas barista di sini kece badai, pantesan cewek-cewek pada betah nongkrong di sini, wkwkwk

Sepertinya saya juga ingin mencoba nongkrong di sana Mba.
hahahaaa

Ayuk Mbak, semoga suatu saat ada kesempatan buat kita ketemu dan ngopi-ngopi cantik ya Mbak.

ha..ha.. kalau mau langsung berangkat mat Etty...:D udah ditunggu tuh :)

Ayok sekalian Om phoenix ikut yah ntar ngopi rame-rame,hehehe

Long time not see
Jumpa lagi dengan pembahasan masih setia dengan kopi

Haloo Kak ketemu lagi ya,hihihi.
Always kopi yang penuh inspirasi :)

Lama gk ngepost, kemana aja mba??

Nggak kemana-mana Kak,hihihi.
Lagi ada yang harus di kerjakan soalnya.

Postingan ini menambah daftar postingan tentang kopi yang kubaca di steemit hari ini, ah, cerita kopi seolah tak pernah usai ya, sellau saja ada sisi menarik untuk dituliskan...

Iya betul sekali Bang @ihansunrise, ngomongin kopi memang nggak ada matinya. Tiap harinya selalu ada cerita baru.

Ternyata mbak @patriciadian emang pecinta kopi sejati. Sayang saya tidak seteliti itu tentang kopi. Padahal terkadang banyak yang memberi hadiah kopi gayo kepada saya. Namun, apalah daya, saya tak bisa membedakannya...

Kopi gayo memang salah satu kopi yang paling banyak di buru pecinta kopi Kak. Di aceh pasti kopi gayo akan sangat mudah ditemukan.

Kopinya tentu harus enak. Kalau enggak, nggak mungkin bisa ramai ya, Kak. Meski pun baristanya supel, ramah, tampan, baik hati, dan rajin menabung. Hahaha...

Hahaha bener banget, cita rasa kopi yang di sajikan itu yang utama. Kan asik tuh menikmati kopi yang enak sambil ngeliatin Mas-mas barista yang rajin menabung, wkwkkw

Nice kak, i wanna learn more for u, hope u visit my blog , nice to know u suckses sll kak @almukhyarsidiq

Terima kasih kakak :)

Bicara soal kopi tentu sangat mengasyikkan. Kebetulan saya juga sedang mempelajari kopi akhir-akhir ini. Saya punya produk kopi, namanya Kopi Pinang Muda "Iful Jenggot". Kopi racikan antara kopi petik merah Robusta dikawinkan dengan biji pinang muda dengan komposisi tertentu. Bukan hanya rasanya yang khas, tetapi juga khasiatnya yang mantap.

Beberapa teman yang sudah mencobanya, ada yang bilang sakit pinggangnya hilang setelah mengonsumsi kopi tersebut secara rutin. Mungkin ini Efek dari biji pinang yang ada di dalamnya. Sebagian lagi mengaku merasa bugar dan meningkat vitalitasnya.

Hmm ...pasti penasarankan ? BTW, thanks ya atas postingan yang ciamik ini. Saya sudah membaca liputan Mbak @patricidian yang super lengkap dan renyah dibaca.

Salam pena kreatif

Wah ternyata yah Eyang @jharyadi punya produk kopi. Di jualnya per apa Eyang? Boleh kapan waktu nyobain order,hihihi.
Terima kasih Eyang, semoga besok-besok bisa makin renyah postingannya.

Iya nih, baru belajar bisnis kopi. Saya fokus sebagai distributor. Kopi tidak saya produksi sendiri, melainkan kerja sama dengan teman di kampung yang punya produk bagus, tetapi lemah dipemasarannya. Jadi saya mencoba membantu teman sebagai tenaga marketingnya.
Sementara ini kopi dijual berupa bubuk kopi dalam bentuk kemasan berupa dus dan setiap dus isinya @ 200 gram.

Kalau mau coba, boleh saja next time pesan ke saya ...he..he..he ....

Ini penampakan dus kopinya.

P_20180208_132028_DF.jpg

Wah boleh Eyang, besok kalo saya mau pesan langsung contac ke Eyang yah.

Oh iya, tentu saja akan dilayani dengan senang hati. Siapa tahu cocok di lidah dan jadi ketagihan karena khasiatnya ...he..he..he..

Membaca tulisan ini serasa ikut hadir dan ngopi bareng disana. Ikut merasakan harum kopi yang baru dihidangkan. Sungguh tulisan yang bisa menghadirkan suasana cafe ke hadapan pembacanya lengkap dan komplit, mengalir dan asik . Terima kasih mbak atas tulisannya tentang ngopi dan kopi :). Request donk mbak.. Hehe. pengen baca tulisan mbak yang mengulas tentang Barista..ditunggu ya 😁. Thanks ya mbak @patriciadian..

Terima kasih Kak, wah saya jadi tersanjung ada yang request postingan,hehehe.
Sebenarnya dari dulu sudah kepengen nulis tentang barista, tapi masih nyari info yang detail dulu sambil nyari sumber dari beberapa barista. Semoga saja ya secepatnya bisa segera posting.

Kopi kadang mendatangkan inspirasi bagi penikmatnya. I like kopi

Wah kita seide lagi ya Bang @jaff

wih pecinta kopi sejati mbaknya. pesannya black coffee

Lagi kepengen aja Mbak, kadang juga latte kok pesannya,hehehe

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 69084.83
ETH 3770.66
USDT 1.00
SBD 3.52