The Diary Game Season 3, Better Life 03 April 2021: Menikmati Pekerjaan - steemitsteemCreated with Sketch.

in #betterlife3 years ago

Assalamualaikum.
Hai steemian!

Salam sukses dan semoga sehat selalu.
Pagi Sabtu yang super, selesai mengantar sepupu ke MAN Lhokseumawe saya ke MIN 3 Lhokseuamwe tempat saya bertugas. Memasuki ruang guru, kemudian melakukan fringerprint, dilanjutkan dengan membuka laptop. Up... ada yang terlupakan, HP saya tetinggal di rumah hari ini. jadi tidak bisa mendokumentasikan kegiatan. Oke lanjut.... Ada kerja yang harus saya segerakan pagi ini yaitu mengeprint absen komputerisasi yang sudah tercantum nama peserta ujian akhir madrasah, selesainya saya serahkan ke bagian seksi soal yaitu ibu Ti Hajar.

Kemudian saya melanjutkan kegiatan saya yaitu mengonsep 2 surat untuk kegiatan KKG dalam minggu depan.

IMG_20210404_111920.jpg
Menyelesaikan 2 surat dari KKG


Surat pertama pemberitahuan tentang rencana seleksi guru untuk tim reviewer butir-butir soal ujian yang dikembangkan dalam forum KKG MI Kota Lhokseumawe di mana saya sebagai ketuanya. Yah bukan tanpa alasan rencana ini saya buat untuk mengantisipasi kualitas soal-soal yang selama ini dibuat dalam forum ini belum dilakukan review karena ketiadaan tenaga. Al hasil kualitas soal-soal sering menjadi sorotan para stakeholder di madrasah. Saya merencanakan konsep ini untuk meningkatkan kualitas soal menjadi lebih baik pada masa mendatang.

Screenshot_20210404_112926.jpg

Surat pemberitahuan seleksi peserta review soal


Selesai mengonsep surat pertama dilanjutkan dengan mengonsep surat kedua tentang pemanggilan peserta untuk pembuatan soal ujian semester. Pada bagian lampiran surat tersebut saya melampirkan pemetaan mata pelajaran, kelas, dan volume guru. Dari hasil kalkulasi, tercatat sebanyak 40 guru akan dilibatkan dalam proses pembuatan soal ujian semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Selanjutnya saya memetakan jumlah butir soal untuk setiap mata pelajaran, dan terakhir saya memetakan madrasah yang ditunjuk untuk membuat soal-soal ujian semester genap dalam forum KKG MI Kota Lhokseumawe.

Screenshot_20210404_113017.jpg

Lampiran dari surat pemberitahuan pendaftaran peserta pembuat soal ujian semester genap 2020/2021


Hal baru yang saya kembangkan dalam forum KKG saat ini adalah pendaftaran peserta seleksi reviewer soal, dan pendaftaran peserta pembuatan soal dilakukan secara online melalui website KKG MI Lhokseumawe. Ke depan nantinya semua pemberitahuan akan dapat dilihat langsung dari website tersebut. Website ini baru saya kembangkan dibantu oleh seorang operator dari MIN 1 Lhokseumawe yaitu Syahrial. Tidak terlepas dari peran serta @radjasalman yang mengizinkan hosting milik MIN 3 Kota Lhokseumawe dipergunakan untuk kepentingan website KKG MI Kota Lhokseumawe. Apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada beliau atas kebaikannya tersebut. Semoga sukses selalu menyertainya. Terimakasih kepada Bapak Husni kepala MIN 1 Lhokseumawe yang telah membantu KKG MI Kota Lhokseumawe dalam penyiapan website dengan merekomendasikan Syahrial sebagai pembuat website KKG. Salam sukses untuk mereka semua.
Oke, selanjutnya saya memonitor pelaksanaan ujian, ada 6 ruang ujian yang saya masuk sembari menyampikan informasi perihal pelaksanaan ujian hari terakhir pada Senin, 5 April 2021.

Lanjut, setelah selesai menyiapkan konsep surat saya bereskan saja sendiri semuanya hari ini. surat saya print dan tanda tangan kemudian saya scan dan saya save dalam bentuk PDF. Setelah itu, saya berencana menjumpai 3 orang di MIN 1 Lhokseumawe untuk berbagai kepentingan. Pukul 10.30 saya pamitan dengan beberapa guru untuk menuju MIN 1 Lhokseumawe. Saya menghidupkan kendaraan, tiba-tiba 6 orang tamu datang. Mereka adalah guru-guru dari SD Negeri 10 Blang Mangat. Mereka ingin mengambil aplikasi penilaian untuk mengisi nilai-nilai, dan mencetak rapor semester genap. Saya sempatkan waktu sambil berdiri di kereta saya menghidupkan kembali laptop dan mengisikan aplikasi ke flasdisk. Sayangnya saya tidak bisa mendokumentasikan moment ini karena android saya tertinggal di rumah. Saya minta difotokan dengan HP mereka, dan minta dikirim ke nomor WA saya, tapi belum juga dikirim-kirim hingga waktu saya memposting diary saya. Mungkin mereka lupa.

Oke selanjutnya saya menuju MIN 1. Di sana saya ingin berjumpa dengan Syahrial untuk belajar cara memposting jurnal di website. Yahhhh, ternyata ia nya sudah pulang duluan karena ada orang meninggal di depan rumahnya. Lalu saya ingin berjumpa dengan Pak Husni untuk menyampaikan perihal agenda kegiatan KKG dalam minggu depan, yahhh beliau juga sedang tidak di tempat. Terakhir saya ingin berjumpa dengan ibu Eva untuk meminta bantuan agar guru-guru mau mendaftarkan diri sebagai calon reviewer, dan nasib saya sama lagi, ternyata beliau juga sedang ada kegiatan lain di luar. Ya sudahlah, saya duduk saja di ruang TU MIN 1 Lhokseumawe berbincang-bincang dengan ibu Mutia Sari Devi.

Saya disuguhkan air oleh seorang ibu. Ibu itu adalah tenaga kebersihan di madrasah tersebut. Baik sekali ibu ini dalam hati saya. Semoga Allah mudahkan rezekinya. Selanjutnya saya pamitan dan kembali pulang ke MIN 3 Lhokseumawe. Setiba di MIN 3, pekerjaan saya masih harus berlanjut, masih banyak pekerjaan administrasi KKG yang saya selesaikan, termasuk mengedit isi 2 surat yang telah saya buat sebelumnya. Karena saya tidak membawa HP, saya minta ibu Ti Hajar untuk mendokumentasikan foto surat yang saya kerjakan hari ini.

Waktu sudah saatnya shalat dhuhur, saya tinggal sendiri di sekolah, saya simpan tas lalu saya menuju masjid. Usai shalat berjamaah saya kembali lagi ke sekolah dan melanjutkan pekerjaan. Setelah menelaah surat yang saya persiapkan, kemudian saya share ke sekretaris K2MI. Ohya.. Saya baru teringat bahwa hari ini ada undangan dari ibu Lia, undangan sunnat rasul anak beliau. Wahh jam sudah menunjukkan pukul 14.30 wib, saya ragu antara pergi dan tidak karena sudah terlambat sekali. Akhirnya saya pergi juga, sebelum ke sana saya kembali ke rumah untuk mengambil HP dan dompet. Karena keduanya tinggal di rumah. Kemudian saya pergi menuju rumah bu Lia. Di tengah jalan saya teringat bahwa HP lupa saya bawakan lagi. Hadeuhhh kesal saya, ya sudahlah. Saya teruskan perjalanan ini. Sampai di rumah pesta ternyata masih ramai orang, sayapun segera menuju meja hidangan dan mengambil makanan. Sambil duduk, ada beberapa rekan kerja dari SD di sana. Kami mengobrol lama sampai pukul 15.30.

Pulang dari sana saya membuka laptop dan mengupload 2 informasi ke website KKG. Tapi mendapati kendala, saya tidak bisa membuat link dari website ke bahan yang saya simpan di goolge drive. Setelah saya mempelajari beberapa tutorial akhirnya berhasil juga.

Lanjut, sorenya saya keluar untuk mencari makanan pesanan istri saya. Nah kali ini HP benar-benar saya jaga agar tidak ketinggalan lagi. Inilah foto tempat di mana saya membeli mie dan bakso bakar. Letaknya di Tumpok Teungoh. Makanannya enak dan ramai sekali pembelinya. Setelah menunggu beberapa saat, saya kembali ke rumah. Tiba di rumah kami menikmati bersama makanan tersebut.

IMG_20210403_180105.jpg

Kedai tempat saya membeli bakso bakar dan mie


Ohya, saya mencoba berselfi di sana, eh mereka senyum melihat saya. Saya cuek saja.

IMG_20210403_175919.jpg
Tempat beli mie dan bakso bakar


Selanjutnya di rumah saya merancang Flyer untuk mendukung kegiatan Raker KKG tingkat Provinsi Aceh.

1ac6d58f-db50-4f9d-a959-5a615d0c40a8.jpg

Siap sukseskan raker KKG MI Tingkat Provinsi


Malam hari saya tidak beraktifitas banyak karena kelelahan sekali. Saya mencoba untuk tidur, tidak sengaja saya mengambil hp dan membuka youtube. Ada video dari dosen saya sewaktu saya mengambil studi megister. Beliau adalah Dr. Danial, MA. Dosen pembimbing tesis saya dan dosen yang paling saya favoritkan. Video itu di rekam oleh youtuber bernama Maulizul Akbar Nad saat beliau menyampaikan khutbah Jumat, 2 April 2021 di Masjid Taqwa Dayah Ihyaausunnah kampung Jawa Baru Lhokseumawe.

Hilang rasa mengantuk saya mendengar isi ceramah beliau yang sangat berisi. Memang beliau luar biasa, dan sangat wajar saat ini beliau menjabat sebagai rektor IAIN Lhokseumawe.


Waktu shalat Isha tiba, saya segera shalat kemudian makan malam, setelahnya saya langsung tidur karena besok pagi (minggu) saya harus bangun cepat untuk menyiapkan diri mengikuti ujian CBT tes pedagogik dan tes numerasi dalam rangka seleksi fasilitator daerah.

Demikianlah diary saya. Terimakasih sudah membacanya. Salam sukses untuk semua.
Senang bisa berbagi cerita untuk semua. Terima kasih @anroja @ernaerningsih @radjasalman @nazarul @el-nailul @steemitblog @steemcurator01 @steemcurator02 dan kepada steemian lain nya. Saya menyadari bahwa penulisan ini masih saja memiliki kekurangan. Saran dan kritik saya terima dengan senang hati. Selamat beraktivitas!

Wassalamualaikum wr.wb.

#betterlife
#thediarygameseason3
#thediarygame
#Indonesia

Sort:  

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 58551.09
ETH 2617.32
USDT 1.00
SBD 2.44