Cerpen Hamdancha : Hujan Berakhir di Februari

in #cerpen10 months ago

“Aku menunggumu di istana berselimut hijau, saat langit menjingga.”
Kalimat indah itu tertulis di secarik kertas yang ia titipkan untukku. Rina, gadis cantik dengan puisi di setiap detak jantungnya, membuatku jatuh cinta. Aku tahu dimana harus menemuinya sore ini. Aku dan dirinya sudah saling mengenal sejak kecil. Rina bahkan selalu ada dalam suasana apa pun, rumahnya adalah rumahku, pun sebaliknya.
Aku merasa menjadi manusia paling beruntung di dataran bumi ini, jika Khodijah selalu ada untuk Baginda Nabi, begitu pun Rina yang selalu ada untukku. Dia selalu mengerti kekuranganku dan selalu menegurnya dengan tutur kata yang lembut. Bersamanya tulisanku lebih mengalir, sangat menyenangkan mempunyai seseorang yang bersedia menemaniku menulis. Dia yang suka sejarah, mengagumi kartini sebagai perempuan hebat yang berani bercita-cita tinggi.
Dia suka hujan dan pelangi, seringkali aku bermain air hujan dengannya dan berburu pelangi. Hujan hari ini sangat besar, gemuruhnya mengingatkanku akan kenangan bersamanya. Ia pernah bercerita tentang hujan dengan imajinasinya, aku selalu menuliskan cerita setelah aku dan dirinya bermain hujan.
“Hujan selalu membawa kebaikan, hujan tak pernah salah di tanah mana ia jatuh,” kalimat indah darinya selalu teringat kala hujan turun.
Hidup bersamanya, berbagi cerita tanpa ragu membuatku ingin selalu ada di sisinya. Hingga aku menyatakan keseriusan bahwa aku jatuh cinta, namun ia belum membalas peryataanku.
Kini ia memintaku untuk bertemu di tempat kenangan, tempat kami sering berburu pelangi setelah hujan berhenti. Mungkin di sore romantis ini, di istananya, ia akan membalas pernyataanku. Dengan senyum optimis, aku segera pergi ke tempat itu, satu gubug di tengah hamparan padi yang indah, aku dan dia sering menyaksikan matahari muncul dari balik pegunungan. Jika sore hari, kita melihat matahari terbenam.
Dari jauh aku melihatnya terduduk diam, tetes air hujan jatuh berbaris di sekelilingnya. Aku segera menghampirinya, melewati jalan setapak pembatas kotak sawah, hujan membuatnya licin. Daun-daun padi yang basah mengiringku ke tempatnya, belalang berterbangan saat tanganku menyentuh tempat singgahnya.
Aku semakin dekat dengan istana perempuan yang ku cintai, ia duduk membelakangiku. Rambutnya panjang terurai basah terkena air hujan.
“Mengapa kau mengajakku bertemu di sini?” tanyaku.
“Terima kasih telah sudi menemuiku,” balasnya, namun ia tak mau menoleh ke arahku. Pandangannya masih ia lemparkan ke arah matahari terbenam.
“Tak bisa aku untuk tak memenuhi keinginanmu,” balasku.
“Benarkah?” ia bertanya, dengan nada yang tak seriang biasanya.
“Sungguh, akan aku turuti semua. Asal itu membuatmu bahagia.” Aku meyakinkan.
“Kau janji?” tanyanya kali ini membuatku khawatir, ada apa ini.
“Janji,” jawabku yakin.
Kemudian ia menarik napas dalam-dalam. Hujan berubah menjadi gerimis. Matahari semakin ingin pulang, namun entah mengapa hari itu dia turun sangat pelan.
“Aku ingin menikmati sore terakhirku, berdua bersama,” katanya, selalu dengan gaya puitis.
“Koq gitu?” aku heran, kenapa ia mengatakan sore terakhir.
“Iya, aku akan pergi untuk waktu yang cukup lama.” Jawabnya, dan ia masih belum menatapku.
“Kenapa?” tanyaku.
“Abah ingin aku belajar lebih serius, dan itu tidak bisa di sini.” Jawabnya dengan nada berat.
“Kemana?” tanyaku lagi.
“Aku sudah bercerita kepadamu,” jawabnya singkat, dan ia belum memandangku.
“Kamu jadi mengambil kuliah yang tidak sesuai dengan keinginanmu, bagaimana dengan impianmu?” tanyaku memastikan.
“Hidup ini nyata, bukan sebatas mimpi.” Jawabnya singkat.
“Lalu bagaimana dengan Kartini, kemana ia pergi saat ini?” aku heran kenapa sekarang dia begini.
Aku tahu ini bukan seratus persen keinginannya, ia sebelumnya bercerita apa yang sebenarnya ia inginkan. Namun ia juga tak bisa mengabaikan nasihat kedua orang tuanya. Saat bercerita sekarang pun, dia tak kunjung mau memandangku, mungkin ada air mata yang ia sembunyikan.
“Aku tak bisa memaksamu, dan terkadang orang tua lebih mengerti apa yang terbaik untuk anaknya. Kita hanyalah manusia kecil yang minim pengalaman, menganggap hidup ini akan berjalan sesuai dengan keinginan kita.” Aku mencoba memahaminya.
“Aku juga tak bisa mencintaimu, dan mungkin akan melupakanmu mulai malam ini.” Ia menolak pernyataan cintaku. Memang sakit, tapi lebih sedih lagi melihat kondisinya saat ini.
“Kenapa sampai melupakan, itu sangat menyakitkan.” Aku kesal.
“Akan lebih sakit jika aku mengingatmu, merindukanmu dari jauh namun tak pernah bertemu.” Balasnya. Sampai saat ini ia belum mau melihat ke arahku.
“Tapi kau tahu sendiri betapa sakitnya dilupakan.” Balasku, ia terdiam.
“Kenapa dari tadi tak pernah menatapku?” tanyaku.
Kemudian ia memalingkan wajahnya, menatapku dengan mata sayunya. Pipinya basah, jelas bukan karena air hujan. Aku memandanginya, air mataku bahkan ingin ikut jatuh melihat senyum yang hilang dari bibirnya. Aku berusaha tegar, tak mau menangis di hadapannya meski sangat sakit. Aku ingin ia pergi tanpa melihat air mataku. Kemudian ia memelukku sangat erat.
Rintik hujan tersisa satu dua tetes jatuh menyapa daun padi. Burung-burung mulai keluar berterbangan dari tempat ia berteduh, namun tak bersuara. Suara-suara menghilang entah ke mana, hanya terdengar tangisan seseorang yang sangat kucintai. Seorang gadis periang yang kini justru menangis karena harus merelakan mimpi-mimpinya.
“Pergilah, jika itu yang terbaik.” Aku melepaskan pelukannya. Kuhapus air matanya.
“Sudah, jangan kau tangisi. Tapi kau harus janji akan baik-baik saja di sana,” lanjutku, dan ia mengangguk.
“Jika ini pertemuan terakhir kita, aku ingin penuh dengan senyuman, tak ada air mata,” aku mencoba menghiburnya. Jauh dari dalam lubuk hati ini, aku ingin menjerit.
Kemudian ia mencoba tersenyum, “Terima kasih untuk semuanya, dan maafkan aku.”
“Tak perlu ada kata maaf,” balasku.
“Jika melupakanku memang harus dilakukan untuk hidupmu yang lebih baik, aku rela.” Lanjutku, aku ingin dia baik-baik saja di sana nantinya.
“Lalu bagaimana denganmu?” ia bertanya balik.
“Apanya yang bagaimana, melupakanmu? Itu urusanku.” Jawabku.
“Seperti katamu, kita harus berbaik sangka dengan rencana tuhan,” lanjutku meyakinkan bahwa aku baik-baik saja.
Kenapa aku berpisah dengan dirinya saat hujan turun, bukankah hujan selalu membawa kebaikan. Lalu dia memintaku untuk menemaninya melihat matahari terakhir bersama. Hujan pun berhenti, di awal Februari.

https://cdn.steemit
DSC01742.JPG
images.com/DQmdgm8o8njXdFpdDgF5kuTXjJuAhSg6uPfHgTZu3RkirBE/image%20preview.001.png✅

✅Description✅


✅ ➊ You can write comments or thoughts about the above photo here. ➋ Edit the content between the check emojis, and delete the check emojis at the beginning and end. ➌ The check emoji is marked for the purpose of letting users know which part needs to be corrected.✅

  1. ✅Item 01✅
  2. ✅Item 02✅
  3. ✅Item 03✅



Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 59698.94
ETH 2303.28
USDT 1.00
SBD 2.51