GERAKAN ACEH MERDEKA (GAM)

in #aceh6 years ago

image
Kisah Jhony, Eks Kombatan yang Kini Menjabat Sebagai Juru Bicara KPA/PA Pase

PRIA ini bernama lengkap M Jhony, ia kini dipercaya menjabat sebagai juru bicara KPA/PA Pase menggantikan Halim Abe pada 29 Agutus 2016 lalu.
Pria kelahiran Matang Serdang, Kecamatan Jambo Aye, Aceh Utara, 20 Maret 1987 ini dibesarkan dari keluarga sederhana. Saat konflik berkecamuk di Aceh, putra keempat dari enam bersaudara pasangan M Husen dan Ti Hasanah ini hanya menikmati pendidikan terakhirnya sampai tingkat SMP. Ia bergabung dalam sayap militer Gerakan Aceh Merdeka (GAM) saat masih berusia 15 tahun. Adapun tujuannya untuk bergabung dengan GAM adalah ingin melanjutkan cita-cita almarhum abang kandungnya, Teungku Faisal. "Saya bergabung dengan GAM akhir Desember 2001 saat abang kandung saya, Faisal syahid. Ketika itu saya masih menimba ilmu agama di Pesantren Bayanuddin Arakundo, Aceh Timur. Barulah pada tahun 2008 lalu, saya mengantongi paket C yang ijazahnya setara dengan SMA," ujar M Jhony kepada mediaaceh.co saat ditemui di Banda Aceh, Rabu malam, 29 November 2016.

Teungku Faisal alias Teungku Timu adalah Wakil Panglima Operasi GAM Daerah IV Wilayah Pase. Ia tewas ditembus timah panas TNI di akhir Desember 2001 lalu saat menjenguk istrinya yang hendak melahirkan. "Tujuh hari usai abang saya syahid, saya langsung berangkat ke markas Rimueng Batee yang terletak di hutan belantara Gampong Lhok Beuringen, Jambo Aye. Disana saya menyatakan diri untuk bergabung bersama anak buah abang saya melanjutkan perjuangan ini," kenangnya.

Usulannya untuk bergabung dalam barisan GAM disambut baik oleh rekan-rekan almarhum abangnya. M Jhony mulai membiasakan diri dan beradaptasi di tengah hutan belantara yang kondisinya jauh berbeda dengan di kampung halamannya. "Saat bergerilya di hutan, saya pertama kali diberikan senjata laras panjang jenis HK yang ukurannya sangat besar dan berat bagi saya. Bahkan saking beratnya, saya sempat memanggulnya sambil terlunta-lunta dengan nafas ngos-ngosan," ujarnya sambil tertawa terkekeh.

Ia mengaku pertama kali melakukan kontak tembak dengan pasukan pemerintah sekitar April 2001 lalu. Peristiwa itu terjadi .....

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 59328.31
ETH 2997.26
USDT 1.00
SBD 3.79