Donor darah? Siapa takut!

in #blood6 years ago

image

Hey steemians
Pada postingan ini saya akan sedikit bercerita tentang aktivitas rutin saya yang dapat menolong hidup orang lain. Tidak hanya saya, bahkan jutaan orang diluar sana melakukan yang sama. Yaitu donor darah

Saya sudah mulai tertarik untuk melakukan donor darah ini ketika saya masih duduk di bangku SD, tetapi faktor usia yang tidak memadai saya harus menundanya. Barulah ketika saya duduk di bangku kuliah mulai rutin untuk melakukan donor darah. Karena untuk melakukan donor darah juga diperlukan syarat-syarat tertentu. Saya mulai rutin melakukan donor darah sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang.

Saya termasuk salah satu orang yang takut dengan suntikan, tapi itu dulu. Rasa keinginan saya untuk donor darah lebih besar daripada rasa takut itu. Maka dari itu ketakutan saya dengan suntikan sudah berakhir. Mungkin awalnya yang buat takut, tapi setelah itu bakal terasa lega.

Saya sering mengajak teman saya untuk melakukan donor darah. Hasilnya banyak yang tidak mau untuk melakukan aktivitas ini, dikarenakan ada yang takut suntik ataupun takut melihat darah. Saya berusaha untuk terus membujuk mereka dengan cara harus melawan rasa takut mereka. "Lawan dong, gituan aja masih takut kayak anak kecil", ujar saya. Yang namanya rasa takut itu memang harus diri sendiri yang lawan. Saya hanya bisa mensupprotnya.

image

Apakah donor darah itu aman? Donor darah adalah proses yang sudah terjamin aman. Darah dari setiap pendonor akan diambil memalui jarum steril sekali pakai lalu ditampung dalam kantong darah yang steril.

Banyak yang bilang donor darah bisa buat gemuk? Bagi saya itu hanya mitos belaka. Karena saya sendiri sudah merasakannya. Kalau memang gemuk, ya memang dianya aja yang kebanyakan makan. Bukan karena donor darahnya. Ini sih persepsi saya ya.

Tapi kita juga tidak bisa asal donor darah begitu saja. Ketika donor darah, kita harus dalam keadaan yang benar-benar sedang sehat. Karena diperlukan tensi dan hb darah yang cukup ketika ingin melakukan donor darah. Nanti bakalan di cek sama dokternya, jadi kitanya juga enggak bisa bohong kalau keadaan kita memang kurang fit.

Apa sih manfaat donor darah? Jawabannya banyak! Donor darah dapat menurunkan kolestrol, menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah, mendapatkan kesehatan psikologis, menurunkan resiko serangan stroke dan bahkan masih banyak manfaat lainnya. Sama sekali enggak ada ruginya jika kalian sudah donor darah.

Pernah dengarkan kalau sekantong darah dapat menyalamatkan 3 nyawa manusia? Masih ragu untuk melakukan donor darah?
Ingatlah setetes darah kita sangat berguna untuk mereka yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat 😊

Sort:  

Good sharing. Don't ever loss your spirit. Keep fight for a long time.

Alhamdulillah, april nulis lagi.. keren, saya juga pengen donor darah, tapi smpai sekarang belum kesampaian 😊

Semoga bisa kesampaian bang andri 😊

Semangat mendonor April,terus lakukan yang terbaik untuk hal-hal yang baik. Anda luar biasa👍😀

Ahaha thanks yo😁

Mulia banget kalau bisa donir darah... Salut, sayangnya aku masih takut untuk donor

Ayo dong bang dilawan. Abang pasti bisa 👍

Jadi teringat waktu donor darah sama april hehe

Takut darah ya nip😂

Halo, apa kabar @aprilliaannisa? Sudah kami upvote yaa..

Alhamdulillah kabar saya baik. Terima kasih 😊

Donor darah siapa takut

Abang takut 😒

Keren Apriiil,
Memang inspirasi benget Apriiil ni,
Jadi pengen donor

Yuk donor ki 😊

Tidak tau cara mengungkapkan. Terimakasih aprill sudah berbagi cerita ini. Sangat "menampar" untuk yang takut donor, seperti saya.

Selamat berjuang menghadapi ketakutan kakak 😄

Aah si kakak kalau nntk donor darah ajak adek dong kak, hobi juga nih kak.. Hehe tapi sayang baru sekali.. 😂

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 62934.09
ETH 3118.65
USDT 1.00
SBD 3.85