Tersedia Tapi Tak Berguna.

in #bwphotography6 years ago

Saya pernah ngobrol-ngobrol dengan seorang teman. Tentang fotografi. Beberapa orang saya tahu mereka selalu ikut apabila ada workshop fotografi. Tapi setelah mengikuti beberapa workshop itu karyanya juga belum terlalu kelihatan. Di sisi lain, ada teman juga yang aktif belajar diluar workshop. Mereka belajar melalui Youtube. Teori yang mereka dapatkan langsung dipraktekkan. Jadi terlihat karyanya.

Kadang saya bertanya dalam hati, sebenarnya kenapa bisa seperti itu?

DSC_0152-01.jpeg

DSC_0153-01.jpeg

Ada yang punya banyak ilmu dan modal tapi secara karya belum ada. Tapi disisi yang lain ada yang memiliki keterbatasan tapi malah mempunyai karya. Alat seadanya tapi hasilnya luar biasa. Mengalahkan yang punya alat-alat canggih yang kadang hanya disimpan sampai berdebu. Ironis. Tapi seperti itulah realitanya.

Dari obrolan dengan teman itulah saya menyimpulkan bahwa sukses itu bukan tentang modal tetapi niat. Punya modal tapi tidak ada niat juga tidak akan membawa kita kemana-mana. Tapi ketika sekalipun tidak ada modal tapi niat kita kuat, maka kita akan mengupayakan agar tercapai niat kita.

DSC_0151-01.jpeg

DSC_0157-02.jpeg

Apalagi dunia fotografi bukan dunia yang sulit sebenarnya. Ketika kita mau berlatih dan praktek maka kita akan terbiasa. Ilmu bertebaran dimana-mana tinggal bagaimana kita bisa mengupayakannya dengan semaksimal mungkin. Tak ada hambatan untuk maju. Semuanya bisa melakukannya.

ssikumiss_steemit2.png

Terima kasih teman-teman sudah berkunjung dan membaca tulisan ini.

Tulisan dan foto-foto sederhana dari lingkungan sekitar yang bisa saya abadikan.
Semoga nanti semua ini ada manfaatnya.

Terima kasih saya ucapkan kepada semua orang yang ada di Steemit ini.
Yang telah berbagi ilmu dan kreatifitasnya disini.

Kepada siapapun Anda di Steemit ini..
saya mengucapkan Terima Kasih.

ssikumiss_steemit1.png

Salam.
@ssikumiss

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.031
BTC 61255.54
ETH 2640.80
USDT 1.00
SBD 2.46