Kajian Mahally | Muqaddimah Pengkaji

in #aceh6 years ago (edited)


Image Source

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي جمعنا في هذا سَتِيْمِتْ ليرزقنا فيه ولنكتب فيه ما في علومه والصلاة والسلام على رسوله وعلى أله وصحبه أجمعين ، وبعد

Assalamu'alaikum steemian yang hidupnya untuk beribadah kepada Allah.

Insya Allah,dengan berkat qudrah dan iradah Allah saya (M.Nur Mj) atas akun steem @rhampagoe akan memulai menulis kajian kitab kuning dalam kategori Fiqh yang berjudul Kanzur Raghibin atau yang biasa dikenal dikalangan santri Syarah Mahally

Kitab ini berisi penjelasan dari Minhajutthalibin karya Imam An-nawawi hasil dari revisi kitab Al-muharrar karya imam Ar-rafi'i.

Sedangkan Al-mahally yang akan kita kaji merupakan karya Jalaluddin Al-mahally,kitab ini sangat fenomenal dikalangan santri yang dikenal kitab paling rumit tapi nikmat untuk dipelajari.

Rumitnya kitab ini karena bahasa yang di gunakan imam Al-mahally yang singkat namun sarat dan padat dengan makna yang mendalam.

Mulai dari khutbahnya atau mengenal istilah nawawiyah dari kitab ini yang susah dipahami,sehingga di Aceh ada ungkapan "Menyo galak keu aneuk tgk,beu jeut khutbah Mahally" (Jika suka sama anak gadis ustad,kamu mesti bisa istilah nawawiyah).

Begitulah saking rumitnya kitab ini,Sehingga kitab ini menjadi kurikulum dayah aceh untuk santri yang menduduki kelas 5 sampai kelas 6,saking rumitnya,ada yang sudah kelas 8 tapi belum juga tamat mengkaji kitab ini.

Saya meminta petunjuk kepada Allah dan juga taufiq-Nya agar saya dapat mengkaji kitab ini di steemit dengan tanpa hambatan dan rintangan yang membuat saya berhenti ditengah jalan.

Harapan saya,supaya saya sendiri dapat belajar kembali apa yang sudah saya pelajari di balai pengajian kami,juga kepada steemian lain yang ingin membetulkan tata cara beribadah kepada Allah.

Atau mungkin jika ada steemian yang lain yang lebih tinggi kemampuannya dari saya,saya berharap dia mau berkomentar dan mengkritik jika kajian saya terdapat kekeliruan,dengan penuh rasa hormat saya akan menganggap dia sebagai guru saya.

Insya Allah,mulai besok kita akan memulai kajian kita 😀

Wallahu musta'an.


Baca Kajian Selanjutnya : Muqaddimah Kitab #1


Posted from my blog with SteemPress : https://rhampagoe.000webhostapp.com/2018/11/kajian-mahally-muqaddimah-saya

Sort:  

صدق الله العظيم

Mantap guree..saya dukung sangat

Neu bantu gure beh

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 62755.94
ETH 2446.28
USDT 1.00
SBD 2.66