Belajar Arti Kebersamaan dari Pramuka

in #motivation7 years ago

Dulu waktu masih di sekolah menengah pertama saya sempat ikut Pramuka. Saya senang sekali karena dalam seminggu kami mendapat dua kali latihan. Ada banyak hal yang diajarkan sebagai Pramuka cilik yang disebut dengan Penggalang. Tetapi dari semua itu yang paling saya sukai adalah ketika ada kegiatan yang disebut dengan ‘Rintang Alam’. Kegiatan ini adalah untuk melatih kekompakan kelompok dalam melewati berbagai rintangan di alam bebas.

Kini saya saya benar-benar merasakan hal itu sebagai bekal untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan nyata. Walau hal itu sudah terjadi puluhan tahun silam, namun ‘manisnya’ masih terasa hingga sekarang.

Karena sempat menikmati pendidikan dan pelatihan sebagai Pramuka, makanya saya suka sekali jika sekarang melihat ada anak-anak Pramuka yang sedang berlatih atau berkemah. Saya jadi mengingat pengalaman pribadi yang saya rasakan di tahun 1987 hingga 1988. Saya juga menyarankan anak-anak saya saat di bangku SMP untuk mengambil ekstrakurikuler Pramuka.

Pramuka mengajarkan pentingnya saling mendukung satu sama lain. Pramuka mengajarkan hidup akan terasa lebih mudah, bila dalam satu tim itu memiliki kekompakan. Pramuka mengajarkan betapa beartinya sebuah komunitas. Seseorang akan sulit dalam menghadapi hidup ini bila dilakukan sendiri-sendiri. Sebaliknya akan lebih mudah bila dikerjakan secara berkelompok atau secara bersama-sama.

Anak Pramuka juga dilatih untuk menghadapi hal-hal sulit, hal-hal yang tak terduga dalam hidupnya. Karena itu ada kalimat motivasi di tengah anak-anak Pramuka, bahwa anak Pramuka tidak pernah terkejut karena tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu terjadi.

Pramuka benar-benar mengajarkan arti kebersamaan, kemandirian, kedisiplinan dan semangat pantang menyerah. Tak salah, bila kita semua mengajarkan mereka hal-hal penting tersebut. Agar anak-anak ini kelak tumbuh dalam jiwa dan semangat yang memahami benar arti tanggung jawab teradap sesamanya.

Sumber Foto Foto 1, Foto 2, Foto 3

image

BZB.gif

telor.gif

Sort:  

program pramuka melatih mental dan jiwa pantang menyerah dalam diri seseorang, maka alangkah baiknya jika diajari sejak dini.

^^. mari saling bantu dengan saling follow, vote, dan resteem. ^^

Jd pengen ikut pramuka lg kyk jaman sklh dlu.. Postingan yg bagus, bs mngulang kenangan masa2 SMA. Salam knl ya bg @zainalbakri..dari sy @muaziris

sy cuma pernah jadi Penggalang bang @muaziris tidak sempat jadi Penegak. salam kenal kembali

Tulisan pak @zainalbakri bikin saya teringat kembali sama kenangan pramuka sewaktu saya masih SD. Pramuka Best lah 😂

wah keren @sikulipena sejak sekolah dasar sdh bergabung ke Pramuka jadi Siaga ya

Yes setuju bang @zainalbakri pramukanmengajarkan kita Spirit of togetherness ... tepuk pramuuuka 👋 😁

tepuk pramuka, tepuk tempe, tepuk apa lagi ya @manshar bang anshar pernah ikut Pramuka juga?

Rupanya Pak @zainalbakri selain dosen favorit mahasiswa zaman now juga mantan anak pramuka.. Salam pramuka lah, Pak. 😂

hahaha. ada gitu? @samymubarraq nanti kita balas komen pakai sandi kotak Sammy

Hahaha.. Apalagi itu Bang @zainalbakri?? Sandi kotak.. Gak ngehh adek bang.. 😂😂

Dasa darma dan Tri satya tak hanya untuk dihafal, tapi juga harus menjadi bagian dari perilaku keseharian. Tepuk pramuka 👏👏👏 😃

keren @harock jadi kebayang dulu jadi tukang baca kalau upacara hehehe

Artikel mengingatkan saya pada masa Smp dulu.

iya nih @erisbobo saya juga masih kebayang. padahal sudah masuk masa silam era tahun 80an saya jadi Penggalang

Nyoe ka hawa teuh taikot Pramuka lom....banyak sekali pembelajaran dari kegiatan Pramuka, terutama ttg kreativitas dan melatih kemandirian

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65663.89
ETH 2670.06
USDT 1.00
SBD 2.91