The diary game,better life [ 13 juni 2021 ] Berkebun dihalaman rumahku

in #betterlife3 years ago (edited)

Assalamualaikum sobat steemia

Selamat pagi saya awali kegiatan hari ini dengan merapikan halaman depan rumah dan memanen beberapa hasil dari bercocok tanam di halaman atau pekarangan belakang rumah dan melakukan stek pada tanaman buah naga .

20210613_071628.jpg

20210613_071642.jpg

Pada hari ini saya memetik beberapa buah tomat dan cabai rawit yang kami tanam di belakang rumah. untuk mendapatkan hasil yang lumayan banyak saya menggunakan pupuk MPK mutiara.Dan supaya daunnya tidak keriting saya melakukan penyemprotan menggunkan antracol 2 kali satu minggu secara teratur supaya semut dan jamur tidak bersarang.untuk pemupukan bisa kita lakukan 1 minggu sekali.Alhamdulillah cabai rawit saya berbuah lebat . agar buahnya banyak pohon cabai atau pohon tomat harus di tempatkan dibawah sinar matahari yang cukup.sejak saya menanam sendiri beberapa jenis tanaman di halaman belakang rumah saya dapat menggunakannya untuk kebutuhan sehari- hari.

20210613_104405.jpg

20210613_104328.jpg

Saya juga sering menghabiskan hari libur saya untuk kegiatan positif dan dapat sedikit menghemat uang belanja hasil dari panen cabai rawit tadi saya gunakan untuk memasak kuah asam keeung .Kuah ini merupakan salah satu masakan ciri khas aceh.Menggunakan bumbu-bumbu yang cukup sederhana diantaranya sebagai berikut : cabai rawit..bawang putih..kunyit...bawang merah..dan asam sunti . cara memasaknya juga sangat simpel yaitu dengan cara menghaluskan semua bumbunya kemudian kita campurkan langsung dengan ikan lalu tambahkan air dan dimasak sampai mendidih..ikan yang kita gunakan boleh menggunakn ikan apa saja...dan pada hari ini saya memasaknya dengan udang.

20210613_112315.jpg

Saya juga menambahkan potongan cabai hijau dan potongan belimbing sayur...rasa dari masakan ini sangat unik dan bervariasi terasa asam pedas dan gurih.ini adalah hasil dari masakan saya hari ini yang dihasilkan dari hasil tanaman di halaman rumah yang seadanya.sekarang saya akan berbagi cara stek atau memperbanyak tanaman buah naga dengan cara yang sederhana dan cepat .Kita hanya membutuhkan beberapa bahan saja diantaranya sebagai berikut.media tanam , polibed,dan beberapa potongan batang buah naga yang sudah tua.Caranya mudah potong batang tanaman buah naga sekitar 20 cm kemudian masukkan media tanam kedalam polibed lalu tusuk potongan batang tanaman buah naga .Satu polibed dapat kita tanam sekitar 3 batang tanaman buah naga agar dapart menghemat media tanamnya.Setelah beberapa minggu batangnya sudah mengeluarkan tunas baru kemudian dapat kita pindahkan langsung di tanah dan bisa kita naikkan ke pagar atau ke tempat yang kita inginkan.

20210613_071527.jpg

Demikian bebepa tips dan sedikit pengalaman dari saya . Semoga dapat bermamfaat bagi teman stemian sekalian.pada tulisan atau postingan saya selanjutnya akan membagi tips cara mengolah sendiri media tanam yang baik dan gembur dan terbebas dari semut dan jamur....untuk hari ini cukup sekian dan terima kasih semoga bermamfaat....indahnya berbagi ilmu walau sekecil biji sawi pasti akan mendapat balasan...teruslah membantu dan selalu ikhlas walaupun terkadang tidak mendapat balasan yang setimpal dengan yang kita lakukan ...intinya ikhlas dan ikhlas jangan pernah mengharap bayaran atau pujian.

Terima kasih
@anroja
@ernaerningsih
@radjasalman
@cicisaja
@heriadi

50 % hasil dari postingan ini saya donasikan untuk steem.amal

About me
@bundamonteski

Wassalam

Sort:  

Sangat bermanfaat tips nya buk..

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64290.64
ETH 3155.12
USDT 1.00
SBD 3.86