(Sketchbook Story 28) Jaipong !

in #art7 years ago (edited)

IMG_20180313_172359_1-01-01.jpeg

Hola Steemian!

Pasti sudah tahu kan maksud dari gambar yang saya buat? Ya, seorang perempuan yang sedang melakukan gerakan Tarian Jaipong.
Hari ini, tangan saya gatal ingin menggambarkan salah satu tarian tradisional, terpilihlah Jaipongan, hehehe.
Yuk, baca lebih lanjut dan lihat proses gambarnya!

Sejarah

Tarian Jaipong atau Jaipongan ialah tari pergaulan tradisional bagi masyarakat Sunda, Karawang, Jawa Barat, tarian ini sangat populer di Indonesia. Jaipongan sendiri terlahir melalui proses yang kreatif dari tangan H. Suanda sekitaran tahun 1976 di Karawang.

Jaipongan adalah gabungan dari beberapa elemen seni tradisi karawang seperti seni pencak silat, wayang golek, ketuk tilu dan topeng banjet. Pertumbuhan Jaipongan sangat pesat, di mulai pada tahun 1976, ditandai dengan munculnya rekaman jaipongan dari Suanda Group yang memiliki instrumen sederhana terdiri dari gendang, kecrek, ketuk, gong, rebab dan sinden atau juru kawih. Dengan media kaset rekaman tanpa label, Jaipongan mulai didistribusikan secara swadaya oleh H. Suanda di wilayah karawang dan sekitarnya. Tak disangka-sangka, Jaipongan mendapat sambutan hangat oleh masyarakat dan selanjutnya jaipongan menjadi sarana hiburan masyarakat karawang. Baca lebih lanjut

Nah, sekarang saya ingin menjelaskan bagaimana proses gambarnya.

Pertama

Saya membuat sketsa dengan menggunakan pencil HB, agar tidak terlalu tebal karena nanti akan ditebalkan dengan menggunakan drawing pen.
IMG_20180313_160424-01.jpeg

Kedua

Nah, setelah proses sketsa menggunakan pensil selesai, saatnya drawing pen yang beraksi untuk menebalkan gambar. Saya gunakan drawing pen ukuran 0.1 dan 0.3.
Selain itu, saya menambahkan pola dan detail yang lain agar lebih terlihat full.
IMG_20180313_161052-01.jpeg

IMG_20180313_162454-01.jpeg

IMG_20180313_163549-01.jpeg

Ketiga

Mengecat! Waw, untuk yang ini, saya baru pertama kalinya mencoba. Menggunakan cat air, sebelumnya saya hanya menggunakan drawing pen, pensil kayu warna, cat minyak, kopi sanger, dan coklat. Kali ini saya ingin mencoba menggunakan cat air. Setelah saya mencobanya, ternyata saya sangat menyukainya! Mungkin untuk karya-karya selanjutnya pada Sketchbook Story saya akan memakai cat ini, dan bahan lain.
IMG_20180313_164127-01.jpeg

Ini adalah karya pertama di Sketchbook Story yang saya warnai, mungkin belumlah sempurna dan saya harus sering berlatih untuk mendapatkan gradasi warna yang lebih bagus.
IMG_20180313_165232-01.jpeg

Bagi para Steemian yang hobi menggambar dan telah ahli dalam memakai cat air, saya harap dapat membantu saya dalam berlatih, hehehe
IMG_20180313_171704-01.jpeg

Hasil!

Setelah semuanya di cat, ini adalah penampakan hasilnya :D
Semoga kalian menyukainya!
IMG_20180313_172359_1-01.jpeg


Thanks for visiting! 😻

Please upvote, and follow me on @cutthara, any comments and suggestions please write below. I hope for the good of my next work :)
IMG_20180307_232649.jpg
U5dsESoz2cpZFxwecHtLYHKguQitou3_1680x8400.jpg


Sort:  

Luar biasa sebuah lukisan yang unik juga karya bagus sukses terus buat kamu kak @cutthara

Terimakasih :)

Bagusnyaaa 😍😍😍, thara kyknya nsa ada lht kmu d pestanya istinandari. Btul gak sih #takutsalahorang 😂

Terimakasih :))
Wah, iyaaa.. knapa gak negur kak? Hehe
Temennya isti atau sodaranya?

Jgn pggl kak, mgkn kita sebaya 😂. Teman SMA, haha gk berani negur takut salah orang 😁

Oh ya ampun, mau nya kan negur sesama steemian 😹

Hahah ketemu lain kali ya, kbri klau lgi d lhok 😄

Okeokeee 😸

Cantek liiii

Makasi kakamiraaa 😸

Bagusss. Tp Mahkota n pakaian nya bukan khas sunda. Atau sengaja? Hehe

Haha slalu detail kalo ngeliat,
Iya bang, sengaja memang. Cuma gerakannya aja yang Jaipong,

Sungguh berupa dianya merupakan sebuah adanya gambar yang dan kemudian sangat indah dipandang mata.

Hahahaha udah kayak vicky prasetyo ngomongnya ya 😸
Makasi bang

whoaaaaaaa, indahnya lukisan, banyak yang upvote.

Hehe terimakasih kembaran ned scott 😸

hahahaha, nggak dilihat sama Ned Scott kalau dia punya kembaran.

Keren dan cantik bnget gambarnya, ohya jangan lupa singgah ke akun saya ya, saleum aneuk aceh.

Terimakasih :)

Cantik syekali😍😍

Makasi ikikaaaan 😽

Tarian yang bernama seorang lelaki...

Haahaha benar juga

Seperti juga nama Ikan Mujahir...

Hahahaha mujair baaang 😹
Tapi boleh juga lah hahaha

Good job sis

Thanks bang, selamat bergabuuung 😺

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62647.29
ETH 2439.61
USDT 1.00
SBD 2.66