"SEC | S19W1: Designing lesson plans"

in #burnsteem2527 days ago

1000003813.jpgPixabay

Rekan Steemit semua salam hormat untuk anda, tidak terasa platform steemit telah membawa kita ke arah yang lebih baik. Ini adalah pertama kali aku menghadiri Steemit enggement challenge secara individu yang tidak lagi bersangkutan dengan komunitas, dan ini juga perubahan paling bagus untuk semua perkembangan penggunaan platform. Topik ini membawaku lebih semangat untuk merangkai kata dengan khayalan-khayalanku di masa depan. Wajar saja karena aku adalah seorang remaja sekaligus mahasiswa yang belum menjawab guru ataupun seorang ayah. Di bawah ini aku ingin menjawab beberapa pertanyaan yang sudah di sediakan.

1. Materi apa yang ingin Anda ajarkan kepada siswa atau anak Anda?

Saat berpikir untuk menjadi seorang ayah aku berulang kali melihat banyaknya tanggung jawab sebagai orang tua sekaligus kepala keluar. Sesuai dengan yang di anjurkan dalam IsIam hal-hal penting yang harus di ajarkan kepada anak-anak sebelum mereka menua dengan umurnya adalah mengenal Allah, di mana sebagai seorang ayah harus mengajarkan ilmu tauhid kepada anak-anaknya. Jadi aku ingin memberikan materi tentang pengenalan Allah kepada anak-anak nanti, ini merupakan salah satu ilmu yang harus di utamakan kepada sang anak.

Selanjutnya adalah tentang moral atau karakter dengan sopan santun. Moral dan sopan santun tidak bisa didatangkan dengan sendirinya kepada sang anak tapi mereka perlu menerima pendidikan khusus dari orang tuanya ataupun dari guru. Karena bertambahnya usia adalah sekedar meningkatnya umur atau angka sedangkan akal sehat dan moral tidak akan bertambah dengan sendirinya tanpa di ajarkan oleh seseorang, baik orang tua ataupun guru khusus. Karakter dan moral seorang anak juga mencerminkan pada orang tuannya oleh karena itu memperbaiki moral dan etika diri seorang ayah juga merupakan bagian dari mendidik sang anak.

Moral dan etika sangat penting dalam kehidupan, pada mereka sudah mulai bergaul dengan lingkungan bebas di situlah penggunaan moral dan etika sopan santun akan di pergunakan. Oleh sebab itu dua hal tersebut yang menjadi bagian utama dan penting yang ingin aku berikan pada anak-anak sebagai materi dasar.

2. Jelaskan bagaimana Anda akan merancang kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dalam materi pembelajaran?

1000003809.jpgPixabay

Untuk kegiatan pembukaan terlebih dahulu aku menggunakan cara yang lebih muda dan membuat anak-anak lebih tertarik dan tidak bosan saat belajar. Sebelum memulai pelajaran tentunya banyak kisah dahulu yang akan aku ceritakan kepada anak-anak, yaitu tentang kisah para nabi-nabi dan rasul yang dapat di cermati dengan baik. Dalam menceritakannya aku juga menyesuaikan dengan keadaan anak-anak sesuatu pilihan cerita mana yang ingin di dengarkan. Dengan mengamati cerita-cerita tersebut aku lebih mudah untuk menetapkan materi-materi perlahan di dalam cerita itu.

Untuk kegiatan inti lebih mudah untuk menerapkan kepada anak-anak, aku membuat kesimpulan dari sebuah cerita yang sudah di dengar. Tentang bagaimana para nabi-nabi dahulu ketika menghadapi masalah dengan akhlaknya yang mulia dan mengambil keputusan dengan bijak, mulai dari perilaku yang baik, kesabaran, kesopanan dan ketaatannya yang tidak berkurang dan saat cara menghadapi masalah yang menimpa dengan cara yang sabar. Dengan begitu anak-anak dapat mengamatinya dengan perlahan dan menerapkan pada diri sendiri.

1000003810.jpgPixabay

Sebagai kegiatan penutup aku memberikan tugas dari materi-materi yang telah di pelajari oleh anak-anak tadi baik hafalan ataupun tentang bersikap baik, dan memberikan hadiah yang sederhana namun mampu membuat mereka tertarik dan semangat belajar. Selanjutnya aku hanya mengamati anak-anak dari kejauhan, melihat perbedaan-demi perbedaan menjadi lebih baik.

3. Metode apa yang akan Anda gunakan, jelaskan mengapa itu yang paling tepat?

Dalam hal ini aku merancang satu metode yang lebih rumit dan tertarik bagi anak-anak untuk minat belajar setiap hari. Kita tau bahwa anak-anak sangat suka dengan kejutan atau hadiah oleh sebab itu aku akan membuat pertanyaan di setiap harinya dan siapa yang bisa menjawab maka akan mendapatkan hadiah.

Tapi sebelum membuat pertanyaan tentunya aku akan memberikan materi terlebih dahulu agar dapat di pelajari dengan baik, di sampingnya aku juga memberikan ceramah khusus sesuai yang ada dalam materi tersebut serta mengaitkan dengan cerita-cerita menarik yang bersangkutan dalam materi. Dan satu hari memberikan materi dan sebagainya, di hari selanjutnya barulah memberikan pertanyaan ataupun tanya jawab. Dengan metode demikian anak-anak akan lebih tertarik untuk minat belajar menurutku.

4. Alat dan media apa yang Anda butuhkan agar peserta didik dapat memahaminya dengan baik?

1000003811.jpgpixabay

Untuk alat mungkin aku hanya menggunakan buku-buku yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan. Sebenarnya menggunakan media lebih mudah namun sepertinya akau akan membatas untuk penggunaan media seperti handphone agar anak-anak lebih fokus belajar di dalam buku. Aku akan membeli beberapa buku khusus yang mengandung ragam ilmu etika dan karakter manusia sehingga anak-anak dapat berfokus pada buku saja. Untuk ilmu adalah mengajar Itiket 50 (ilmu dasar dalam mengenal Allah dan nabi) dan di tambah dengan buku-buku lainnya seperti buku cerita tentang sejarah nabi-nabi dan rasul.

Alat tulis juga sangat perlu untuk anak-anak agar lebih mudah tertangkap materi-materi yang telah di berikan dan menjadi hafalan bagi anak-anak. Menurutku dengan alat-alat yang di sebutkan di atas akan memadai proses pendidikan anak anak.

Mungkin itulah sedikit tulisan yang dapat aku bagikan untuk tantangan kali ini. Terimakasih buat Sahabat Steemit semua yang sudah hadir di sini.

Saya mengundang sobat @walictd pak @muzack1 dan @inspiracion untuk ikut berpartisipasi di sini.

Salam @cymolan

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Loading...

TEAM 2

Congratulations! This post has been voted through steemcurator04. We support quality posts, good comments anywhere and any tags.

Post.jpg


Curated by : @anailuj1992

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.12
JST 0.026
BTC 56095.11
ETH 2533.38
USDT 1.00
SBD 2.23