[Tumpeng] - Rice and side dish in the form of cone / Nasi dan lauk berbentuk kerucut

in #art7 years ago (edited)

Happy Thursday

image


IND

Tumpeng adalah cara penyajian nasi beserta lauk-pauknya dalam bentuk kerucut; karena itu disebut pula 'nasi tumpeng'. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk.

Cara penyajian nasi ini khas Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa dan biasanya dibuat pada saat kenduri atau perayaan suatu kejadian penting. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia mengenal kegiatan ini secara umum.

Tumpeng biasa disajikan di atas tampah (wadah bundar tradisional dari anyaman bambu) dan dialasi daun pisang.
Sumber


ENG

Tumpeng is a way of serving rice and its side dishes in cone form; Because it is also called 'rice cone'. Processed rice is generally used in the form of yellow rice, although often also used ordinary white rice or rice uduk.

This way of serving rice is typical of Java or Betawi people of Javanese descent and is usually made at the time of festivity or celebration of an important event. Nonetheless, Indonesians recognize this activity in general.

Served on a regular cone winnowing (traditional round container made of bamboo) and covered with banana leaves.

20170815_021029.png

20170815_021015.png


Terimakasih banyak / Thank you very much 😊

follow @fahmidamti

image


Sort:  

Luar bisaa...gambar tumpengnya membuat saya lapar lagi, dan gambar esteem yang diatas dan paling bawah sangat kreatif, ada baju adatnya...kreatif sekali.., seperti itulah kita harus menonjolkan diri.., kalo orang jawa baju khas jawa dan blangkon nya...kita aceh juga harus memperlihatkan keistimewaan adat kita, dan bukan untuk dibeda-bedakan tetapi sebuah khasanah kekayaan budaya indinesia..

Benar bang @slempase
Sengaja saya membuat logo desain saya sendiri tentang kepribadian kita orang Aceh di platform steemit..
Jika anda berkenan akan saya buatkan untuk anda logo tersebut. Adapun logo terakhir saya buat untuk menghormati kemerdekaan kita warga Negara Indonesia ke 72 tahun..
Berhubung nasi tumbengnya sudah habis, saya tidak bisa untuk menawarkan anda menikmatinya, maaf jika sudah membuat anda lapar 😂

Saya mau sekali bang fahmi..., langsung saya japri ke fahmidamti ya..

Kreativitas yang luar biasa...
Makanan khas daerah nasi tumpeng...
Sukses selalu @fahmidamti...

Terimakasih banyak tgk @boyelleq
Senang melihat anda hadir di postingan saya

nice food...

Thank you very much

Saya jadi lapar....
Nice post @fahmidamti

Terimakasih banyak @indazu
Jika anda lapar akan saya undang anda untuk makan nasi tumpeng di rumah saya esok hari 😃

Terima kasih atas undangannya @fahmidamti.
Saya akan memenuhi undangannya jika besok saya masih merasa lapar.hihihi.

Tentu teman 😊
Kabari saya jika masih ingin di penuhi rasa kelaparan esok harinya😃

Oke oce...

Lon fans lon keu droneuh bg famhidamti.
Mardeka.
Salam dari abu

Makasih beurayek that abu, pakon neu fans keu lon emang jih..😂

Sebab droneuh kan..beda ngen tgk jal.
Droneuh itam boh salak. Nahh..eheheh..

Ha ha, kamo emg mandum hana hi abu.
Menyo meusapat hana neupateh adoe adun 😂

Lon barosa karap jeut dawa ngen tgk jal.hahaha..
Gara2 droneuh..ehehe

Ha ha, biasa nyan na igob-gob abu..
@muhammadzairil nyan diwateuh tgk rizal lom, adun lon sit 😂

Kapan2 lah taduk.oke.
Nak lebeh dekat lom.heheh

Www, makanan yg lezat bg :D

Terimakasih @atta09 atas komentarnya

Sama sama bg fahmi ;)

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by fahmidamti from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews/crimsonclad, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows and creating a social network. Please find us in the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

Salah satu makanan unik asli Indonesia. Bangga menjadi orang Indonesia. Nice post..

Benar bang @junaidikl
Berbagai suku dan budaya yang dimiliki oleh negara kita Indonesia termasuk makanan pun memiliki bentuk, ciri khas, dan citra rasa masing-masing.
Terimakasih telah hadir di postingan saya 😊

mangat that hi, hawa teuh,, haha

Ha ha, menyo hawa lon bi keudroe neuh 😃

Congratulations @fahmidamti! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of posts published
Award for the number of comments received

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

By upvoting this notification, you can help all Steemit users. Learn how here!

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64400.33
ETH 3140.71
USDT 1.00
SBD 3.93