Ark Green kontes Periode 4 # Menanam Pohon Jambu Biji Merah

in #ark5 years ago (edited)

Selamat malam sahabat steemian... Apakabar hari ini..tak terasa kontes menanam telah berjalan periode ke 4 yang di sponsori @jarunik dan ark ecosystem. Tak mau ketinggalan juga saya berusaha ikut meramaikan dan turut serta andil bagian untuk dapat menghijaukan bumi kita. Hari ini saya menanam pohon buah jambu biji merah. Alasan saya menanam pohon jambu biji merah karena pohon ini merupakan pohon yang sudah mulai langka dan juga memiliki banyak manfaat diantaranya dari sisi buah. Ketika jambu ini sudah matang dan berwarna merah bisa di bikin jus jambu biji, jus ini sangat bermanfaat membantu mengobati penyakit demam berdarah karena didalam terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi serta mampu menaikkan trombosit.

Kemudian selain buahnya juga daun jambu biji (pucuk jambu biji) yang masih muda juga memiliki khasiat obat untuk mengobati mencret atau diare, caranya ambil 3 pucuk daun jambu biji merah yang masih muda lalu campur dengan sedikit garam dapur setelah itu dikunyah (di makan ). Lakukan rutin sehari 3x sampai sembuh.

Berikutnya manfaat batangnya, batang jambu biji merah termasuk tanaman keras. Kayunya kokoh tak mudah roboh bila tertiup angin. Batang pohon ini bila sudah kering dan tua bisa dibuat ulekan cabe juga berapa kerajinan lain yang terbuat dari kayu jambu biji dan juga dulu saat saya masih anak-anak kayu yang sudah tua saya buat mainan gangsing. Dan dikampung biasanya ranting -ranting yang sudah kering di gunakan sebagai kayu bakar.

Langkah menanam pertama saya ambil bibit pohon jambu merah yang bagus.

IMG_20181108_145404.jpg

Setelah itu mencari lokasi untuk menanam. Lokasi yang akan jadikan tempat untuk menanam pohon adalah di lokasi taman bermain anak dilingkungan RW.14 Bukit Waringin bogor dekat rumah tinggalku.

IMG_20181108_152154.jpg

Setelah itu proses penggalian tanah untuk persiapan penanaman.

IMG_20181108_152300.jpg

Setelah lubang media tanam dirasa sudah cukup dalam maka saya bawa bibit pohon yang ada di rumah menuju lokasi.

IMG_20181108_145622.jpg

Selanjutnya tahap akhir saya tanam pohon jambu biji tersebut di lokasi taman bermain Rw.014 Dengan pelan -pelan pohon saya tanam sedikit demi sedikit lobang di urug dengan tanah dengan hati -hati agar pohon tidak rusak dan juga stress

IMG_20181108_152504.jpg

Proses terakhir selesai pohon jambu siap menambah ragam tananam melengkapi taman lingkungan RW.014 Bukit Waringin Bogor.

IMG_20181108_152728.jpg

Alhamdulillah penanaman selesai tadi sore. Saya tanam sekitar jam empat sore di lingkungan perumahan Bukit Waringin Bojonggede Bogor

Terima kasih kepada @jarunik yang telah mensponsori terselenggaranya kegiatan menanam agar bumi tetap tersenyum hijau
Tak lupa pula saya ucapkan salam hormat terima kasih kepada dewan juri @happyphoenix dan @syarrf , @hadipedia yang telah berkenan menyelenggarakan kegiatan ini agar masyarakat Indonesia pada khususnya serta masyarakat dunia mulai sadar dengan lingkungan dengan cara menanam pohon dan menjaga bumi dari kerusakan.

Terakhir saya mengajak sahabatku @sipitung dan @maryamalda untuk mengikuti kontes ini.

My Address dompet Ark
AYjxmJYasWWSuUCGjTpuotEHXvQvbkcUi1

Sort:  

Mantab Bro, teruskan menanam agar bumi semakin hijau

This post contained some typos in its mentions that have been corrected in less than a day. Thank you for your quick edit !

If you found this comment useful, consider upvoting it to help keep this bot running. You can see a list of all available commands by replying with !help.

Semoga tumbuh subur dan bisa berbuah banyak

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63950.69
ETH 3311.68
USDT 1.00
SBD 3.92