Inilah 10 Orang Yang Pertama Kali Masuk Islam Dan Mendapat Jaminan Surga

in #story6 years ago (edited)

Dalam menyebarkan dakwah tauhid yang berupa agama islam, Nabi Muhammad dibantu oleh para sahabat-sahabatnya.

Sebelum Nabi Muhammad mendapatkan risalah kenabian, beliau sering merenung dan menyendiri di dalam gua hira memikirkan masyarakat Quraisy makkah yang masih dalam masa jahiliyah.

Gua Hira snediri adalah sebuah gua yang berada di puncak Jabal Nur yang terletak di sebelah timur Masjidil Haram.
Dari gua Hira tampak sangat jelas pemandangan kota mekkah yang menjadi tempat tinggal nabi. Didalam gua Hira nabi bertahannuts, yaitu beibadah, merenung, dan berdoa kepada Allah untuk memikirkan masyarakatnya.

Setelah beberpa kali bertahannuts di gua Hira, tiba-tiba Nabi Muhammad didatangi oleh malaikat jibril karena diutus oleh Allah untuk menyampaikan Risalah kenabian.

Wahyu pertama yang turun adalah Surat Al Alaq ayat 1-5. Setelah itu Nabi kemudian bergegas pulang karena ketakutan dan berkata kepada istrinya “selimuti aku, selimuti aku, selimuti aku.” Kemudian Khadijah menenangkan Nabi agar ketakutannya mereda.

Atas apa yang diceritakan Nabi kepada istrinya, kemudian Khadijah membawa Nabi kepada Waraqah bin Naufal, anak dari paman Khadijah, seorang penganut agama Nashrani. Dari beliau dijelaskan bahwa berdasarkan tanda-tanda yang diceritakan Nabi, beliau mengatakan bahwa yang datang adalah Namuz (Jibril) yang diturunkan Allah kepada Nabi Musa dahulu.

Beliau kemudian mengatakan bahwa nanti nabi Muhammad akan dimusuhi dan diusir dari Mekkah dan berkata seandainya nanti aku masih hidup maka akun akan menjadi salah satu pembela.

Singkat cerita akhirnya nabi pun berdakwah akan Tauhid, bahwa yang berhak disembah adalah Allah, bukan ritual kesyirikan dengan menyembah patung-patung yang banyak diletakkan di sekitar ka'bah.
Orang yang pertama masuk islam adalah istri beliau, Ibunda Khadijah yang kemudian diikuti oleh sepupunya, Ali bin Abi Thalib.

Dari kalangan sahabat nabi, Abu Bakar adalah orang yang pertama kali bersyahadat. Setelah Abu Bakar masuk islam, kemudian beliau mengajak para sahabat yang lainnya.

Diantara sahabat lainnya yang masuk islam adalah Zaid bin Haritsah, Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf, Sa'ad bin Abi Waqqash, Bilal bin Rabah, dan Thalhah bin Ubaidillah.

Nama sahabat nabi diatas adalah 10 sahabat nabi yang pertama kali masuk islam atau yang disebut dengan Assabiqunal Awwalun yang artinya orang yang pertama masuk islam.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 63706.48
ETH 2637.61
USDT 1.00
SBD 2.83