Air Terjun Ai Beling

in #ai6 years ago

1409634670550346758.jpg

Bila bicara cinta, yang pertama melintas di benak saya adalah aksara yang terpampang di dahi Gaara. Aksara "Ai" atau "cinta" menjadi impresi tersendiri tatkala saya menonton karakter di anime Naruto tersebut.

Di Sumbawa, "Ai" bukan berarti cinta. "Ai" (dibaca ae) berarti air. Dan "Ai" digunakan untuk penamaan air terjun. Saya berkesempatan mengunjungi air terjun yang cukup terkenal di Sumbawa, yakni Ai Beling.

Ai Beling terletak di Dusun Kuang Amo, Desa Sempe', Kecamatan Moyo Hulu. Pagi itu, saya bersama kelima teman yang lain berangkat dari Sumbawa. Berjarak sekitar 30 km dari kota Sumbawa Besar atau 6 km dari desa Brangrea. Untuk menuju tempat ini, saya harus mengambil jalan raya yang menuju selatan melewati Bendungan Batu Bulan melalui Semamung. Di Semamung kami berhenti sejenak untuk menjemput seorang teman.

Setelah Brang Rea, tidak ada jalan aspal. Jalan berbatu, dan 5-6 kilometer terakhir itu jalan menanjak, terjal, berbatu. Dilihat dari bawah, tanjakan itu seperti tak akan ada habisnya. Seorang teman bertanya kepada saya di motor, "Kenapa ya Pring, untuk menuju tempat yang indah, jalannya banyak yang susah-susah?"

Saya menjawab, "Itu sudah hukum alam. Kita mau bahagia harus berjuang dulu toh."

Setelah susah payah, karena berboncengan dalam keadaan menanjak, Farhan meminta untuk memperhatikan sebelah kiri jalan. Bila ada jalan setapak, itulah jalan masuk menuju Ai Beling.

Ai Beling berarti air yang berbicara. Bila musim penghujan tiba, suara gemericik air Ai Beling dapat terdengar hingga 5 km jauhnya. Saya datang pada musim kemarau, debit air tidak terlalu banyak, tetapi Ai Beling masih begitu indah. Bisa saya bayangkan bagaimana limpahan air akan memenuhi batu-batu ini. Bahkan menurut teman, Ai Beling juga dijuluki seribu air terjun karena air akan turun berlapis-lapis, tak terhitung banyaknya.

Cerita setempat mengatakan dulunya ada seorang gadis, anak raja, kabur karena dijodohkan dengan orang yang tidak dicintainya. Lalu dia menangis dan menangis di sebuah sungai hingga akhirnya terjun bunuh diri di ujung sungai tersebut. Hingga suatu hari, ada seseorang mendengar sebuah tangisan yang begitu jernih dan ia menemukan sebuah air terjun ini. Dipercaya Ai Beling adalah roh dari gadis tersebut.

Sort:  

Selamat datang di steemit. Follow back bro!

Jepretan fotonya bagus......

makasihh :D

Follow back donk. Ih ngeri baru posting didatangin cheetah-chetatah😭😭

Wkwkwkwkwkwk... kalau bisa tulisan yang dari blog jangan di copy paste mentah ke steemit. Olah dikit, bang. Re-write lah.

Ya namanya posting pertama kali.

Feature wisata yg mampu membawaku serasa ada di sana, di Ai Beling....

welkom bro, folbak ya

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 62714.40
ETH 3447.03
USDT 1.00
SBD 2.51