Achievement 2 by @yuswardi.murdani : Basic Security on Steem

in #achievement23 years ago (edited)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hello….steemian...Para pejuang Ujung Jari seluruh penjuru dunia

Bagaimana kabar nya hari ini? Semoga yang di cita-citakan akan segera terkabulkan dan semoga semuanya selalu dalam lindungan Allah SWT, amiin….amin…..ya Rabbal alamin.

Kemarin setelah menyelesaikan Achievement 1 tentang perkenalan diri, maka untuk selanjutnya saya akan membuat langkah demi langkah ke tugas berikutnya yaitu Achievement 2 tentang keamanan dasar akun steem kita masing masing.

Dalam artikel atau tulisan ini, saya ingin menjelaskan tentang fungsi dari masing masing fungsi key dan cara penggunaannya agar akun steem kita aman dari tangan orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang mencoba menerobos keamanan untuk mengambil semua aset yang kita miliki di dalam akun kita.

steem sea.JPG

Sumber: screenshot halaman login steemit

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Iya, saya sudah mendapatkan semua key (kunci) dari steemit, setelah pendaftaran pertama kali selesai. Tim steemit mengirimkan ke saya steem keys to @yuswardi.murdani dalam bentuk pdf ke email saya. Disitu banyak terdapat kunci steemit, seperti private posting key, private memo key, private active key, dan private memo key.

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Untuk login ke akun steem kita hanya menggunakan sandi yang sesuai dengan fungsi dari masing masing kata sandi.

Beberapa rangkaian sandi yang harus diketahui oleh para steemian:

  1. Private Posting Key
    Private Posting Key dapat digunakan untuk login sehari hari. Fungsi posting key adalah untuk menulis postingan, berkomentar dan memberikan upvote.
  2. Private Memo Key
    Private Memo Key fungsinya untuk mengenkripsi pesan pribadi yang kita kirim melalui blockchain.
  3. Private Active Key
    Private Active Key berfungsi untuk mengoperasikan aset yang kita miliki, seperti mentransfer token, power up, power down, trading dan market.
  4. Private Owner Key
    Private Owner Key dapat kita gunakan untuk mereset ulang semua sandi dan memulihkan akun dalam 30 hari seandainya akun kita di susupi oleh hacker dengan berbagai trik jahatnya.
  5. Master Key
    Master Key dapat digunakan untuk generate sandi baru dan menghasilkan dokumen pdf yang baru. Jangan pernah membagikan master password anda kepada siapapun karena sandi ini merupakan sandi utama yang sangat perlu di jaga agar terhindar dari pencurian akun steem.

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Saya telah merencanakan untuk menjaga kata sandi master key saya. Saya menyimpan dalam bentuk file Microsoft Word, di Google Drive dan saya juga menyimpan dalam bentuk print out kemudian saya simpan ditempat aman.

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Tentu, saya tahu transfer token steem saya ke akun steem lain. Saya memahami aturan dengan lebih baik secara bertahap seiring berjalannya waktu. Dalam pertanyaan 2 kita membahas tentang kunci aktif. Melalui kunci aktif kita dapat melakukan semua transaksi di platform ini. Jadi, pertama kita pergi ke dompet steem kemudian di sisi kiri akan muncul drop down bar klik di atasnya yang akan menunjukkan opsi untuk mentransfer. Kita dapat mentransfer darinya dengan mengisi formulir.

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Ya, saya tahu cara Power up/down steem. Pertama pergi ke halaman dompet lalu di sisi kiri di atas ada bilah drop down yang disebut steem klik di atasnya dari 3 opsi power up

Demikian post tentang keamanan dasar akun steem yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan pengguna baru yang masih baru belajar.

Terima kasih kepada @radjasalman @anroja @ernaerningsih @nazarul @paksyarwani02 dan @munawar0 serta semuanya yang mendukung saya di platform ini.

Salam!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64544.47
ETH 3417.27
USDT 1.00
SBD 2.48