Lukisan rumoh Aceh..

in #artgalery6 years ago (edited)

Salam perkenalan..
Nama saya adalah A Muhardinur..
Saya berasal dari Aceh dan saya sangat menyukai hal-hal yang berbau dengan seni ataupun seni lukis saya bekerja sebagai petugas security di Pertamina hulu energi wilayah Aceh,
Di samping saya sebagai seorang karyawan saya juga menyempatkan waktu saya pada hari hari libur untuk berkreasi dengan membuat lukisan dan saya jual.. sekarang saya juga ingin mencoba peruntungan saya melalui steemit.com ini.. bagi yang membaca tulisan saya ini yuk mari kita sama-sama untuk saling vote dan saling mendukung .. dan berikut adalah postingan perdana saya ..terima kasih ..

Aceh adalah salah satu suku bangsa yang ada diujung barat pulau sumatera dan merupakan bagian dari negara kesatuan republik Indonesia.
Aceh juga merupakan sebuah provinsi dengan beraneka macam suku di dalamnya lebih kurang ada sekitar 13 suku lainnya yang ada di Provinsi Aceh. Provinsi Aceh juga dikenal dengan beraneka macam adat istiadat seni dan budaya.
Salah satu ciri khas dari Aceh itu sendiri adalah rumah aceh atau rumah adat Aceh atau disebut juga dengan sebutan rumoh Aceh. Rumoh Aceh ataupun rumah adat Aceh itu berbentuk rumah panggung dengan mempunyai 20 tiang utama dan tinggi lantai dari tanah sekitar 2 meter.
Rumah aceh biasanya menghadap ke arah barat ataupun ke arah kiblat umat Islam dan di dalam rumah aceh itu sendiri terdapat dua buah serambi atau dalam bahasa Aceh disebut seuramou dan 1 buah kamar yang disebut rumoh ineong, rumoh ineong itu sendiri letaknya lebih tinggi daripada lantai rumah dan di depannya terdapat 1 buah jendela yang menghadap ke arah barat serta untuk naik ke atas rumah harus melalui tangga yang terdapat di depan rumah.
Namun demikian untuk saat ini sudah sangat jarang dijumpai rumah aceh di dalam wilayah Aceh itu sendiri, kalaupun ada mungkin hanya ada 1 ataupun 2 rumah saja yang ada di setiap kecamatannya. Bagi siapa saja yang ingin melihat Wujud ada di rumah aceh itu mungkin bisa berkunjung ke Museum Aceh di Banda Aceh ataupun ke rumah Cut Mutia yang letaknya di kampung Pirak Matangkuli Aceh Utara.
Sebagai bentuk dari apresiasi saya terhadap budaya Aceh khususnya rumah aceh itu sendiri berikut saya tampilkan sebuah hasil karya tangan saya sendiri yaitu sebuah lukisan rumah aceh yang saya lukis sendiri di atas sehelai kain dengan menggunakan cat minyak ataupun oil painting.
IMG_20180201_122152.jpg

Sort:  

Is it weird that I only poop once a week?

Selamat join di Steemit @moehargalery! Suka anda join.. upvote yah.. :-)

Oke terima kasih..

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 58971.18
ETH 3225.83
USDT 1.00
SBD 2.29