The Diary Game Season 3, Better Life 01 April 2021: Kembali aktif menulissteemCreated with Sketch.

in #betterlife3 years ago

Assalamualaikum.
Halo steemian!

Salam sukses dan semoga sehat selalu.

Sebulan sudah saya menjalani berbagai kegiatan yang menyita banyak waktu dan membuat saya tidak produktif untuk sementara waktu dalam menulis diary saya. Kegiatan saya selama ini diantaranya melakukan pengecatan rumah mulaid ari luar sampai dalam untuk persiapan resepsi pernikahan adik ipar, membimbing guru-guru dalam forum KKG dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, mengadakan kegiatan workshop penyusunan soal ujian akhir madrasah kelas 6 tingkat Ibtidaiyah, melakukan review terhadap RPP yang disusun dalam forum KKG, mereview soal-soal ujian madrasah lebih kurang 500 butir soal, menyiapkan administrasi pembelajaran milik sendiri yang keteteran mulai dari buku 1, 2, 3, dan 4. Merawat istri sakit, dan setelah itu merawat nenek sakit, merevisi jurnal ilmiah, dan lainnya. Yah... begitulah kira-kira di antara kesibukan saya. Saya merasa kelelahan dan harus memprioritaskan pekerjaan yang dituntut untuk segera diselesaikan sebelum waktunya.

IMG_20210327_102144.jpg

di antara kegiatan saya, mengantar dara baro


Baiklah sahabat steemit semua. Sekarang saya mencoba memulai kembali menulis, bertepatan pada 31 Maret 2021 @radjasalman kembali mengingatkan saya untuk menulis. Saat itu saya sedang disibukkan membereskan administrasi KKG, meja saya berantakan. Yah... beliau menyapa dan mengingatkan, saya pun menerimanya. Memang selalu ada keinginan untuk melanjutkan, namun saya perlu banyak waktu dalam menyiapkan segala sesuatu. Terkadang satu perkerjaan belum kelar, pekerjaan lain datang. Ya itulah resiko atas konsentrasi terhadap suatu pekerjaan. Saya menjalani dan memprioritaskan yang paling urgen.
Baiklah saya mencoba mendeskripsikan aktifitas saya melalui diary ini. Kamis, 1 April 2021 saya mengantar anak ke TK. Dari rumah saya menjemput sepupu terlebih dahulu untuk saya antar ke MAN, setelah itu baru saya menuju TK tempat anak saya bersekolah.

IMG_20210401_071643.jpg

Mengantar anak ke TK Al Azhar


Dari TK saya menuju ke tempat saya bertugas di MIN 3 Lhokseumawe. Hari ini pelaksanaan ujian madrasah hari keempat, saya sebagai sekretaris ujian madrasah segera menyiapkan segala sesuatu berkaitan dnegan pelaksanaan ujian. Saya membuka laptop dan mengeprint absen peserta ujian, beberapa anak yang tidak hadir saya hubungi ke wali kelasnya. Saya hubungi guru kelas namun HP nya tidak aktif. Saya merasa kesal, lalu saya buat pengumuman di group koordinator kurikulum tentang siapapun guru yang sedang bersama beliau agar berkenan mengabarkan berita perihal anak kelas beliau yang tidak hadir. Setelah setengah jam baru mendapat respon. Hadeuh... saya ini tipikal orang yang harus quick respon dalam melaksanakan pekerjaan dan pelayanan. Jika terdapat kesulitan berkomunikasi saya tidak suka, saya inginnya WA saya cepat-cepat dibaca dan direspon, saya inginnya HP selalu aktif atau siaga untuk keperluan yang mendesak. Yah begitulah rada-rada egois namun bukan untuk kepentingan pribadi, tapi kepentingan dinas.

Lanjut, saya mengecek ke kelas alias melakukan monitoring pelaksanaan ujian. Ujian hari ini berjalan lancar. Namun ada siswa yang mengeluh tentang soal Bahasa Arab yang sulit.

IMG_20210401_081118.jpg

Monitoring pelaksanaan ujian madrasah


Selanjutnya saya naik ke lantai 2 untuk menyelesaikan pekerjaan saya sebagai ketua KKG. Hari ini saya mengonsep surat tentang pemberitahuan untuk mengumpulkan seluruh hasil kegiatan KKG yaitu pembuatan RPP kepada 50 guru yang tersebar di 9 madrasah. Setelah surat selesai dibuat sekretaris, saya menandatangani, mengecen, menguploadnya ke group koordinator kurikulum. Wah mulai tanggal 5 s.d. 7 April 2021 bakalan full lagi dikunjungi oleh guru-guru untuk mengantar RPP. Semua itu harus direview mengenai substansi isi, dan teknik penulisannya.

IMG_20210401_090408.jpg

Penyiapan surat pemberitahuan mengumpulkan RPP


Lanjut saya menuju MAN Lhokseumawe untuk menjumpai Pak Fauzi perihal pembuatan website. Sudah sebulan lebih saya tidak sempat melanjutkan pembuatan website KKG, hari ini saya menjumpai beliau untuk menyampaikan perihal bahwa kelanjutan website akan diserahkan kepada Syahrial yang merupakan operator pada MIN 1 Lhokseumawe.

IMG_20210401_112722.jpg

Bersama bapak Fauzi kepala TU MAN Lhokseumawe


Selesai dari MAN saya menuju MIN 1 untuk bertemu Syahrial, saya memanggilnya dek, karena usianya masih muda. Hehe... kami mengobrol sekitar 30 menit perihal minta tolong dibuatkan website KKG kemudian melanjutkan proses selanjutnya sambil menikmati makan siang di Caffe “Joel Kupi” jika tidak salah yang terletak dekat SPBU Lido Graha, saya lupa nama persisnya dan juga lupa mendokumentasi kegiatan ini. sejenak bersamanya, ia menyelesaikan beberapa administrasi berkaitan dengan website KKG seperti pembelian domain, dan nama alamat website. Setelah itu saya kembali ke sekolah. Karena waktu sudah zuhur, saya shalat berjamaah di Masjid Baitul Huda Kuta Blang yang letaknya bersebelahan dengan MIN 3 Lhoksuemawe. Selesai shalat saya kembali ke madrasah, saya menyelesaikan 2 artikel dalam waktu 1 jam lebih untuk diupload ke website. Selesai itu saya fringerprint dan berangkat pulang.

Tiba di rumah saya segera mandi, hari ini saya berencana ingin sekali menjenguk kebun sawit saya yang sudah 40 hari tidak saya kunjungi. Selama saya berkebun biasanya paling lama jika saya memiliki banyak kesibukan adalah 2 minggu tidak dikunjungi. Tapi kali ini sudah 6 minggu tidak bisa menjenguk kebun. Pukul 15.20 saya berangkat dari rumah, di jalan membutuhkan waktu lebih kurang 50 menit. Suasana saat saya berangkat dari rumah masih panas. Setengah perjalanan hujan mulai turun, saya tetap malanjutkan perjalanan. Sekarang saya tiba di jembatan penyeberagan yang terputus pasca banjir, sudah lama sekali jembatan ini rusak dan tidak diperbaiki. Saya harus menunggu rakit penyeberangan menjemput saya. Namun pemilik rakit mengatakan sesuatu kepada saya bahwa sekitar 2 jam lalu hujan deras di daerah atas “gunung”, mereka khawatir air sungai meluap dan tidak dapat mengantar menyeberang pulang. Namun saya minta waktu sebentar saja sekitar 30 menit, karena kangen sekali ingin melihat kebun.

IMG_20210401_161423.jpg

Menunggu rakit penyeberangan


Jalanan sangat licin dan becek, kereta tidak dapat saya seberangi, saya simpan di bawah pohon sawit. Lalu saya naik rakit dan menyeberang ke sebelah sungai. Kemudian berjalan sekitar 5 menit dari tepi sungai menuju kebun.

IMG_20210401_163428.jpg

Kebun sawit


Saya tidak bisa berkeliling lebih lama karena khawatir air sungai benar-benar naik dan meluap sehingga tidak penyebrangan yang dapat mengantar saya pulang. Setelah 20 menit dalam kebun melihatpohon sawit, saya beragkat pulang. Sedih hati saya, jauh-jauh saya pergi hanya bisa berada di kebun 20 menit. Kemudian saya menyeberangi kembali sungai dengan rakit. Debit air mulai naik sekitar 40 cm, syukurlah saya berhasil pulang sebelum debit air naik lebih tinggi.
Lanjut saya berangkat pulang dan singgah di sebuah Meunasah untuk mengerjakan shalat Ashar.

IMG_20210401_171845.jpg

Shalat Ashar di Meunasah Darussalam


Setelah shalat saya melanjutkan perjalanan dalam suasana hujan gerimis. Jalanan hari ini padat dengan truk pengankut batu dan pasir.

IMG_20210401_172900.jpg

Truk di tanjakan Buket Gajah


Tiba di rumah dan membaca WA, eh ternyata ada laporan perihal seseorang yang mempersoalkan dan memperpanjang lebar masalah kecil yaitu kesilapan pengetikan soal yang dilakukan oleh guru. Sehari sebelumnya saya sudah mengonfirmasi kepada yang bersangkutan, namun ternyata masalah kesilapan itu diperpanjang di group lain. Saya sangat kesal dan merasa harga diri forum KKG direndahkan olehnya. Padahal adalah hal wajar jika terdapat sedikit kesilapan pengetikan dalam pembuatan soal. Seharusnya dapat dimaklumi dan selesai saat sudah dikonfirmasi ke saya sebagai ketua KKG yang menyelenggarakan kegiatan pembuatan soal ujian madrasah tersebut. hufff.

Selanjutnya malam hari saya berkunjung ke tempat nenek untuk mengantar belanja bulanan. Setelah duduk sekitar 30 menit saya berangkat pulang. Di rumah pada malam harinya saya berkomunikasi dengan sekretaris KKG untuk mengirimkan laporan yang telah disusun. Setelah saya membacanya, saya mengedit beberapa bagian dan saya kirimkan ke Syahrial untuk diupload ke dalam website KKG.

Demikianlah hiruk pikuk kegiatan hari ini.
Tetap semangat menjalani hari-hari yang penuh warna warni. Terkadang manis, terkadang pahit. Terimakasih telah singgah dan membaca diary saya. Saya doakan sehat selalu dan salam sukses untuk semua steemian. Salam kenal untuk semua pendatang baru.
Senang bisa berbagi cerita untuk semua. Terima kasih @anroja @ernaerningsih @radjasalman @nazarul @el-nailul @steemitblog @steemcurator01 @steemcurator02 dan kepada steemian lain nya. Saya menyadari bahwa penulisan ini masih saja memiliki kekurangan. Saran dan kritik saya terima dengan senang hati. Selamat beraktivitas!

#betterlife
#thediarygameseason3
#thediarygame
#Indonesia

Wassalamualaikum

Sort:  

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 57983.59
ETH 3132.93
USDT 1.00
SBD 2.44