Beauty Of West Sumatra For New Modified Batik Doodle (Bilingual)

in #art6 years ago (edited)

What do you see and think about when you visit a place, another region or countries? I always like to see all the history and culture, especially everything related to literature, art, and they way of their living. I am not fond of going to the places where I think all tourists will visit, I prefer to enjoy the real beauty of every place I go by going to the villages and meet the people. I can learn a lot and that is why I never think about buying the souvernirs, I just want to learn and get all the best of them from seeing, listening, touching, and talking. But, if we are from all over the place in my country and all the countries that I visit. It talks a lot, not only about the history and culture, but also their philosophy of life, their way of thinking and how they live, their situation and condition, even the climates.

Apa yang Anda lihat dan pikirkan setiap kali berkunjung ke sebuah tempat, daerah atau negara lain? Saya selalu suka melihat semua yang berhubungan dengan sejarah dan budaya, apalagi yang berhubungan dengan sastra, seni, dan bagaimana kehidupan mereka. Saya tidak tertarik pergi ke tempat yang banyak dikunjungi turis, saya lebih menyukai kecantikan yang sesungguhnya dari setiap tempat yang saya kunjungi, karena itu saya lebih suka pergi ke kampung-kampung atau pelosok dan berjumpa dengan banyak orang. Saya bisa belajar banyak dan karena itu saya jarang sekali beli oleh-oleh, saya hanya mau belajar dan mendapatkan semua yang terbaik lewat apa yang saya dengar, lihat, sentuh, dan bicarakan. Namun, jila berhubungan dengan kain tradisional, itu lain cerita. Saya memang koleksi kain-kain tradisional dari berbagai daerah, baik dari indonesia maupun seluruh tempat di dunia ini yang saya pernah kunjungi. Setiap kain yang saya belu, bukan hanya bercerita tentang sejarah dan budaya, tetapi jua filosofi kehidupan, cara mereka berpikir dan hidup, situasi dan kondisi mereka, bahkan cuaca dan udara tempat mereka tinggal.

IMG_20180902_141444.jpg

When I was still teenager, my family stayed in Padang, West Sumatra. We had a house over there and I love to visit them at least once a month. I do really love everything about Minangkabau culture, the main and dominant tribe over there. As we know, they have Rendang which recognized as the most delicious dish in the world according to CNN Travel. Actually not only Rendang, almost all of their dishes are terribly delicious! They also welknown for their traditional fabric called Songket, it is waved by traditional waver with specific patterns and yarns. The most famoust place to get this songket is near Bukittinggi, in the village called as Pandai Sikek.

Sewaktu saya masih remaja, keluarga saya pernah tinggal di Padang, Sumatra Barat. Kami memiliki rumah di sana dan saya sering sekali berkunjung, paling tidak sebulan sekali. Saya sangat suka segala sesuatu yang berhubungan dengan budaya Minangkabau, suku yang paling utama dan dominan di sana. Seperti yang kita ketahui, mereka punya Rendang yang diakui sebagai masakan terlezat di dunia versi CNN Travel. Sebenarnya bukan hanya Rendang, hampir semua masakan mereka benar-benar enak! Mereka juga terkenal dengan kain songket yang sangat khas, ditenun oleh para penenun tradisional dengan pola dan benang yang khusus. Tempat yang paling terkenal untuk membuat songket ini ada di daerah Bukit Tinggi, bernama Pandai Sikek.

I remember I was stunt by the way they make this songket, I even stay for awhile to learn more about it. I asked my dad to get me one of their loom, but he against it because it is too big, it will be very difficult to take it to my house in Jakarta at that time, and we need another room to put it. I was so sad, but my dad gave me a present. He personally asked one of songket maker to create a very special songket, just for me. It is white combined with silver yarn, and the pattern is also so spesific, the one that I like the most. He paid a lot of money for that songket, but he knew I would be very happy and will love to wear it for my wedding. I did and I still keep it until today, it is so presious for me!

Saya masih ingat bagaimana saya begitu terpesona dengan cara mereka membuat songket, saya sampai tinggal beberapa lama untuk mempelajarinya. Saya pernah meminta papa saya untuk memiliki alat tenun mereka, tetapi ditolak karena terlalu besar, sehingga terlalu besar untuk diangkut ke Jakarta, ke rumah saya saat itu, dan pastinya butuh tambahan ruangan untuk menyimpannya. Saya sangat sedih tetapi papa memberikan hadiah terbaik. Beliau secara khusus meminta salah seorang pembuat kain songket untuk membuat sebuah songket yang hanya dibuat khusus untuk saya. Dibuat dari benang putih dan perah, polanya juga khusus, pola yang paling saya suka. Dia membayar mahal untuk sepotong kain songket itu, tetapi beliau tahu pasti aya akan suka dan akan mengenakannya untuk pernikahan saya. Ya, saya memang memakainya kemudian dan saya masih menyimpannya hingga saat ini, songket itu amat sangat berarti bagi saya.

I am glad I will go to Padang again next month , it has been more than 2 years since the last time I went over there. I have special events with @oracle-d, @starkerz, and @anarcotech. They are going to meet a lot of important people, potential investors, as well as to have open class at one of the most welknown University in Padang, Andalas University. That is why I make this drawing, I want to print it on T-shirt, because I don’t have enough time to print it with batik. I will do it later. I want to give it to my special long best friends in Padang, who took me and my friends from Australia, United States, and French, to a lot of places around West Sumartra to learn more about Minangkabau culture and history.

Saya senang karena akan segera pergi lagi ke Padang bulan depan, sudah lebih dari dua tahun saya tidak ke sana. Saya ada acara khusus bersama )racle-d, @starkerz, dan @anarcotech. Mereka akan berjumpa dengan orang-orang penting, investor potensial, dan juga akan ada kelas terbuka di kampus terkenal di sana, yaitu universitas Andalas. Inilah sebabnya mengapa saya membuat gambar ini, saya ingin membuat kaos dari gambar ini, kalau dibuat batik tidak akan sempat. Saya ingin memberikannya kepada para sahabat lama di sana, yang membawa saya dan teman-teman saya dari Australia, Amerika, dan Perancis ke berbagai daerah seputar Sumatra Barat untuk belajar banyak tentang budaya dan sejarah Minangkabau.

This is the process how I did it. I hope you like it.

Inilah cara saya membuatnya. Semoga Anda menyukainya.

IMG_20180902_004853.jpg

IMG_20180902_022307.jpg

IMG_20180902_141408.jpg

Bandung, 6 September 2018

Warm Regards – Salam hangat selalu,

Mariska Lubis

Sort:  

This post was shared in the Curation Collective Discord community for curators, and upvoted and resteemed by the @c-squared community account after manual review.

Your post has been upvoted by CELF, a curation project for visual, plastic and performing arts, music, and literature, we will share it so it can receive more upvotes :). Drop by at our discord server!: https://discord.gg/fC5jcDF


Hanya tangan-tangan terampil yang bisa membuat lukisan sekeren ini. Mbak @mariska.lubis memang sosok wanita hebat bertalenta. Dan malam ini saya juga baru tau kalau mbak mariska pernah tinggal di Padang.
Selamat beristirahat mbak mriska😊

Cakep banget teh @mariska.lubis

Posted using Partiko Android

alhamdulillah, terima kasih.

Sebuah kenangan yang bersejarah pastinya buat kakak @mariska.lubis
Seni yang menyatukan jati diri sebuah bangsa.
Sebuah seni yang uang menggentarkan jiwa.
Hasil akhir doodle nya sangat eksotis kakak, saya apresiasi penuh untuk karya -karya kakak yang luar biasa dan berkharakter ini.
Oya kakak apakah itu "Tikuluak " ?
Penutup kepala wanita minang kabau!
Terimakasih kakakku
Salam hangat dan Sehat selau bersama keluarga.
Semangat untuk program nya di bulan depan bersama investor steem luar negri.
Saya mendukung penuh

Terima kasih, saya pikir kita semua harus terus belajar dan menjaga jati diri kita. Bukan kemudian lalu juga kaku dan menolak segala dari luar, kita bisa selalu petik apa yang terbaik untuk diri kita saat ini dan nanti.

Ya, itu penutup kepala perempuan Minang.... Salam hangat selalu.

dengan mempelajari sejarah kita dapat menambah pengalaman apalagi masalah seni,,saya juga sangat menyukai seni @mariska.lubis

seni itu bukti peradaban...

Sangat benar kak @mariska.lubis, dan seni juga bagian dari hidup

gambarnya unik gitu @mariska.lubis
akunya baru ngeh kalau ternyata batik cantik dipadukan dengan gambar seorang penari

Hehehe.... setiap orang sebaiknya memang punya ciri khas dan menemukan teknik sendiri dalam berkarya, dan memang saya senang memadukan doodle dengan batik.

Wah hebat ka mariska karyanya cantik2

Posted using Partiko Android

alhamdulillah, terima kasih.

Wah hebat ka mariska karyanya cantik2

Posted using Partiko Android

Karya yang bagus dan cantik
Kak @mariska.lubis hebat 😊👍

Posted using Partiko Android

amin, terima kasih...

Aamiiin...
Sama-sama kak

Posted using Partiko Android

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.033
BTC 62549.96
ETH 3022.14
USDT 1.00
SBD 3.67