Kontes Bahagia Itu Sederhana 2: TLAM Membuat Mimpiku Menjadi NyatasteemCreated with Sketch.

in #bahagiaitusederhana6 years ago (edited)

received_1034792283218994.jpeg

Sebelumnya terimakasih pada @anggreklestari atas diadakannya Kontes Bahagia Itu Sederhana. Mengijinkan kita sharing tentang kebahagiaan yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat semua orang bahwa "Bahagia itu memang benar sederhana". Bahkan dari hal-hal kecil dan tak terduga.

"Dibalik Bingkai Kasa Formosa" itu adalah judul cerpen yang aku ikutkan lomba Taiwan Literature Awards For Migran (TLAM) season 2 tahun 2015, sebuah ajang bergengsi Tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Taiwan yang diikuti oleh 4 negara Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam . Cerpen itu berkisah tentang kehidupanku sebagai buruh migran di Taiwan. Kehidupan yang jauh dari kebebasan, hak-haknya yang dibatasi dan hanya sekedar penghias Job Agreement. Agensi yang kebanyakan berpihak kepada majikan daripada pekerja yang mestinya dilindungi. Tiga tahun aku menjalani kehidupan yang jauh dari dunia luar, tiga tahun tak pernah merasakan yang namanya hari libur seperti pekerja migran lainnya, tiga tahun berjuang melaksanakan ibadah secara sembunyi-sembunyi. Bagiku tiga tahun lalu di Kaohsiung adalah masa kelam dalam kehidupanku di Taiwan.
Cerpen yang aku tulis di sela waktu istirahat antara jam 11 hingga 12 malam selama 1 bulan. Kabar kemenangan itu benar-benar membuat aku tak sanggup berkata-kata hanya ucapan hamdalah yang tak hentinya aku lafadzkan.

FB_IMG_1441522161063.jpg

Menulis adalah caraku untuk tetap menjaga kewarasan karena jauh dari dunia luar. Beberapa bulan sebelum aku menyelesaikan kontrak kerjaku aku mendapatkan kabar bahwa naskah cerpen yang aku ikutkan lomba berhasil mendapatkan juara 1 dengan hadiah 100.000 NT atau setara 40 juta tahun 2015. Dan itulah kebahagiaan yang tidak akan pernah aku lupakan. Menjadi juara di lomba itu seakan membuatku sadar bahwa Tuhan masih sangat sayang padaku, mempertemukanku dengan banyak orang-orang Taiwan yang baik, jauh dari persangkaanku sebelumnya, mendengar cerita dari teman-teman Pekerja Migran lainnya yang ternyata mempunyai nasib yang lebih buruk dariku, mengharumkan nama Indonesia di luar negeri dan terutama menjadi kebanggaan bagi keluarga. Dan karena TLAM juga aku bisa berlibur ke Taipei, bisa menginjakkan kaki ke Masjid Kaohsiung, liburan pertama setelah 3 tahun tanpa akses dunia luar. TLAM benar-benar mewujudkan mimpi-mimpiku. Kebahagiaan itu harus diwujudkan dengan kesabaran, seperti halnya menunggu pelangi setelah hujan tiba.

FB_IMG_1441093881494.jpg

FB_IMG_1441089442388.jpg

FB_IMG_1441108354241.jpg

DQmYFpEtFGvQQ3jZz1HrWzAuFDnd3FYz3objrivVUahB1iL.jpeg

Salam hangat,
@dwiitavita

Sort:  

I WILL UPVOTE AND RESTEEM YOUR BLOG POST TO MY 35,000+ FOLLOWERS. JUST SEND 0.5 SBD OR 0.5 STEEM TO a-0-0 WITH YOUR BLOG POST WEB PAGE ADDRESS IN THE MEMO.

Mantap daaaah, nular nular

Aamiin
Asal bukan bapernya yang nular haha

Ternyata panjenengan, mba.. aku lha penasaran dari dulu. Siapa sebenarnya pemenangnya karena nama fbnya tak bisa dicari. Selamat ya... walau terlambat ngucapin.

Hee.. Terimakasih mbak yulianti. Itu dulu...dulu banget tapi menjadi sesuatu yang tak terlupakan

Selamat berbahagia selalu

Melihatmu tersenyum pun aku sudah bahagia mbak Nna

Yeayyyy!
Ksi-tw mulai beraksi!
Semangat untuk kontestnya Mba juara @dwiita.
Semoga saya bisa ketularan💛

Sudah ketularan bahkan mbak @ettydiallova berpuluh langkah lebih maju. Proud of you, konsisten terus

Ternyata ada logo TLAM di bahu mbak @dwiitavita😀

Hehe... Di mbak @ettydiallova juga ada lhoo mbak

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 62924.41
ETH 2436.05
USDT 1.00
SBD 2.52