Pesantren Modern Al-Manar

in #aceh6 years ago

8ee624a1-079e-4723-8108-17282c4d8a0b.jpg
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatu, kawan-kawan steemit semua..kali ini saya akan membahas mengenai suatu pesantren yang merupakan almamater saya sendiri. Sebelumnya pada buku Acehnologi juga sudah membahas sedikit mengenai dayah, atau pesantren.
Namun kita juga tau, di Aceh sering disebut sebagai dayah, namun pada saat sekarang juga sudah namanya pesantren. Kalau di jawa lebih dikenal dengan surau. Namun di Indonesia sekrang lebih dikenal dengan nama pesantren.
Sekarang di Indonesia bahkan di Aceh sendiri sudah banyak berdirinya pesantren-pesantren modern. Di bandingkan dengan dayah-dayah yang biasa. Namun apa perbedaan antara keduanya. Menurut saya pribadi, yang mana saya juga merupakan santri dari pesantren modern Al-Manar saya sedikit dapat membedakan antara keduanya, jika dayah mereka lebih terpadu pada kitab-kitab kuning, dan mereka lebih mengunakan bahasa arab sebagai panduan untuk belajar kitab disbanding mengunakan bahasa arab dalam aktifitas sehari-hari. Mereka juga lebih indetik dengan sarung dan peci tanpa mengunakan celana. Dan apabila pesantren modern, mereka lebih kepada pendidikan formal, dan segala akvitas semua ada aturannya. Pesantren modern juga mereka belajar bahasa arab dan inggris serta mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahasa kehidupan.
Nah, kawan-kawan steemit semua, sekarang saya akan membahas mengenai pesantren saya yaitu pesantren modern Al-manar, pesantren modern Al-manar dipimpin oleh Al-ustad fakhruddin lahmuddin, dan ustad Ikram M.Amin. sebelum saya memasuki pesantren ini, saya sudah duluan membaca, apa yang kamu cari di Al-manar?, tulisan itu tertempel di gerbang saat masuk ke Al-manar.
a95f17e3-a190-4834-b098-71cff5a8a435.jpg
Kemudian, setelah sehari saya hidup di pesantren, saya mulai tau, apa itu mandiri, jauh dari pengawasan orang tua, jauh dari sanak keluarga, hidup dipesantren hanya mengikuti segala aturan yang sudah tertempel dan mengikuti segala kegiatan di pesantren. Hari demi hari berlalu begitu cepat tanpa perhitungan, di pesantren modern Al-manar juga ada beberapa aktivitas yaitu sekolah seperti sekolah biasanya dan beberapa ekrakulikuler, saperti basket, sepak bola, voly, pramuka, kesenian, dimulai dari tarian, melukis, kaligrafi, dan lain sebagainya.dan juga mengunakan bahasa sehari-hari, bahasa arab dan inggris. Dengan begitu santri-dan santriwati terus beraktivitas mengikuti segala ektrakulikuler, tanpa mengenal tahun terus bergulir.
df5cb676-09e3-4b8e-8331-97d43007d7ff.jpg41a3868f-42a7-4694-9e3e-a925050e4c81.jpg
Ketika masa akhir tahun, semua santri akan mengikuti ujian akhir semester, di pesantren juga ada dua tahap ujian yang harus diikuti, yaitu ujian lisan dan ujian tulisan. Ujian lisa yaitu ujiannya dilaksanak secara muka kemuka, antara ustad dan santri, jadi disini santri akan diuji sesuai kemampuan tanpa ada bocoran lain. Namun dengan ujian tulisan disini santri diuiji dengan cara tulis menjawab segala soal dalam bentuk tulisan dengan pengawasan asatiz. Dengan begitu banyak kita ketahui bahwa ilmu dari pesantren sangat berkah, karena ilmu itu dari diri sendiri, santri mendapatkannya dari hasil belajar sendiri tanpa ada keraguan.
Ok guys itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai pesantren modern Al-Manar, semoga bermanfaat bagi kita semua, wassalam.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57344.91
ETH 3100.39
USDT 1.00
SBD 2.42