THE DIARY GAME (29 SEPTEMBER 2020)

in #betterlife4 years ago (edited)

Salam hangat dari saya kepada penguna steemit dimanapun kalian berada dan apapun aktivitas anda saat ini, apa kabar steemit lovers? Semoga yang kalian rasakan saat ini sehat bukan? Mari bersyukur kepada yang maha mengatur segala apapun di seluruh alam ini

JAM 04 : 45 wib
Syukur alhamdulillah yang pertama saya ucapkan, kenapa,karna pada detik ini saya masih diberi kesempatan untuk beramal di alam ini baik itu bekerja atau apapun, tentunya bermanfaat bagi saya dan alam ini, kemudian saya bangun saya teguk air putih 2 gelas dalam gelas stainles itu, saya melakukan peregangan otot agar otot saya tidak terlalu kaku, kemudian saya memakai baju biru yang ada di dalam lemari itu, saya beranjak keluar untuk membangunkan untuk salat berjamaah subuh di musalla, santri-santri bangun dengan duduk dahulu "duduk dulu ustadz biar gak pusing" Kata salah seorang santri kamar no 8 itu, saya membiarkan mereka duduk dahulu barang sebentar lah, menunggu pusing itu reda

JAM 05 : 10 wib
Siapa azan subuh ini tanya saya kepada santri kelas 3, mereka menjawab "muhaimin ustadz" Kata salah seorang santri kelas 3, bangun terus wudhu pergi ke musalla untuk azan karena waktu subuh sudah tiba, tanpa membantah dia langsung bangun pergi ke kran air di letaknya berdekatan dengan musalla "ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR" Suara peringatan atau pangilan untuk menghadap sang kuasa itu terdengar sangat merdu di lantunkan oleh santri yang bernama Muhaimin itu, santri mulai bangun dan pergi ke kran air untuk melakukan syarat sah shalat yaitu wudhu, mereka harus mengantri untuk berwudhu, itulah salah satu budaya santri di pesantren yaitu mengantri, itu yang di ajarkan di pesantren, makanya jangan heran kalau santri dimanapun mereka mengantri, itu yang ditanamkan oleh guru atau ustadz di pesantren, sesudah wudhu mereka tak tunggu lama langsung pergi ke musalla, itu karena semangat mereka dalam mencari ridha illahi sangat berkobar dalam hati mereka, imam hari ini salah satu ustadz senior di pesantren beliau akrab disapa dengan tgk simpang maplam(nama kampung di daerah aceh) karna beliau asalnya dari sana, "ALLAHU AKBAR" Dengan niat shalat fardhu subuh beliau memulai shalatnya diikuti dengan santri sebagai makmum "ALLAHU AKBAR", sampai ketika rakaat kedua pada posisi i'tidal beliau melakukan salah satu sunat dalam shalat subuh yaitu doa qunut, diikuti oleh santri atau makmum dengan mengaminkan doa qunut tersebut, sampai habis doanya, imam sujud beserta makmum, sampai di posisi tahiyat akhir imam mengakhiri shalatnya dengan lafadz assalamu'alaikum warahmatullah,tak lupa diikuti oleh santri atau makmum,

JAM 05 :18
selesai shalat berjamaah yang di pimpin oleh tengku simpang mamplam(nama sapaan ustadz di pesantren) sang imam melanjutkan dengan membaca istigfar 3 kali serta tak lupa diikuti oleh santri, sesudah beristigfar sang imam mengambil kitab yang diturunkan kepada sang revolusi alam berpangkat rasulullah (utusan allah swt) bertitel habibullah (yang dicintai oleh allah swt) yang dengan lahir beliau menjadi rahmat sekalian alam, mengapa begitu saya katakan? Pada masa itu sebelum lahirnya rasulullah ke muka bumi ini, para kaum kafir quraisy mereka hidup tanpa aturan, mereka saling membunuh, yang besar menganiaya yang kecil, mereka mabuk-mabukan, berjudi bahkan secara terang-terangan, begitu lahir sang mengubah pola pikir orang quraisy masa itu semuanya berubah spontan, sesudah itu sang imam memulai dengan ta'awud diikuti dengan basmallah pembacaan ayat suci al qur'an ingin di mulai sampai habis surah al waqiah, az zariyat, ar rahman, ditutup dengan ucapan "shadaqallahul 'azh'im, lalu dengan doa sesudah shalat serta di aminkan oleh ribuan santri

JAM 06 : 20
Sesudah selasai kegiatan shalat berjamaah di musalla kegiatan santri berikutnya adalah mengaji, tepat jam 06 : 20 santri mulai bergegas mengambil peralatan mengaji seperti ,kitab, buku, pulpen, pensil, sudah lengkap di bawa santri ke bale (tempat mengaji santri) mengaji pun dimulai dengan serentak dipimpin oleh sang guru atau ustadz, kurikulum mengaji di waktu Subuh adalah bahasa dan al qur'an, sang guru mengajar dan membimbing santri untuk bisa berkomunikasi bukan dengan bahasa lokal saja, dikarenakan santri juga bisa berinteraksi dengan manusia di seluruh dunia, dan membimbing santri agar bisa membaca Al-Quran dengan lancar dan fasih,
IMG_20200929_231644.jpg

JAM 07 : 30
Sesudah kegiatan mengaji saya akhiri dengan shalawat kepada Rasulullah saw, dan menyalami saya, sebagai tanda khidmat, sesudah itu saya melakukan kegiatan lagi yaitu belanja untuk peralatan di dapur, seperi bawang, cabe, alat sayur, dan semacam alat lainnya, sesudah membereskan semua itu, saya menikmati secangkir kopi pahit di warung kupi yang tak jauh dari kedai sayur itu, dengan sebatang rokok yang saya ambil dari bungkusnya, saya nyalakan korek, saya hisap dengan nikmat sebatang rokok malboro merah itu, sesudah saya minum kopi sampai tak tertingal airnya, saya langsung berangkat pulang ke pesantren untuk memberi alat dapur kepada bunda di dapur.
IMG_20200930_080517.jpg

JAM 08 : 10
Setelah saya memberikan alat dapur tadi, saya langsung ke kamar untuk mengambil piring karna saya sudah mulai lapar, saya memulai makan dengan ucapan basmallah serta doa hendak makan, sesudah habis nasi di dalam piring saya langsung mencucinya di kran air, saya merasa haus, saya minum air dua gelas

JAM 08 : 30
Saya masuk ke kamar dengan mengambil handuk untuk mandi karna saya mau berangkat kuliah pagi ini, saya langsung ke bak mandi serta membawa timba dan alat mandi lainnya, sesudah mandi saya langsung memakai baju serta memakai alat perawatan saya, saya memakai peci langsung berangkat ke ruang kuliah yang letaknya berdekatan dengan pesantren
IMG-20200920-WA0004.jpg

JAM 12 : 10
Sudah siang, sudah waktunya saya selesai kuliah saya langsung pulang ke pesantren dengan sepeda motor saya, saya langsung ke kantin untuk mengoreng gorengan untuk berjualan di waktu siang

JAM 12:30 wib.
Sudah waktunya shalat dhuhur, azanpun di dikumandangkan, kemudian saya bergegas ke mushalla untuk melaksanakan shalat zuhur bersama santri-santri, selesai shalat zuhur saya lansung kedapur untuk mengambil sepiring nasi, lalu saya pulang kebilek untuk beristirahat sejenak sambil menunggu waktu asar.

Jam: 16:00 wib.
Setelah shalat asar saya berolah raga bersama teman teman sambil menunggu waktu magrib tiba, setelah berolah raga saya langsung mandi karena jam pun sudah menunjuki jam 18.00 wib.
IMG_20200930_073305.jpg
Jam 19:00 wib.


Saya lanngsung naik ke mushalla untuk melaksanakan shalat mahrib berjamaah, sambil mengontrol santri-santri yang baca alqur'an, setelah selesai shalat magrib saya langsung belajar ngaji sama pimpinan pondok.

Jam 23:00 wib.
Setelah kami turun ngaji saya pergi ke kantin sebentar untuk minum segelas air dingin, tidak lama kemudian saya pun lansung pulang kebilek untuk beristirah karna jam pun sudah larut malam, inilah game diray saya mohon dukungan dari kawan-semua semoga saya tetap istiqamah dalam menulia. Khususnya buat @deksyech yang telah memberi semangat bagi saya untuk bergabung di platform ini.

Inilah cerita saya hari ini :

SEMUA GAMBAR SAYA AMBIL DENGAN SMARTPHONE REDMI 6


Salam @Rifki fatullah

Saya ucapkan Terima kasih kepada @anroja yang telah bersedia membantu saya

Terimakasih juga kepada :
@steemcurator08, @ernaerningsih, @muzack1, @inwi, @steem-indonesia, @puncakbukit, @nazarul, @ikhsan01 dan komunitas Asia Tenggara.

Sort:  

@rifkifatullah tetap menulis.
Oh ya..cerita sangat seru di baca. banyak ulasan yang bagus di dalam sana.

Anda bisa menekan tombol enter untuk merapikan tulisan. Untuk lebih detail kami siap memandu.👍
#diarydoctor
#indonesia

Terima kasih penilaiannya bg @nazarul, maaf saya baru pertama kali, saya sangat senang abg bisa mengoreksi saya ketika salah, saya harap sangat abg dengan senang hati memandu saya

Selamat berkarya, tetap semangat menulis di platform ini, semoga jaya dan sukses selalu Tgk apa .
#onepercent
#indonesia

Terima kasih @deksyeh sungguh saya ini semua karna doa anda

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Terima kasih @steemcurator08 semoga dukungan dan bimbingan dari anda tidak pernah pudar

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57451.97
ETH 3105.02
USDT 1.00
SBD 2.32