ASYIK BERPUISI #1 || DUNIA PESANTREN

di dunia pesantren, kedipan pertamaku bermula. Adzan dan iqamah bergema sampai ke kamar sukma. Aku begitu bahagia.

dunia pesantren telah jadi mata dan hatiku. Aku dikenalkan siapa Rabbku. Dikenalkan betapa begitu fantastis ciptaan Rabbku. Bertapa rahman dan rahiem Allah takkan pernah tuntas diceritakan meski tujuh petala langit jadi kertas dan benua-benua jadi tinta untuk mengisahkan keserbamahaan Tuhan.

mushofahah.jpg
(Photo by 5antri.blogspot.com)

di dunia pesantren, segala begitu larut dalam khusyuk sampai kutuk hilang bentuk.

usbu-2015-pi.jpg
(Photo by al-amien.ac.id)

di pesantren segala ilmu berdatangan, lukisan kedamaian begitu anggun. Yang tersisa hanya keteduhan. Yang tumbuh hanya kebahagiaan. Yang rindang hanyalah dedaun pengertian.

Madura, 9 Juli 2018
@fathuramien31

Sort:  

MENGENAL PESANTREN LEBIH DEKAT
(Sebuah Esai Atas Puisi Berjudul Dunia Pesantren)
Oleh Moh. Ghufron Cholid (@mghufroncholid31)

Dunia Pesantren memang memiliki daya tarik tersendiri, yang ada serupa magnet. Dunia pesantren bagi saya merupakan cermin pendidikan yang artistik.

Membaca tulisan @fathuramien31 mengingatkan saya pada almamater tercinta TMI AL-AMIEN PRENDUAN salah satu pesantren muadhalah yang ada di ujung timur Madura, yang memiliki sistem pendidikan sendiri namun diakui oleh Depag dan Diknas.

Lembaga yang ada dan tercipta untuk mencetak mundzirul qaum. Lembaga yang mengajari santrinya Kompetensi Dasar (Komdas) yang diajarkan di dalam kelas dari jam 07: 30 WIB sampai jam 12:30 WIB dan Kompetensi Pilihan mulai jam 13:30 WIB Sampai 16:30 WIB.

Bagi yang masuk pondok berbekal ijazah SD/MI bisa masuk program reguler sedang yang masuk dengan ijazah SMP/MTs masuk program intensif namun jika memiliki IQ di atas rata-rata bisa mengikuti kelas akseleratif (kelas percepatan).

@fathuramien31 memilih puisi untuk berbagi pandangan tentang dunia pesantren agar bisa dikenal masyarakat luas yang belum mengenal pesantren dn bagi yang sudah familiar dengan dunia pesantren berfungsi sebagai pengingat.

Bait pertama mendeskripsikan bagaimana dunia pesantren menjadi dunia pertama yang paling anggun karena menjadi tempat di mana @fathuramien31 dilahirkan.

Di bait kedua @fathuramien31 mengenalkan bahwa dunia pesantren memiliki daya pikat tersendiri utamanya dalam mempertajam mata bathinnya dan mengenalkan betapa Tuhan begitu purna dan kreator tanpa tanding. Betapa rahman dan rahiem Allah tak dapat disangsikan dan takkan pernah usai diceritakan.

Bait ketiga menegaskan tentang keartistikan dunia pesantren, digambarkan sebagai dunia yang asing dan terasing dari kutuk semua larut dalam khusyuk. Yang ada hanya ketenangan dan kedamaian.

Bait keempat dipersepkan pesantren sebagai pendidikan alternatif yang bisa dicoba agar pendidikan karakter benar-benar nyata.

Jadi pendidikan karakter yang digembar gemborkan sudah lebih populer di dunia pesantren semenjak dahulu, di mana seorang kiai menjadi cerminan bagi tiap insan berbudi

Madura, 9 Juli 2018

Suatu kehormatan anda @mghufroncholid31 berkenan singgah dan mengapresiasi catatan saya dengan sudut pandang anda yang penuh informasi seputar dunia pesantren dan ini merupakan berkah yang patut saya syukuri.

Semoga steemian yang berlatar belakang pesantren bisa memberi warna di steemit ini sehingga khalayak semakin mengenal khazanah pesantren dengan ragam dinamika yang ada

Mari kita terus berkarya dan menyajikan konten kreatif

Insya Allah dengan senang hati

Saya sangat bahagia membaca postingan ini. Ingatan tentang pesantren tempat saya menempa ilmu agama kembali berkelebat.

Perjalanan saya nyantri di amtsilati jepara sampai lulus paska suatu petualangan keilmuan yang sangat mendebarkan.

Sayapun nyantri di Al-Khoziny mengikuti jejak abah dan kak saya, sampai saya lulus pasca sarja kemudian saya pulang ke kampung halaman.

Keterikatan saya dengan pesantren tetap berjalan anggun sampai sekarang. Kini saya dipercaya sebagai koordinator amrsilati jepara wilayah madura

Alhamdulillah semoga kehadiran anda menjadi rahmah dan berkah bagi kita semua yang menghuni steemit ini. Mabruk atas segala keilmuan anda semoga penuh manfaat

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63212.56
ETH 3233.70
USDT 1.00
SBD 3.88