Gerhana Bulan dan Buto Raksasa

in #story7 years ago

Malam terjadinya gerhana bulan yang berlangsung semalam 31 Januari 2018, tempat tinggal saya terasa sepi. Sebagian besar penghuninya berkumpul di masjid untuk menunaikan shalat gerhana. Saya sejenak jalan-jalan keluar dengan tujuan melihat bulan. Peristiwa alam ini mengingatkan pada kebesaran Illahi, sejaligus mengingatkan saya pada masa kecil saya.

15174174534581421151099.jpg

Dulu di kampung saya, gerhana bulan bukan sekedar peristiwa alam, tetapi ada mitos yang mengiringinya, yakni kehadiran buto/raksasa yang ingin menelan bulan.
Untuk menghindari bulan dari buto/raksasa, anak-anak sampai orangtua membunyikan berbagai macam properti seperti lumpang untuk menumbuk padi, panci ditabuhi dengan sendok, atau benda apa saja yang bisa mengeluarkan bunyi. Bunyi-bunyian itu sengaja diperdengarkan untuk membuat kegaduhan.
Biar pun kegaduhan diciptakan di bumi dengan tujuan mengusir buto/raksasa, bulan tetap saja dimakan alias gerhana bulan tetap terjadi.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65628.71
ETH 2669.64
USDT 1.00
SBD 2.86