"SEC | S19W1: Merancang rencana pelajaran"

in #burnsteem2521 hours ago (edited)

1000155579.jpg

Sumber


Semakin hari steemit semakin menjadi platform yang sangat bermanfaat untuk banyak orang, karena selain menyajikan hanyak postingan dan konten berkualitas dari para steemian, kini tim steemit juga sudah mulai membentuk tim untuk mengajari para steemian agar wawasan tentang berbagai jenis ilmu pendidikanya bisa semaki berkembang.

Salah satu tema kontes tentang materi pendidikan dan pekerjaan rumah yang di selenggarakan pada minggu pertama ini yang menjadi favorit saya adalah Merancang Rencana Pembelajaran.

1. Materi apa yang ingin Anda ajarkan kepada siswa atau anak Anda?


Saat saya sudah memiliki seorang anak di masa depan, yang ingin saya ajarkan kepada anak-anak saya yang pertama kali dan yang paling utama adalah materi tentang akhlak dan moral.

Karena saya ingin anak-anak saya menjadi pribadi yang berakhlak dan berperilaku baik, karena kunci dari kesuksesan yang akan ia raih di masa depan adalah akhlah dan moral baik yang di milikinya, makanya saya ingin mengajari materi ini kepadanya semenjak anak saya masih kecil.

1000155580.jpg

Sumber


Dan menurut saya Insyaallah saya mampu mengajarkan materi anak-anak saya tentang materi akhlak ini karena Alhamdulillah saya sudah menjadi santri selama 10 tahun di Pesantren, semoga saja saya bisa mengajarkan materi mulai ini kepada anak-anak saya nantinya.

2. Jelaskan bagaimana Anda akan merancang kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dalam materi pembelajaran?


Saya ingin membuat pelajaran yang saya berikan kepada anak-anak saya menjadi lebih mudah terasa menyenangkan. Untuk materi pembukaan saya ingin mengajari mereka lewat menceritakan kisah-kisah para nabi dan rasul di masa lalu yang memiliki akhlak yang mulai sehingga bisa di sukai dan di cintai banyak orang.

Untuk kegiatan inti dalam materi ini, saya ingin mencontohkan sendiri perilaku yang berakhlak baik yang saya miliki kepada orang-orang yang ada di sekitar saya, agar anak saya bisa langsung melihat contoh akhlak baik yang nyata dari ayahnya.

Untuk kegiatan penutup nya, saya hanya akan mengamati tingkah laku dan akhlak saya terhadap orang-orang di sekitarnya, dari pengamatan tersebut, di pelajaran yang akan berikan berikut nya saya bisa lanjut mengajarkan untuk memperbaiki kesalahan yang pernah anak saya lakukan sebelum nya.

3. Metode apa yang akan Anda gunakan, jelaskan mengapa itu yang paling tepat?


Saya ingin menarapkan metode belajar secara ceramah dan diskusi kepada anak saya, menurut saya dua metode ini sangat bagus, karena saat saya memberikan materi pelajaran lewat ceramah kepada anak saya, saya bisa mendengar pendapat anak saya dan apa yang ia pahami pada ceramah saya sebelumnya lewat diskusi kami.

Metode ini saya rasa akan membuat pelajar lebih nyaman belajar karena kita memberikan mereka waktu untuk berpikir kritis dengan pendapat mereka sendiri.

4. Alat dan media apa yang Anda butuhkan agar peserta didik dapat memahaminya dengan baik?


1000155582.webp

Sumber


Alat dan media yang akan saya gunakan untuk mengajarkan materi akhlak kepada anak-anak saya ialah membawa mereka untuk jalan-jalan keluar rumah sembari melihat kejadian di lingkungan sekitarnya tentang bagaimana cara dunia bekerja terutama peran akhlak yang baik terhadap lingkungan.

Dengan media nyata seperti ini saya rasa anak-anak akan lebih mudah memahami apa yang ia pelajari dan dia lebih tahu cara mengadaptasikan ilmu yang ia pelajari di dunia nyata agar ilmunya tidak hanya terkubur dalam dunia teori saja.

Cara ini saya rasa akan lebih baik karena saya sudah merasakan sendiri tentang peran pentingnya ilmu akhlak yang baik saat di praktekkan langsung di dunia nyata dan saya rasa saya akan lebih mudah memahaminya.

Inilah entry saya untuk kontes SEC | S19W1: Merancang rencana pelajaran, saya juga ingin mengundang pak @waterjoe, saudari @inspiracion dan pak @f2i5 untuk berpartisipasi bersama di kontes ini.

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Hello @ikwal, here are the results of our assessment of your post:

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
350+ Words
AI Free
Bot-Free
Club100
Burnsteem25
Post Quality9/10

Feedback:

  • You are implementing moral education for your future children and that is a very good thing. I also totally agree because I think morals are always above knowledge.

  • And I think the discussion method is also one of the effective methods to provide understanding to children or students. They can become more active with the opportunity to exchange ideas even from an early age.

  • Thank you for participating in the Steemit Engagement Challenge- SEC Season 19 - Week 1 which has been held by The Briliant Teacher team. May you become a successful teacher in the future.

The Brilliant Teacher.jpg

Terimakasih atas verifikasi nya Pak

Saludos amigo que buena estrategia para enseñarles una buena educación a sus hijos cuando los tenga, la moral es uno de los valores más importantes que debemos tener los seres humanos ya que nos permite obtener buena comunicación con otras personas y nos abre las puertas de muchos empleos

Terimakasih saudari, semoga kita semua memiliki moralitas yang baik agar kehidupan kita menjadi kehidupan yang lebih baik juga. Salam sukses dan semoga kita selalu bahagia saudari.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58000.61
ETH 3105.20
USDT 1.00
SBD 2.42