Adat Jok/Tung/Pulang Ija Saboh Salen

in #aceh6 years ago

4438509576_62703fc1e8.jpg
Assalamualaikum warahmatullahhiwabarakatuh..kawan-kawan steemit semua, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai adat Aceh mengenai jok ija saboh salen. Nah sebelumnya saya akan member tau dahulu apa itu jok ija saboh salen, jok itu artinya memberi, ija artinya pakaian, dan saboh salin artinya yaitu satu stel, jadi jok ija saboh salen artinya member pakaian satu stel.
Adat ini dilakukan ketika dalam satu keluarga mempunyai dua orang anak perempuan. Jadi jika dalam keluarga ini adanya seorang kakak beradik, dan kemudian apabila ada adiknya yang menikah duluan dari kakaknya, maka laki-laki yang ingin menyunting adiknya harus memberikan suatu imbalan buat kakaknya. Dikarenakan adiknya ya g sudah duluan melangkah untuk perkawinan. Sebagai tanda agar kakaknya tidak putus asa, ataupun sakit hati kepada adiknya yang sudah melangkahnya.
Adat jok ija ini berupa pemberian pakaian satu stel kepada kakak ipar, atau kakak pengantin wanita. Pakaian nya berupa baju, rok, jelbab, yang persisnya satu stel pakaian.
Kemudian kawan-kawan steemit, adat ini terun temurun dilakukan oleh warga yang asli Aceh, atau aso lhok Aceh. saya menemuka sumber ini dari ibu saya sendiri, yang adat ini juga pernah dilakukan didalam keluarga besar saya.
Ok guys, ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai adat yang berlaku di Aceh. semoga bermanfaat ya bagi kawan-kawan semua..Wassalam.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57184.88
ETH 3097.33
USDT 1.00
SBD 2.41