Menikmati Kopi Gayo

in #aceh6 years ago

Saya adalah penikmat kopi. Salah satu kopi favorit saya adalah kopi Gayo yang berasal dari Aceh. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh penjuru kawasan pegunungan. Kopi di setiap daerah memiliki rasa khas. Salah satunya ya kopi Gayo favorit saya ini.

Setiap saya ke warung kopi atau istilah kerennya sekarang coffee shop, saya selalu mencari varian kopi Gayo. Seperti kali ini saya mampir ngopi di Anomali Coffee, saya memesan kopi Gayo dari Kabupaten Benermeriah dengan metode seduh V60 filter. Kopi yang saya pesan kali ini cukup istimewa karena kopi ini telah melewati proses semi-wash dengan profil penggorengan ringan atau light roast.

IMG_20150515_123504_HDR.jpg

Cita rasa kopi Gayo yang saya pesan ini terbilang unik di lidah saya, aroma rempahnya sangat kuat dan asam jeruk lemon tipis-tipis serta sensasi manis gula aren yang tertinggal di area rongga mulut setelah 1 menit kopi di sruput. Luaaaar biasa!

IMG_20150515_122409.jpg

Menurut sumber yang saya baca, di Aceh kopi Gayo sebagian besar ditanam di tiga dataran tinggi yang menjadi pusat kopi Gayo, meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Kondisi alam dari Dataran Tinggi Gayo tersebut memberikan pengaruh besar terhadap kualitas dari aroma dan rasa kopi yang dihasilkan.

Bahkan tidak hanya itu, karakter aroma dan rasa yang umumnya akan kita temukan pada kopi-kopi yang berasal dari wilayah Indonesia lainnya seperti Bali dengan cita rasa khas citrus atau kopi-kopi dari wilayah Amerika Latin seperti Kolombia dengan cita rasa khas yang lebih unik seringkali dapat juga kita jumpai saat menikmati kopi Gayo ini.

IMG_20150515_122059.jpg

Tertarik untuk mencobanya? buruan mampir ke warung kopi terdekat dan pesan secangkir kopi Gayo.

kopi.gif

Jangan lupa upvote dan komen dibawah ini ya :)

Salam,

@dwimon

Sort:  

Kopi Gayo memang josss... Tapi ya itu, saya lebih seneng metode kopi tubruk. Sensasi ampas e itu lho... ☕☕☕

Kopi Gayo juga enak kalo dibikin tubruk mas @iwanpribadi, sepet-sepet gimana gitu ampasnya.. apalagi kalo sambil nyemil pisang goreng ☕️

Ada yang bilang, kopi adalah teman penulis. Seduhan kopi bersama air panas saat melewati tenggorokan mampu mencairkan ide yang membeku dan karya pun semakin produktif :)

wah bener juga ya @nurulsalwa, kalo bagi saya sih setiap ngopi itu selalu pengen melakukan hal yang produktif

Congratulations @dwimon! You received a personal award!

1 Year on Steemit

Click here to view your Board

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @dwimon! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 63721.78
ETH 3503.08
USDT 1.00
SBD 2.54