Portrait Painting @anomadsoul With Mixed Media Coffee And Watercolors

in #art6 years ago (edited)

Dear Steemian!!

It's been a whole week I have not continued my coffee painting study. I think it's been so long, I’m lack the idea to paint if there is no contest that I join. Today I want to continue again my coffee panting study #10 and I make it look different from before, here I tried to mix the coffee and watercolors.

Sudah seminggu penuh saya belum melanjutkan study coffee painting saya. Saya rasa itu sudah sangat lama, saya kekurangan ide untuk melukis jika tidak ada kontes yang saya ikuti. Hari ini saya ingin melanjutkan lagi study coffee panting #10 dan saya membuatnya tampil berbeda dari sebelumnya, disini saya mencoba untuk mencampurkan media kopi dan cat air.

The idea of using this mixed media comes from @mariska.lubis who has advised and taught me how to use coffee and watercolors on paper. During this painting process, I consulted step by step until completion. Therefore, I am very grateful to her who has taken the time to guide me. As we know, how busy she is as the coordinator of the 1st National Meet Up event the day after tomorrow in Bandung.

Ide menggunakan mixed media ini berasal dari kak marika.lubis yang telah memberi saran dan mengajariku bagaimana teknik penggunaan kopi dan cat air di media kertas. Selama proses melukis ini, saya melakukan konsultasi dari tahap ke tahap hingga selesai. Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih pada kak mariska yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing saya. Sebagaimana kita tahu, bagaimana kesibukannya sebagai koordinator pada acara 1st Meet Up National dua hari lagi di Bandung.

In this study #10, I want to paint a Portrait of @anomadsoul who is very familiar in steemit and also as an OCD Curator. Don’t take it wrong, this is just my gratitude for him who has helped so many steemians around the world. All steemians certainly know how kind he has been. Therefore, I am interested to paint his portrait in coffee painting study #10.

Pada studi yang ke 10 ini, saya ingin melukis potret anomadsoul yang sangat familiar di steemit dan juga sebagai kurator OCD. Bukan bermaksud apa-apa, tapi ini sebagai bentuk terima kasih saya kepadanya yang telah banyak membantu semua steemian di seluruh dunia. Semua steemian pastinya tahu bagaimana kebaikannya selama ini. Oleh karena itu saya tertarik untuk melukisnya di coffee painting study #10.

image

Medium and Progress

The media I used in this painting are 1 cup of coffee, 2 sachet of nescafe classic, brush, watercolor white, black , vermillion and lyra paper sized A3 (30x40 cm). Actually, I've never tried mixing coffee and watercolors. so this is my first experiment using this medium.

Adapun media yang saya gunakan dalam lukisan ini adalah 1 gelas kopi, 2 bungkus nescafe, kuas, cat air warna putih, hitam dan vermillion serta kertas lyra ukuran A3 (30x40 cm). Sebenarnya, saya memang belum pernah mencoba mencampurkan media kopi dan cat air. jadi ini percobaan pertamaku menggunakan media ini.

image

Before I started painting, the first thing I did was make a background with a mixture of coffee and white watercolors but not too thick. When it's done, I dry it under the sunlight

Sebelum memulai melukis, hal pertama yang saya lakukan ialah membuat latar dengan campuran kopi dan cat air warna putih namun tidak terlalu tebal. Setelah selesai, saya menjemurnya dibawah sinar matahari.

image

Furthermore, I made a sketch with a mechanical pencil. in portrait painting, this is the point. Making a sketch must be in appropriate proportions. We can use the grid if we want more accurate. But here I only used the eye projection method or approximately technique.

Selanjutnya, barulah saya membuat sketsa dengan pensil mekanik. Dalam melukis portrait inilah intinya. Membuat sketsa harus benar-benar teliti agar proporsinya sesuai. Kita bisa menggunakan grid jika ingin lebih akurat. Namun disini saya hanya menggunakan metode proyeksi mata atau teknik kira-kira.

image

If the sketch is finished, I started paint from the top of the hair. Then eyebrows, eyes and nose. I added a little black to make the hair look darker.

jika sketsa sudah selesai, saya mulai melukis dari bagian atas yaitu rambut. selanjutnya alis, mata dan hidung. Saya menambahkan sedikit warna hitam agar rambut terlihat lebih gelap.

image

After that, I continued again on the other dark part of sideburns and beard still with the same mixture.

Setelah itu saya lanjutkan lagi pada bagian gelap lainnya yaitu cambang dan jenggot masih dengan campuran yang sama.

image

Then I painted his mustache, his lips and his teeth. in the lips and gums, I made it with a light color except in the inner gums. In the teeth, I added a little white.

Kemudian, barulah saya melukis kumis, bibir dan giginya. Di bagian bibir dan gusi, saya membuatnya dengan warna yang agak terang kecuali di gusi bagian dalam. Pada bagian gigi, saya menambahkan sedikit warna putih.

image

Finally the head was done. Next, I painted his shirt. In this section I mixed coffee with vermillion colors to look reddish brown like the reference image. I blocked everything first.

Akhirnya bagian kepala selesai. Selanjutnya saya melukis bajunya. Di bagian ini saya mencampurkan kopi dengan warna vermillion agar terlihat coklat kemerahan seperti gambar referensinya. Saya membloking semuanya terlebih dahulu.

image

After that, the colors that I had mixed, I added a little black color more and the most thick of coffee to paint the darker shadow.

Setelah itu, cat yang tadinya sudah saya campurkan, saya tambahkan lagi sedikit warna hitam dan kopi yang paling kental untuk melukis bagian bayangannya yang tampak lebih gelap.

image
image

The last step was to make the background. Initially, I made it brighter, but after get some advices from mariska lubis so I made it darker. In order to look patterned, I created a freckle pattern using the styrofoam that I found on the street before I started the process.

Tahap terakhir ialah membuat background, awalnya saya membuatnya lebih terang, tetapi setelah dapat saran dari kak mariska akhirnya saya membuatnya lebih gelap. Agar terlihat bermotif, saya membuat pola bintik bintik dengan menggunakan gabus yang saya temukan di jalan sebelum saya memulai proses.

image

image

In the end, I could finish this painting after spending 10 hours. Probably because I have not been too experienced in painting with these medias. But I was very happy and enjoyed it although the painting was still many shortcomings. I really like it because this is the result of my hard work.

Akhirnya, saya bisa menyelesaikan lukisan ini setelah menghabiskan waktu selama 10 jam. mungkin karena saya belum terlalu berpengalaman dalam melukis dengan media ini. saya sangat senang dan menikmatinya walaupun lukisan masih banyak kekurangan saya sangat menyukainya karna ini hasil kerja kerasku.

That's all my painting progress, hopefully you like my work and inspired to try it too.

Join Steemfollower to get upvote back for upvote. It's free, simple, and easy to find all content that you what to upvote and ge back yur own content seen more users and possibly upvote. But you must upvote at least 5 post that you like everyday, otomatically our related post will be displayed.

Thanks for reading and waiting for my next post.

Regard @huslein.slash

#thealliance

Sort:  

tiada yang sia-sia, mungkin ini adalah waktunya bercerita dari sekian masa yang telah lama mencoba hingga menjadi seperti hari ini... 👍

Hahaha ya pastilah @rski. Namanya proses yg pasti ada hasil.

ya, keep it up bro...

Hi @husein.slash! Postinganmu yang berkualitas ini berhasil ditemukan oleh Team kurator bahasa Indonesia OCD!

Balas komentar ini jika Anda bersedia postingan ini untuk dibagikan.Dengan menyutujui hal ini,anda mendapatkan kesempatan untuk menerima reward tambahan dan salah satu gambar dari postingan ini akan kami gunakan dalam kompilasi harian kami.

Ikuti @ocd- untuk mengatahui project kami lebih lanjut dan membaca postingan berkualitas yang lainnya.

Yeah saya bersedia @mariska.lubis. Terima kasih banyak.

selamat @huslein.slash akhirnya cita-cita mu tercapai juga. sekarang kamu semakin dekat dgn puncak.

Terima kasih banyak @syakara. Semoga aja ke dpan lbih bgus lagi.

Kapan-kapan saya ingin dilukis bersama istri deh. Hehehe

Mantap

Iya boleh aman itu bg @tusroni

Very nice and good work.

Sanagt bagus,saya benar2 kagum dengan kemampuan anda

Ya terima kasih bg @paya

Hebat bangget! Your art is incredible. Glad to support an Indonesian Steemian. Semoga sukses!

Thank so much @sumatranate, I'm happy with your respond on my post.

Sang sigeu duk 5 glah abeh Kupi hehe

Pasti bg. Nyoe hitung2 mndum na 15 jeum pgotnya, byangkan pdum boh glah kupi. Haha laen untuk melukis lain untuk jep kdang pih salah2 celup. Hahaha

Good drawing and I learned that you can paint with coffee. cool :).
Will your drawing bleach out?

Thank you so much, i like to paint with coffee

Pagi saya kehabisan kopi nih, ternyata semalam dibuat berkarya sama Bang @huslein.slash😅😅😅

Hahaha kak @ettydiallova bisa aja.. Makasih ya..

Coffee??? Wow! Excellent work!

Yeah coffee and watercolor @djynn. Your works too . Thanks you

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 66565.59
ETH 3503.87
USDT 1.00
SBD 2.72