Berlatih menggoreng telur sendiri

in #betterlife2 years ago

IMG_20211202_182933[1].jpg

Kata pepatah,"Mengajar anak seperti mengukir di atas batu, mengjar orang tua seperti mengukir di atas air."

Hello lovelly frineds

Seperti saya kutipkan pepatah yang sangat kita kenal, maka sebagai orang tua kita harus mulai menanamkan nilai-nilai pendidikan sejak dini. Sejak masa anak-anak kita harus sudah menanamkan nilai yang akan mereka terapkan di sepanjang hidupnya. Salah satu nilai yang tak boleh dilupakan adalah kemandirian. Dengan kemandirian maka diharapkan setiap anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak selalu bergantung kepada orang lain. Ini menjadi penting sehingga dalam kehidupan saat mereka dewasa kelak akan mampu menjadi pilar dalam keluarga, masyarakat bangsa dan negara. Tentu saja ini perlu kerja keras dari semua orang dewasa di sekitar mereka.

Melatih anak menggoreng telur

Melatih kemandirian bisa kita lakukan dari hal yang sederhana. Butuh proses dan pendampingan agar anak merasa nyaman saat berlatih melakukan secara mandiri.
Seperti yang saya lakukan kepada si bungsu. Sekarang dia berumur 10 tahun dan duduk di kelas 4 Sekolah Dasar. Kalau biasanya istri saya tidak pernah membolehkan dia beraktivitas di dekat kompor karena khawatir berbahaya, maka kali ini saya hendak mengajaknya untuk berlatih madiri di dapur.
Saya mengajarkan bagaimana cara menggoreng telur. Saya berharap dengan menggoreng telur maka suatu saat dia tidak akan terlalu panik jika tidak ada lauk dan bisa menggoreng telur sendiri.

IMG_20211202_182916[1].jpg
Pertama-tama saya minta dia mengambil telur di kulkas, menyalakan kompor dan menuang margarin ke dalam wajan.Sambil menunggu margarin cair dan panas, dia berusaha memecah telur dengan sendok lalu menuangnya pada wajan yang sudah panas.
IMG_20211202_183038[1].jpg
Saya meminta untuk mengecilkan api agar tidak gosong. Dia berusaha membalik telur dengan hati-hati agar tidak terkena minyak dari margarin. Dengan api kecil maka telur akan terlihat menarik dan matang sempurna.

IMG_20211202_183334[1].jpg
Setlah yakin matang sempurna saya minta untuk mematikan kompor, mengangkat dan meniriskan telur.
Saya melihat ada senyum bahagia ketika dia mampu membuat telur goreng. Saya juga berpesan agar dia makin sering berlatih agar bisa makin mandiri.

Demikian tulisan saya kali ini semoga menginspirasi semua.
Salam hangat dari Indonesia.
@rokhani

Terima kasih telah mampir dan membaca postingan saya. Upvote, komentar , resteem dan suport lainnya sangat saya hargai.

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 62187.20
ETH 3051.46
USDT 1.00
SBD 3.79